PENGEMBANGAN TES SUMATIF MATA PELAJARAN BIOLOGI SEMESTER GANJIL KELAS IX
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat tes sumatif yang valid dan reliabel dan perangkat tes sumatif dengan karakteristik internal yang meliputi tingkat kesukaran, daya beda, dan kualitas pengecoh (distracter) pada mata pelajaran biologi semester ganjil kelas IX. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Model pengembangan yang digunakan model pengembangan 4-D yang tediri atas tahap define, design, develop dan dessiminate. Data penelitian diperoleh melalui 2 kriteria yaitu (1) data validitas dan reliabilitas yang diperoleh melalui penilaian ahli dan praktisi (2) data validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan pengecoh atau distraktor yang diperoleh melalui hasil uji coba tes sumatif. Hasil yang diperoleh pada tahap uji coba menghasilkan instrumen penilaian kognitif dengan soal tes bentuk pilihan ganda sebanyak 53 soal dari 90 nomor soal yang dibuat pada draft awal dengan memiliki kualitas valid dan reliabel dengan tingkat kesukaran mudah, sedang dan sukar. Dari segi tingkat kesukaran, kategori mudah (38,67%), kategori sedang (58,67%) dan kategori sukar 2,67% serta memiliki daya pembeda dengan kategori lemah, cukup dan baik. Kategori lemah (36%), kategori cukup (56%), dan kategori baik 8%. Dari segi pengecoh, ada 89,33% soal yang pengecohnya efektif, sedangkan 10,67% soal yang pengecohnya tidak efektif.
Downloads
References
Anderson. Et al. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, And Asessing: A revision of Bloom’s Of Educational Objectives. New York: Longman.
Arikunto, S. (2005). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Teknik Evaluasi. Jakarta: Diknas.
Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ivanty, D.W.N, Aminah, N.S, Ekawati, E.Y. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Tengah Semester Genap Fisika X SMA Untuk Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, (Online), Vol. 1, No. 1, ISSN: 2338-0691, Diakses 1 Juli 2017.
Kusaeri & Suprananto, (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha ilmu.
Lababa, J. (2008). Analisis Butir Soal dengan Teori Tes Klasik: Sebuah Pengantar. Jurnal Iqra’, (online), Vol. 5 Januari – Juni 2008. Diakses 1 Juli 2017.
Mardapi. (2005). Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: HEPI.
Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematik yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana universitas Negeri Surabaya.
Nurhadi & Suwardi. (2010). Evaluasi Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Multi Kreasi.
Nuryani, R. (2007). Asessmen dalam Pembelajaran Sains. Bandung: Univesitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Purwanto. N. M. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rasyid & Mansur. (2007). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.
Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukiman. (2012). Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Surabaya: Pustaka Ilmu.
Uno, Hamzah B. & Satria Koni. (2012). Asessmen Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Widyoko P.E. (2010). Evaluasi Program Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2018 Jurnal Biotek
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.