PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WORKSHEET MATA KULIAH BIOLOGI LAUT UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja mata kuliah Biologi Laut dan untuk mengetahui peningkatan sikap ilmiah mahasiswa STKIP Puangrimaggalatung Sengkang melalui pengembangan lembar kerja mata kuliah Biologi Laut. Subyek dalam penelitian ini adalah lembar kerja mata kuliah Biologi Laut sedangkan responden penelitian adalah 30 mahasiswa dan 2 dosen mata kuliah Biologi Laut (observer dan validator). Dalam penelitian ini dilakukan penilaian sikap ilmiah dan tiga kali tes untuk hasil belajar mahasiswa yaitu pretest sebelum pembelajaran, posttest I setelah pembelajaran tanpa lembar kerja dan posttest II setelah pembelajaran dengan lembar kerja. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket validasi materi dan desain, angket persepsi mahasiswa, lembar observasi penilaian sikap ilmiah dan tes uraian tertulis.Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data validasi materi dan desain diperoleh dari penilaian dosen mata kuliah Biologi Laut, data persepsi mahasiswa diperoleh dari tanggapan mahasiswa, data sikap ilmiah diperoleh dari hasil pengamatan observer I dan observer II saat pembelajaran berlangsung dan data hasil belajar diperoleh dari tes uraian tertulis mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Lembar kerja Biologi Laut yang dikembangkan layak untuk digunakan berdasarkan penilaian ahli materi sebanyak 87,87% dengan kategori sangat layak, ahli media sebanyak 82,14% dengan kategori sangat layak dan tanggapan setuju mahasiswa sebanyak 90%. (2) Pengembangan lembar kerja mata kuliah Biologi Laut mampu meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa STKIP Puangrimaggalatung Sengkang. Hal ini terbukti dari rata-rata persentase hasil penelitian sikap ilmiah sebelum penggunaan lembar kerja sebanyak 56% dan setelah penggunaan lembar kerja sebanyak 83,04%.
Kata Kunci: Pengembangan bahan ajar, Lembar Kerja (Worksheet), Biologi Laut, Sikap Ilmiah.
Downloads
References
Anwar, Herson. 2009. “Penilaian Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains”. Jurnal Pelangi Ilmu Volume 2 No. 5, Mei 2009.
Haris, Venny. 2014. “Pengembangan Lembar Kerja (worksheets) pada Mata Kuliah Termodinamika untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Fisika”. Tidak diterbitkan. Batusangkar: Prodi Tadris Fisika Jurusan Tarbiyah STAIN Batusangkar.
Haq, Nur Izzati, dkk. Tanpa tahun. “Pengembangan Worksheet Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Gelombang Mata Kuliah Fisika Dasar II”. Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi.
Hidayati, Alif Noor, 2014. “Sikap Ilmiah dan Budaya Berfikir Pada Kurikulum 2013” (https://pujiadilpmpjateng.wordpress.com/2014/05/17/sikap-ilmiah-dan-budaya-berpikir-pada-kurikulum-2013/, diakses 19 Mei 2018).
Megawati S, Ruth Rize Paas. Dkk. 2015. “Perancangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Mastery Learning Pada Mata Kuliah Genetika”. Prosisiding Semirata 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat. Universita Tanjungpura Pontianak. Hal 57-64.
Rahmatika, Fitrianingsih. 2014. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Search, Solve, Create, and Share pada Praktikum Mandiri Materi Mullusca dan Arthropoda”. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Rokhimawan, Mohamad Agung. 2016. “Pengembangan LKM Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA MI 1”. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Volume 8, Nomor 1, Juni 2016; ISSN : 2085-0034
Rusdi, Andi. 2008. “Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran (https://anrusmath.wordpress.com/2008/08/16/pengembangan/, diakses 19 Mei 2018).
Suryana, Ade. Dkk. Tanpa tahun. “Analisis Aktivitas dan Sikap Ilmiah Mahasiswa dengan Model Pengajaran Langsung Berbasis Inkuiri pada Mata Kuliah Siatematika Invertebrata”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.
Suryani, Iis. 2013. “Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah pada Pembelajaran dengan Model Latihan Penelitian di Sekolah Dasar”. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasik Malaya.
Trisianawati, Eka dan Darmawan, Handy. 2017. “Pengembangn Lembar Kegiatan Mahasiswa Berbasis Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa”. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 2 Nopember 2017; ISSN: 2086-4450.
Yani, Ahmad. Dkk. 2017. “Analisis Aktivitas dan Sikap Ilmiah Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Perkuliahan Biologi Air Tawar STKIP Puangrimaggalatung Sengkang Sul-Sel”. Prosiding Seminar Nasional III, tahun 2017.
Copyright (c) 2018 Haerunnisa Haerunnisa, Ahmad Yani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.