Pengaruh Metode Quick on The Draw terhadap Penguasaan Siswa pada Konsep Sel di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tellulimpoe Kab. Sinjai
Abstrak
Metode Quick on The Draw merupakan bagian dari startegi pembelajaran kelompok yand dalam penerapannya mengajak siswa untuk bermain sambil belajar, sehingga kejenuhan dalam belajar dapat diatasi. Metode ini mengandalkan ketepatan dan kecepatan dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru. Kelebihannya adalah memberi pengalaman mengenai macam-macam keterampilan membaca, yang didorong oleh kecepatan aktifitas, menjawab pertanyaan dengan tepat, siswa mampu membedakan materi yang penting dengan yang tidak, selain itu ini membantu siswa untuk membiasakan diri mendasarkan belajar pada sumber, bukan guru.
Tulisan ini membahas mengenai peningkatan penguasaan Biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tellulimpoe Kab. Sinjai melalu penerapan metode Quick on The Draw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan Biologi siswa kelas XI IPA1 yang diajar dengan penerapan metode Quick on The Draw dan kelas XI IPA2 yang diajar tanpa penerapan metode tersebut, untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara penguasaan Biologi siswa SMA Negeri 1 Tellulimpoe Kab. Sinjai yang diajar dengan penerapan metode Quick on The Draw dengan siswa yang diajar tanpa penerapan metode tersebut, untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan metode Quick on The Draw dalam mata pelajaran Biologi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto, Suharsimin. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Trihendradi. 7 Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 17. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2009.
Dalyono M. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Ginnis, Paul. Trik & Taktik Mengajar. Jakarta: PT Indeks, 2009.
Nasution, S. Berbegai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.2008.
Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1992.
Roestiyah N.K. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2001.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pernada Media Group, 2008.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Grafindo, 2005.
Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru, 1991.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Cet. 9; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. 2007.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.