Pengaruh Metode Quick on The Draw terhadap Penguasaan Siswa pada Konsep Sel di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tellulimpoe Kab. Sinjai

  • Ahmad Ali

Abstrak

Metode Quick on The Draw merupakan bagian dari startegi pembelajaran kelompok yand dalam penerapannya mengajak siswa untuk bermain sambil belajar, sehingga kejenuhan dalam belajar dapat diatasi. Metode ini mengandalkan ketepatan dan kecepatan dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru. Kelebihannya  adalah   memberi pengalaman mengenai macam-macam keterampilan membaca, yang didorong oleh kecepatan aktifitas, menjawab pertanyaan dengan tepat,  siswa mampu membedakan materi yang penting dengan yang tidak, selain itu  ini membantu siswa untuk membiasakan diri mendasarkan belajar pada sumber, bukan guru.

Tulisan ini membahas mengenai peningkatan penguasaan Biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tellulimpoe Kab. Sinjai melalu penerapan metode Quick on The Draw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan Biologi siswa kelas XI IPA1 yang diajar dengan penerapan metode Quick on The Draw dan kelas XI IPA2 yang diajar tanpa penerapan metode tersebut, untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara penguasaan Biologi siswa SMA Negeri 1 Tellulimpoe Kab. Sinjai yang diajar dengan penerapan metode Quick on The Draw dengan siswa yang diajar tanpa penerapan metode tersebut, untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan metode Quick on The Draw dalam mata pelajaran Biologi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

Ahmad Ali

Dosen Jurusan Biologi

Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar

Referensi

Arikunto, Suharsimin. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Trihendradi. 7 Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 17. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2009.

Dalyono M. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Ginnis, Paul. Trik & Taktik Mengajar. Jakarta: PT Indeks, 2009.

Nasution, S. Berbegai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.2008.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1992.

Roestiyah N.K. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2001.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pernada Media Group, 2008.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Grafindo, 2005.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru, 1991.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Cet. 9; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. 2007.

Diterbitkan
2013-12-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1923 times