PENINGKATAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY DI KELAS XC MAN BINAMU JENEPONTO
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan
motivasi, aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan strategi
pembelajaran Discovery-Inquiry di kelas XC MAN Binamu Jeneponto pada
semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 32 peserta didik.
Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu:
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data
dilakukan dengan angket, lembar observasi, dan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II. Data yang terkumpul, dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 1) peningkatan motivasi belajar peserta didik 75% secara klasikal, 2) aktivitas belajar peserta didik memenuhi ketercapaian 75% secara klasikal, dan 3) hasil belajar peserta didik mencapai 85% secara klasikal dan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥ 75). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Discovery-Inquiry dapat meningkatkan rata-rata motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 62,92% menjadi 95,19% pada siklus II, meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 71,54% menjadi 95,18% dan ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 41,32% tuntas belajar meningkat menjadi 92,31% peserta didik yang tuntas belajar. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pererapan strategi pembelajaran Discovery-Inquiry dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar peserta didik di kelas XC MAN Binamu Jeneponto.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abidin, Y. 2013. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Agustianti, H, T. 2012. Implementasi Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1) 16-20.
Angkowo, R., dan Kosasi, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2014. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Aswar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah, S. B., Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Faturrohman, P., dan Sutikno, S. 2007. Strategi Belajar Mengajar (Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami). Bandung: Refika Aditama.
Hadis, A. 2008. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alpabeta
Hadis, A., Nurhayati. 2014. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alpabeta
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hanafiah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hosnan, M. 20014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ibrohim, Mardiningtyas, A, D., Nurdiana, R, F., Estiningsih, Y., Martiana, C., Masjida, F. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA-Biologi Berbasis Discovery-Inquiry dengan Sumber Belajar Potensi Lingkungan Lokal Kabupaten Pasuruan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran FMIPA Universitas Negeri
Malang. Vol. 20 (173): 1050-1059.
Jaya, A, I., Taiyeb, M., Hartono. 2013. Perbandingan Penerapan Metode Discovery-Inquiry Terbimbing dengan Metode Ceramah Bevariasi Terhadap Hasil Belajar Peserta didik SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan pada Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP Universitas Negeri Surabaya. Vol.10 (1): 30-37.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Perangkat Pembelajaran. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Palupi, L. L., Kamsiyati, S., Budiarto, T. 2014. Pengaruh Metode Inquiry Discovery Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Vol. 1 No.6.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Safari. 2005. Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: APSI Pusat
Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Santrock, W. J. 2004. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. University of Texas at Dallas. Penerbit Kencana
Sardiman, A. M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Sidharta, A. 2005. Model Pembelajaran Asam Basa Berbasis Inquiry Laboratorium Sebagai Wahana Pendidikan Sains Peserta didik SMP. Jurnal Penelitian Kependidikan, 13 (2): 32-56.
Siregar, E., Nara, H. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia
Sudjana, N. 2002. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suriani, H. P. 2013. Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Discovery di Kelas XI MAN 1 Parepare. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Syah, M. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Uno, B. H. 2007. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif). Jakarta: PT. Bumi Aksara
Uno, B. H. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Zubaidah, S. 2002. Beberapa Alternatif Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman terhadap Istilah atau Konsep Biologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 9 (1): 23-24.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.