PENINGKATAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY DI KELAS XC MAN BINAMU JENEPONTO

  • Herlina T
    (ID)
  • Nurhayati B
    (ID)
  • Andi Mu'nisa
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan
motivasi, aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan strategi
pembelajaran Discovery-Inquiry di kelas XC MAN Binamu Jeneponto pada
semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 32 peserta didik.
Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu:
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data
dilakukan dengan angket, lembar observasi, dan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II. Data yang terkumpul, dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 1) peningkatan motivasi belajar peserta didik 75% secara klasikal, 2) aktivitas belajar peserta didik memenuhi ketercapaian 75% secara klasikal, dan 3) hasil belajar peserta didik mencapai 85% secara klasikal dan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥ 75). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Discovery-Inquiry dapat meningkatkan rata-rata motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 62,92% menjadi 95,19% pada siklus II, meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 71,54% menjadi 95,18% dan ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 41,32% tuntas belajar meningkat menjadi 92,31% peserta didik yang tuntas belajar. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pererapan strategi pembelajaran Discovery-Inquiry dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar peserta didik di kelas XC MAN Binamu Jeneponto.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

Herlina T
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Nurhayati B
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Andi Mu'nisa
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

Referensi

Abidin, Y. 2013. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Agustianti, H, T. 2012. Implementasi Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1) 16-20.

Angkowo, R., dan Kosasi, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2014. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aswar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, S. B., Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Faturrohman, P., dan Sutikno, S. 2007. Strategi Belajar Mengajar (Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami). Bandung: Refika Aditama.

Hadis, A. 2008. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alpabeta

Hadis, A., Nurhayati. 2014. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alpabeta

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hanafiah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hosnan, M. 20014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ibrohim, Mardiningtyas, A, D., Nurdiana, R, F., Estiningsih, Y., Martiana, C., Masjida, F. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA-Biologi Berbasis Discovery-Inquiry dengan Sumber Belajar Potensi Lingkungan Lokal Kabupaten Pasuruan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran FMIPA Universitas Negeri

Malang. Vol. 20 (173): 1050-1059.

Jaya, A, I., Taiyeb, M., Hartono. 2013. Perbandingan Penerapan Metode Discovery-Inquiry Terbimbing dengan Metode Ceramah Bevariasi Terhadap Hasil Belajar Peserta didik SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan pada Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP Universitas Negeri Surabaya. Vol.10 (1): 30-37.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Perangkat Pembelajaran. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Palupi, L. L., Kamsiyati, S., Budiarto, T. 2014. Pengaruh Metode Inquiry Discovery Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Vol. 1 No.6.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Safari. 2005. Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: APSI Pusat

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Santrock, W. J. 2004. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. University of Texas at Dallas. Penerbit Kencana

Sardiman, A. M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Sidharta, A. 2005. Model Pembelajaran Asam Basa Berbasis Inquiry Laboratorium Sebagai Wahana Pendidikan Sains Peserta didik SMP. Jurnal Penelitian Kependidikan, 13 (2): 32-56.

Siregar, E., Nara, H. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sudjana, N. 2002. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suriani, H. P. 2013. Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Discovery di Kelas XI MAN 1 Parepare. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Syah, M. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uno, B. H. 2007. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Uno, B. H. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Zubaidah, S. 2002. Beberapa Alternatif Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman terhadap Istilah atau Konsep Biologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 9 (1): 23-24.

Diterbitkan
2015-12-22
Abstrak viewed = 326 times