Pengembangan Handout Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Kingdom Plantae sebagai Bahan Ajar Kelas X SMA/MA

  • Latifah Tuurrohmah Tadris Biologi IAIN Metro
    (ID)
  • Nasrul Hakim Tadris Biologi IAIN Metro
    (ID)
Kata Kunci: handout, kingdom plantae, teaching materials

Abstrak

Dalam proses belajar mengajar guru seringkali mengajar dengan menggunakan buku cetak, modul, lembar kerja (worksheet), menggunakan LCD Proyektor, dan belum pernah mengkombinasikan bahan ajar cetak dengan media elektronik. Berdasarkan data angket analisis kebutuhan yang diberikan kepada peserta didik kelas X MIA di SMAN 6 Metro, sebanyak 63,3% yang mengalami kesulitan saat mempelajari materi Kingdom Plantae. Dengan demikian diperlukan adanya inovasi berupa bahan ajar handout elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan Handout Elektronik menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Kingdom Plantae sebagai Bahan Ajar Kelas X SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluate. Hasil akhir validasi Handout Elektronik menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Kingdom Plantae sebagai Bahan Ajar Kelas X SMA/MA memperoleh persentase sebesar 85,3% dengan kategori “sangat layak” oleh validator ahli materi dan validator ahli media memperoleh persentase sebesar 94,6% dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji coba guru memperoleh persentase 90% dengan kategori “sangat baik” dan hasil uji coba peserta didik memperoleh persentase sebesar 83,4% dengan kategori “baik”. Berdasarkan hasil keseluruhan persentase skor handout elektronik didapatkan rata-rata keseluruhan dengan persentase 88,32% dan termasuk dalam kategori “Sangat Valid”, dan layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi di sekolah.

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ahmadi, S., & Syahrani. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran di STAI Rakha Sebelum, Semasa dan Sesudah Pandemi Covid-19. ADIBA: Journalof Education, 2(1), 51-63. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/56

Alessi, S. M., & Stanley R., T. (2001). Multimedia for learning: Methods and development. Allyn & Bacon.

Aprilia, A., Yudiyanto, Y., & Hakim, N. (2022). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Fungi Kelas X SMA. Journal of Education and Teaching (JET), 3(1), 116–127. https://doi.org/10.51454/jet.v3i1.141

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Andri, R. M. (2017). Peran Dan Fungsi Teknologi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122-129. http://www.jurnalmudiraindure.com/wp-content/uploads/2017/04/PERAN-DAN-FUNGSI-TEKNOLOGI-DALAM-PENINGKATAN-KUALITAS-PEMBELAJARAN.pdf

Atika, N., & Z.A, Mz. (2016). Pengembangan Lks Berbasis Pendekatan Rme Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Journal of Mathematics Education, 2(2), 103-110. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126

Buyung. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(3), 509-517. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v18i3.517

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dinar, S. P., Mustami, M. K., & Hamansah, H. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Biotek, 9(2), 210–223. https://doi.org/10.24252/jb.v9i2.24925

Harjanta, A. T. J., & Herlambang, B. A. (2018). Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android dengan Model ADDIE. Transformtika, 16(1), 91-97. http://dx.doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894

Hera, R., Khairil, & Hasanuddin. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual Pada Perkuliahan Perkembangan Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Edubio Tropika, 2(2), 223-229. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JET/article/view/5263

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54

Koswara, A., & Mundilarto. (2018). Pengembangan Handout Fluida Dinamik Terintegrasi Metakognisi untuk Meningkatkan Kemampuan Aplikasi Siswa SMA dan MA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 11-25. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.6193

Lilis, Ruhiyat, Y., & Djumena, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Digital Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal, 6(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7423

Ma’arif, I. B., Agustina, U. W., Mawarni, O. D. A., & Subiyanto, A. (2022). Penerapan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba Dan Kenakalan Remaja Di Desa Bedahlawak. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 30-37. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i1.2423

Mariati, M., Amelia, T., & Irawan, B. (2021). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Project Based Learning (PJBL) Pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Pembelajaran di Kelas X SMA. Bony Irawan, 2(1), 401-406. http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1526

Masrur, H., Corebima, A. D., & Ghofur, A. (2017). Pengembangan Buku Suplemen Mutasi Gen Pada Matakuliah Genetika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9),1160-1167. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9925/4691

Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 42(5), 34-37. https://doi.org/10.1002/pfi.4930420508

Muammar, & Suhartina. (2018). Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Aqidah Akhlak. KURIOSITAS Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176-188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728

Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan ADDIE Di Kelas XI SMAN 3 Medan. Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 37-50. https://doi.org/10.24114/jpmi.v6i1.19657

Najmudin, Ridwan, I., Apriadi, M., & Muhibah, S. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Internet Terhadap Penyelesaian Tugas Siswa Kelas Ix Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Jurnal Pendidikan Karakter “JAWARA” (JPKJ), 7(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/article/view/13017

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219-230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Pande, N. K. N. N., Putrayasa, I. B., & Sutama, I. M. (2018). Pengembangan Modul Mata Kuliah Bahasa Indonesia dI Stimik Stikom Indonesia Berbasis Proyek. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 125-135. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3315

Purwanto, K., & Rahmawati, A. (2017). Pengembangan Handout Untuk Siswa Kelas V SD N 14 Koto Baru Pada Materi Bermain Drama. Jurnal Tarbiyah, 24(1), 137-156. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i1.156

Putra, A., & Syarifuddin, H. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Eduaksi Matematika Dan Sains (JEMS), 6(1), 39-49. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327

Rezeki, S., & Ishafit. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 29-34. https://doi.org/10.21009/1.03104

Safitri, D., & Hartati, T. A. W. (2016). Kelayakan Aspek Media Dan Bahasa Dalam Pengembangan Buku Ajar dan Multimedia Interaktif Biologi Sel. Florea, 3(2), 9-14. http://doi.org/10.25273/florea.v3i2.794

Sani, M., & Joko. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 259-267. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/17/article/view/11238

Sary, D. A., & Wahjudi, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berupa Modul Berbasis Scientific Approach Pada Materi Metode Penilaian Persediaan Pada Sistem Perpetual Untuk Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2), 1-10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/12867

Setyadi, M. W. (2018). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi. Nuansa, 6(2), 33-46. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/816111

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145-152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatis Dan R&D (Alfabeta, Ed.).

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal IKA, 11(1), 12-26. http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Widyaningsih, R. (2014). Pengembangan Hand-Out Geografi Berbasis Penanggulangan Bencana Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trawas. Swara Bhumi, 3(2), https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/6391

Diterbitkan
2022-06-29
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1026 times