Perbandingan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert di SMA Negeri Kota Makassar
Abstrak
Pendidikan merupakan investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu masalah pokok dalam pembelajaran di sekolah, karena dominasi guru yang kurang memberikan akses bagi siswa untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berpikirnya. Rendahnya hasil belajar juga masih menjadi permasalahan yang kompleks hingga saat ini, karena proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Guru lebih suka menerapkan metode ceramah karena tidak memerlukan alat dan bahan praktek dan cukup menjelaskan konsep-konsep yang ada pada buku ajar. Siswa tidak diajarkan dengan metode yang berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert di SMA Negeri kota Makassar; (ii) untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert di SMA Negeri kota Makassar; (iii) untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert di SMA Negeri kota Makassar; (iv) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert di SMA Negeri kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan teknik pengumpulan data melalui angket kepribadian, tes keterampilan berpikir kritis dan dokumentasi nilai hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) keterampilan berpikir kritis siswa yang berkepribadian ekstrovert berada pada kategori berkembang dengan baik dan introvert juga berkembang dengan baik. (ii) hasil belajar biologi siswa yang berkepribadian ekstrovert berada pada kategori tinggi dan introvert juga tinggi. (iii) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert. (iv) tidak terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert.
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir kritis, Hasil Belajar Biologi, Kepribadian Ekstrovert dan Introvert
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369
Alayyubi, A. I., Kasmawati, K., & Jusriana, A. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Berdasarkan Karakter Introvert Dan Ekstrovert. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 202. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.16163
Alghifari, I. M., Hurmaini, H., & Zulyanty, M. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Introvert Pada Mahasiswa. Skripsi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/5176/%0Ahttp://repository.uinjambi.ac.id/5176/1/skripsi ilqa milqia alghifari.pdf
Anggraini, K. R., & Wijayanti, P. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrover-Introver. MATHEdunesa, 7(2), 458–464.
Arikunto, S. (2011). Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi, Cetakan kesebelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arini, Z., & Rosyidi, A. H. (2016). Profil Kemampuan Penalaran Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert Dan Introvert. MATHEdunesa, 5(2), 127–136. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/16688
Depdiknas. (2008). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Efendi, S., Mursid & Muktar. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Tipe Kepribadian dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa MTs Nurul Islam Indonesia. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, 14(2), 103–118. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/9646
Farid, F. M., Arnidha, Y., & Budiarti, Y. (2021). Pengaruh Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Intervensi Metode Time Quiz. Janacitta, 4(2), 28–34. https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i2.1160
Hallatu, Y. A. (2017). (Retracted) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan Dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Bpd Iha Tentang Konflik. The Indonesian Journal of Social Studies, 1(1), 11. https://doi.org/10.26740/ijss.v1n1.p11-22
Isnaeni, S., Billyardi, B., & Setiono, S. (2021). Profil Disposisi Berpikir Kritis Siswa Kelas Xii Sma Negeri 2 Kota Sukabumi. Jurnal Biotek, 9(1), 48. https://doi.org/10.24252/jb.v9i1.13533
Kivunja, C. (2014). Teaching Students to Learn and to Work Well with 21st Century Skills: Unpacking the Career and Life Skills Domain of the New Learning Paradigm. International Journal of Higher Education, 4(1), 2–11. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p1
Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 334. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579
Lismawati, Ismail, W., & Salahuddin. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Bermedia Poster Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Biotek Volume, 7(1), 1–13. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62570.
Listiana, L. (2011). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Model Kooperatif Tipe Gi (Group Investigation) Dan Ttw (Think, Talk, Write). Jurnal, 10(2), 1–7. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6442/5822
Mularsih, H. (2010). Instructional Strategies, Personality Types and the Outcome of Junior High School Students on Learning Bahasa Indonesia. Makara Human Behavior Studies in Asia, 14(1), 65. https://doi.org/10.7454/mssh.v14i1.226
Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2017). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(2), 127–133. https://doi.org/10.30998/sap.v2i2.1681
Paneo, H. (2007). Pengaruh Umpan Balik Evaluasi Formatif Dan Kepribadian Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. In Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(67), 719–754). https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i67.394
Pangestu, N. S., & Hasti Yunianta, T. N. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215–226. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.472
Prawira, P. A. (2014). Psikologi kepribadian dengan perspektif baru. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Rudianti, R., Aripin, A., & Muhtadi, D. (2021). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 437–448. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1038
Silalong, E. S. (2022). Pengaruh Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Negeri 18 Makassar. Skripsi. Universitas Bosowa.
Susanto, A., Ocky K. R. (2008). Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS. Biologi, Sains, Lingkungan Dan Pembelajarannya, 2000, 1–5. http://ijec.ejournal.id/index.php/counseling/article/view/5
Ulya, N. M. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–25. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.1.867
Wafida, A. (2018). Analisis Proses Berpikir Refraktif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pisa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert. In Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Wahyuni, E., & Mardicko, A. (2021). Pengaruh Kepribadian Extrovert dan Introvert Terhadap Hasil Belajar Matematis di Kelas V SDN 21 Cindakir Kota Padang. 5, 2188–2193. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1346
Yuliati, L. (2013). Efektivitas Bahan Ajar Ipa Terpadu Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. 9, 53–57.
Yustyan, S., Widodo, N., & Pantiwati, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(2), 240–254. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i2.3335
Zubaidah, A. D. C. (2015). Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Symposium on Biology Education, 200–213. https://www.researchgate.net/publication/322315188_Asesmen_Berpikir_Kritis_Terintegrasi_Tes_Essay
Zulyanty. M. (2017). Metakognisi Siswa dengan Gaya Belajar Introvert dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 64–71. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/783
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.