Penggunaan E-Modul Berbasis Discovery Learning Melalui Pendekatan Lesson Study Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik

  • Saparuddin Saparuddin Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Sitti Kahfiah UPT SMA Negeri 9 Makassar
    (ID)
  • Eka Ayu Pratiwi UPT SMA Negeri 9 Makassar
    (ID)
Kata Kunci: cognitive abilities, E-module, Discovery Learning, lesson study

Abstrak

This research was a pre-experimental study with a one-group pretest-posttest design to assess the improvement in students' cognitive abilities through the use of Discovery Learning-based interactive E-modules with a lesson study approach in students of XI IIS 2 of SMA Negeri 9 Makassar. There were 28 students from XII IIS 2 as the research sample. Based on descriptive statistical analysis, the yield pre-test showed an average of 63, while the posttest had an average of 87. The results from the N-Gain test showed a high-quality improvement in student learning outcomes.This confirmations that the use of Discovery Learning-based e-modules through a lesson study approach is effectively used to improve the cognitive abilities of students.

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agustia, F. S., & Fauzi, A. (2020). Efektivitas E-Modul Fisika SMA Terintegrasi Materi Kebakaran Berbasis Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(1). 1-8. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/107805/103720

Agustina, R. (2021). Penggunaan Emodul Interaktif Menggunakan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Performa Akademik Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di KelaS X MIPA 7 SMAN 1 GARUT. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(2), 119-129. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i2.154

Armansyah, A., & Munastiwi, E. (2021). Use of E-Learning and Social Media in Social Studies in Elementary School During and After the Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal of Primary Education, 5 (1), 93-104. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/31683/15826

Dahar, R. W. (1989). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Febrina, T., Leonard, L., & Astriani, M. M. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Web. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 27-36. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8141

Gregory, A., Allen, J. P., Mikami, A. Y., Hafen, C. A., & Pianta, R. C. (2014). Effects Of A Professional Development Program On Behavioral Engagement Of Students In Middle and High School. Psychology in the Schools, 51(2), 143-163. https://doi.org/10.1002/pits.21741

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. USA: Dept. Of Physics Indiana University.

Herlanti, Y. (2014). Tanya Jawab Seputar Penelitian Pendidikan Sains. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Syarif Hidayatullah.

Istigfar, AM, Wijaya, M., & Nurmila, N. (2020). Pengaruh Multimedia Ncesoft Flipbook Maker Pada Materi Pembelajaran Pengendalian Gulma Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Atph Smk Negeri 1 Bone-Bone. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 4, 66-78. https://doi.org/10.26858/jptp.v1i0.6234

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98. https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25

Maharani, B. Y.(2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. E-jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 549-561. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/106

Pinar, R. D. (2019). Analisis Proses Pembelajaran Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 di Kelas II SDN Jatidukuh Mojokerto. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 172-190. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12940

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(1). https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880

Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Shobahah, E. N. (2018). Pengembangan E-Modul Digital Flipbook Berbasis Discovery Learning Pada Materi Sistem Penyimpanan Arsip Kelas X OTKP 1 Di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 6 (1). 70-77. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/24511

Sugiyanto, S., & Wicaksono, A. B. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Pada Kompetensi Pertidaksamaan Rasional dan Irasional. Indonesian Journal of Education and Learning, 3 (2), 354-359. https://dx.doi.org/10.31002/ijel.v3i2.2337

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supranoto H. (2015). Penerapan Lesson Study Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru SMA Bina Mulya Gadingrejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (PROMOSI). Vol 3 (2). 21-28. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i2.330

Sutowijoyo. (2016). Study Penerapan Lesson study Dalam Peningkatan Efektivitas Praktek Pembelajaran Di Mts Negeri Prigen. Jurnal Diklat Keagamaan, 10 (4), 295-304. https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/11

Vintantri, C. A. (2014). Penerapan Lesson study Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Mata Kuliah Advanced Calculus. Grametika, 5 (1), 8-18. https://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/gamatika/article/view/429

Wahyuni, H. I., & Puspari, D. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis kurikulum 2013 kompetensi dasar mengemukakan daftar urut kepangkatan dan mengemukakan peraturan cuti. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 1(1), 54-68. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p54-68

Weda. K. S, Agistini K, dan Sugihartini N. (2018). Pengaruh E-Modul Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI). 7 (2). 141-150. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i2.13349

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wiradintana, R. (2018). Revolusi Kognitif Melalui Penerapan Pembelajaran Teori Bruner dalam Menyempurnakan Pendekatan Perilaku (Behavioural Approach). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 2549-2284. http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v2i1.919

Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared Dan Webbed Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 19-26. https://doi.org/10.21009/1.01204

Diterbitkan
2022-06-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 608 times