Penerapan Model Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perkembangan hasil dari proses belajar IPA siswa dengan menerapkan joyfull learning di kelas VIII SMP Negeri 25 cenrana. Penulis menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai metode dalam penelitian. Siswa SMP Negeri 25 cenrana kelas VIII semester I tahun ajaran 2021/2022 merupakan subjek dalam penelitian ini, yaitu sebanyak 25 orang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif. Rata–rata hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar pada siklus 1 ialah 62,6 dan meningkat pada siklus 2 yaitu 83,2. Siswa yang tuntas hasil belajarnya yang diperoleh pada siklus 1 yaitu 8 siswa atau 32% dan pada siklus 2 menjadi 92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka telah disimpulkan bahwa hasil belajar siswa IPA kelas VIII SMP Negeri 25 cenrana dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran joyfull learning.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Alamsyah, E., & Ahwa, D. F. (2020). Implementasi Metode Joyfull Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Alam Banyuwangi Islamic School. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 59-76. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v1i1.12
Anas, M., & Prasetyo, M. M. (2020). The Implementation Of The Learning Cycle Model For The Students’ Learning Outcomes In The Research Methodology. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 209-211. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i2
Azhar, A. P., & Rahayu, Z. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Berbasis Joyfull Learning bagi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 36-48. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15371
Azizah, N., Jariyah, A., Arianti, W., & H., N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII-I SMPN 1 kedungwaru tulungagung. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 43-52. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.398
Bhakti, C. P., Ghiffari, M. A. N., & Salsabil, K. (2019). Joyful Learning: Alternative Learning Models to Improving Student’s Happiness. Jurnal VARIDIKA, 30(2), 30-35. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i2.7572
Endrawati, S. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. EMPATI-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 31-43. https://doi.org/10.26877/empati.v6i1.4111
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47-53. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594
Holil, M., & Ahmad, T. (2014). Peningkatan performa Metode Steganografi Berbasis Difference Expansion Menggunakan Reduksi Selisih. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 12(2), 9-17. https://doi.org/10.12962/j24068535.v12i2.a318
Ilhami, B. S., & Khaironi, M. (2018). Pelaksanaan Joyfull Learning Berbasis Permainan Tradisional Sasak Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 59-65. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1023
Istiningsih, S., Sri Widari, N. K., & Hasanah, N. (2018). Efektivitas Teknik Mangkuk Ikan Atau Akuarium (Fish Bowl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V A SDN 16 Cakranegara Tahun Pelajaran 2016/2017. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 82-94. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.08
Kamelia, M., Ahmad, A., & Novitasari, Y. (2018). Pengaruh Strategi Joyful Learning Dengan Teknik Mind Map Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(2), 132-157. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i2.2303
Mariyoto, M. (2016). Implementasi Pendekatan Problem Posing Dalam Mewujudkan Active Joyfull Effective Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 303-310. https://doi.org/10.30738/.v4i2.450
Mudrikah, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa SMP. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 10(2). https://doi.org/10.30957/cendekia.v10i2.194
Pranoto, P. (2021). Pemanfaatan Multimedia dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran IPA tentang Struktur Tanah. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 15-20. https://doi.org/10.29303/jcar.v3i1.649
Prasetyawati DH, D., . P., & Karmila, M. (2015). Meningkatkan Kompetensi Pendidik Paud Melalui Kegiatan Active And Joyfull Learning. E-DIMAS, 5(1), 16-25. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v5i1.695
Prasetyo, Y. D., Ikhsan, J., Lis, R., & Sari, P. (2014). Ce-15 the Development of Android-Based Mobile Learning Media As Chemistry Learning for Senior High School on Acid Base, Buffer Solution, and Salt Hydrolysis. Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences 2014, Yogyakarta State University, May. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11455
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Pujiriyanto, P. (2021). Pembelajaran menyenangkan sebagai upaya menanggulangi pandemi Covid-19. Epistema, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.21831/ep.v2i1.40129
Rudjiono, D., Rozikin, K., & Setiawan, N. (2021). Pemanfaatan Metode Joyfull Learning Dalam Multimedia Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris. Elkom : Jurnal Elektronika Dan Komputer, 14(2), 190-197. https://doi.org/10.51903/elkom.v14i2.538
Sari, E., & Sitohang, J. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Berbantuan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Siswa Pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VIII SMPN 30 Pekanbaru T.A 2017/2018. Bio-Lectura, 5(1), 45-68. https://doi.org/10.31849/bl.v5i1.1011
Setyawati, H. (2020). Penerapan Joyfull Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Matakuliah Fisiologi Tumbuhan. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 158-164. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.39
Sugiarto, T. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Konsep Internet Dan Intranet Melalui Metode Kerja Kelompok (Penelitian Tindakan Kelasdi Kelas VIII-E SMP Negeri 15 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan, 6(1), 84-89. https://doi.org/10.25157/wa.v6i1.2037
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 73-82. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Ulfah, M. (2014). Pengembangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Di Sekolah Taman Kanak-Kanak Fullday. In PAWIYATAN 2 (4), 59-74. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/40
Wahyuni, W., & Naim, M. R. (2019). Application of A Joyful Learning Strategy Based on Humor Communication to Improve the Interests and Achievements of Learning English. EDUVELOP, 3(1), 56-63. https://doi.org/10.31605/eduvelop.v3i1.423
Waki’a, L. (2021). Profile Of Scientific Literacy Based On Daily Life Phenomenon: A Sample Teaching For Static Fluid. Jurnal Pena Sains, 8(1), 38-47. https://doi.org/10.21107/jps.v8i1.10272
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.