Penerapan Model Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA

  • Syarif STKIP Pembangunan Indonesia
    (ID)
  • Ninah Wahyuni STKIP Pembangunan Indonesia
    (ID)
  • Mohammad Mulyadi Prasetyo STKIP Pembangunan Indonesia
    (ID)
  • Sitti Wirda STKIP Pembangunan Indonesia
    (ID)
  • Nurhidayah Nurhidayah Universitas Muslim Maros
    (IQ)
Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran menyenangkan, model pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perkembangan hasil dari proses belajar IPA siswa dengan menerapkan joyfull learning di kelas VIII SMP Negeri 25 cenrana. Penulis menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai metode dalam penelitian. Siswa SMP Negeri 25 cenrana kelas VIII semester I tahun ajaran 2021/2022 merupakan subjek dalam penelitian ini, yaitu sebanyak 25 orang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif. Rata–rata hasil penelitian menunjukkan  nilai hasil belajar pada siklus 1 ialah 62,6 dan meningkat pada siklus 2 yaitu 83,2. Siswa yang tuntas hasil belajarnya yang diperoleh pada siklus 1  yaitu 8 siswa atau 32% dan pada siklus 2 menjadi 92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka telah disimpulkan bahwa hasil belajar siswa IPA kelas VIII SMP Negeri 25 cenrana dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran joyfull learning.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

pendidikan biologi

Referensi

Alamsyah, E., & Ahwa, D. F. (2020). Implementasi Metode Joyfull Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Alam Banyuwangi Islamic School. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 59-76. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v1i1.12

Anas, M., & Prasetyo, M. M. (2020). The Implementation Of The Learning Cycle Model For The Students’ Learning Outcomes In The Research Methodology. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 209-211. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i2

Azhar, A. P., & Rahayu, Z. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Berbasis Joyfull Learning bagi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 36-48. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15371

Azizah, N., Jariyah, A., Arianti, W., & H., N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII-I SMPN 1 kedungwaru tulungagung. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 43-52. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.398

Bhakti, C. P., Ghiffari, M. A. N., & Salsabil, K. (2019). Joyful Learning: Alternative Learning Models to Improving Student’s Happiness. Jurnal VARIDIKA, 30(2), 30-35. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i2.7572

Endrawati, S. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. EMPATI-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 31-43. https://doi.org/10.26877/empati.v6i1.4111

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47-53. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594

Holil, M., & Ahmad, T. (2014). Peningkatan performa Metode Steganografi Berbasis Difference Expansion Menggunakan Reduksi Selisih. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 12(2), 9-17. https://doi.org/10.12962/j24068535.v12i2.a318

Ilhami, B. S., & Khaironi, M. (2018). Pelaksanaan Joyfull Learning Berbasis Permainan Tradisional Sasak Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 59-65. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1023

Istiningsih, S., Sri Widari, N. K., & Hasanah, N. (2018). Efektivitas Teknik Mangkuk Ikan Atau Akuarium (Fish Bowl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V A SDN 16 Cakranegara Tahun Pelajaran 2016/2017. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 82-94. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.08

Kamelia, M., Ahmad, A., & Novitasari, Y. (2018). Pengaruh Strategi Joyful Learning Dengan Teknik Mind Map Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(2), 132-157. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i2.2303

Mariyoto, M. (2016). Implementasi Pendekatan Problem Posing Dalam Mewujudkan Active Joyfull Effective Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 303-310. https://doi.org/10.30738/.v4i2.450

Mudrikah, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa SMP. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 10(2). https://doi.org/10.30957/cendekia.v10i2.194

Pranoto, P. (2021). Pemanfaatan Multimedia dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran IPA tentang Struktur Tanah. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 15-20. https://doi.org/10.29303/jcar.v3i1.649

Prasetyawati DH, D., . P., & Karmila, M. (2015). Meningkatkan Kompetensi Pendidik Paud Melalui Kegiatan Active And Joyfull Learning. E-DIMAS, 5(1), 16-25. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v5i1.695

Prasetyo, Y. D., Ikhsan, J., Lis, R., & Sari, P. (2014). Ce-15 the Development of Android-Based Mobile Learning Media As Chemistry Learning for Senior High School on Acid Base, Buffer Solution, and Salt Hydrolysis. Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences 2014, Yogyakarta State University, May. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11455

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Pujiriyanto, P. (2021). Pembelajaran menyenangkan sebagai upaya menanggulangi pandemi Covid-19. Epistema, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.21831/ep.v2i1.40129

Rudjiono, D., Rozikin, K., & Setiawan, N. (2021). Pemanfaatan Metode Joyfull Learning Dalam Multimedia Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris. Elkom : Jurnal Elektronika Dan Komputer, 14(2), 190-197. https://doi.org/10.51903/elkom.v14i2.538

Sari, E., & Sitohang, J. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Berbantuan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Siswa Pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VIII SMPN 30 Pekanbaru T.A 2017/2018. Bio-Lectura, 5(1), 45-68. https://doi.org/10.31849/bl.v5i1.1011

Setyawati, H. (2020). Penerapan Joyfull Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Matakuliah Fisiologi Tumbuhan. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 158-164. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.39

Sugiarto, T. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Konsep Internet Dan Intranet Melalui Metode Kerja Kelompok (Penelitian Tindakan Kelasdi Kelas VIII-E SMP Negeri 15 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan, 6(1), 84-89. https://doi.org/10.25157/wa.v6i1.2037

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 73-82. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Ulfah, M. (2014). Pengembangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Di Sekolah Taman Kanak-Kanak Fullday. In PAWIYATAN 2 (4), 59-74. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/40

Wahyuni, W., & Naim, M. R. (2019). Application of A Joyful Learning Strategy Based on Humor Communication to Improve the Interests and Achievements of Learning English. EDUVELOP, 3(1), 56-63. https://doi.org/10.31605/eduvelop.v3i1.423

Waki’a, L. (2021). Profile Of Scientific Literacy Based On Daily Life Phenomenon: A Sample Teaching For Static Fluid. Jurnal Pena Sains, 8(1), 38-47. https://doi.org/10.21107/jps.v8i1.10272

Diterbitkan
2022-06-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1992 times