Model Pembelajaran ERCORe dipadu Blended Learning untuk Kemandirian Belajar Biologi Siswa

  • Nur Ismirawati Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID) https://orcid.org/0000-0003-2178-0520
  • Sulvianti Universitas Muhammadiyah Parepare, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    (ID)
  • Asrinan Universitas Muhammadiyah Parepare, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    (ID)

Abstrak

Pembelajaran Blended Learning memiliki keunggulan dan keterbatas. Khususnya pada mata pembelajaran Biologi yang memuat materi materi biologi tidak hanya berhubungan dengan konsep dari fakta-fakta ilmiah yang konkret, namun juga konsep dari objek-objek abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan guru pada kemandirian belajar melalui Blended Learning. Penelitian ini adalah survey.  Sampel dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X SMA kota parepare. Analisis data Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dalam bentuk deskripsi berdasarkan temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat permasalahan utama yang dialami oleh siswa kelas X dalam pembelajaran biologi, siswa kesulitan dalam memahami materi, munculnya miskonsepsi, siswa menajdi kurangnya fokus dalam belajar. Sedangkan presepsi guru adalah sulit untuk mengontrol belajar siswa, dan kesulitan dalam memahamkan siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak kendala yang dialami oleh siswa dan guru dalam pembelajaran biologi, sehingga hal tersebut memerlukan perhatian dan teknik mengajar yang baik untuk meningkatkan hasil belajar serta kualitas belajar siswa

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109

Barnard, L., Lan, W. Y., To, Y. M., Paton, V. O., & Lai, S. L. (2009). Measuring self-regulation in online and blended learning environments. Internet and Higher Education, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2008.10.005

Cheah, S. C. C. P. Ki. (2009). Teacher Perceptions of Critical Thinking among Students and Its Influence on Higher Education. International Journal of Research in Science and Technology, 20(2), 198–206. https://doi.org/10.37648/ijrst.v10i04.002

Cronjé, J. C. (2021). Blending Behaviourism and Constructivism : A Case Study in Support of a New Definition of Blended Learning. Progressio: South African Journal for Open and Distance Learning Practice, 41(1), 1–19. https://doi.org/10.25159/2663-5895/8314

Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. (2006). Critical Thinking Framework For Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 160–166.

Fitriasari, P., Tanzimah, & Sari, N. (2018). Kemandirian belajar mahasiswa melalui blended learning pada mata kuliah metode numerik [Students’ self-regulated learning through blended learning in numerical methods course]. Jurnal Elemen, 4(1), 1–8. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/439

Ismirawati, N., Corebima, A. D., Zubaidah, S., & Syamsuri, I. (2018). Ercore learning model potential for enhancing student retention among different academic ability. Egitim Arastirmalari - Eurasian Journal of Educational Research, 2018(77), 19–34. https://doi.org/10.14689/ejer.2018.77.2

Khoiruddin, M. A., & Sutiani, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Madrasah Ibtidaiyah. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(1), 88–100. https://doi.org/10.33367/jiv12i1.2444

Kirna, I. M., Sudria, I. B. N., & Tegeh, I. M. (2015). Apa Respons Dan Harapan Siswa Sma Tentang Blended Learning? Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3), 15–25. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6914

Kurniawan, A. P., Rahmawati, A., Faihatunnisa, E. I., Trisna Paramita, A. P., & Khodriyah, L. (2020). The Effectiveness of Collaborative Mind Mapping to Develop Writing Skills at MTsN 4 Mojokerto. 434(Iconelt 2019), 148–152. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200427.030

Mahendra, I. G. E. (2021). PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISWA BERBASIS “ CINTA ” MELALUI SFH UNTUK MENINGKATKAN. 2, 290–301. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244537

Marzano, R. J., Pickering, D., & McTighe, J. (1993). Assessing Student Outcomes: Performance Assessment Using the Dimensions of Learning Model.

Masban, B. R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Chemistry Education Practice, 4(3), 301–309. https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2583

Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. Prisma, 9(2), 154. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1070

Masnaini, Copriady, J., & Osman, K. (2018). Cooperative integrated reading and composition (CIRC) with mind mapping strategy and its effects on chemistry achievement and motivation. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 19(1), 1–18.

Murphy, B. M. M. B. R. (2014). Learning online What Research Tells Us About Whether, When And How. In Routledge Taylor & Francis Group. (Vol. 5, Issue 3).

Nur, S., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Rohman, F. (2020). ERCoRe learning model to improve creative-thinking skills of preservice biology teachers. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 549–569. https://doi.org/10.17478/jegys.673022

Prayitno, B. A., Corebima, D., Susilo, H., Zubaidah, S., & Ramli, M. (2017). Closing the science process skills gap between students with high and low level academic achievement. Journal of Baltic Science Education, 16(2), 266–277.

Roberts, L. D., & Rajah-Kanagasabai, C. J. (2013). “I’d be so much more comfortable posting anonymously”: Identified versus anonymous participation in student discussion boards. Australasian Journal of Educational Technology, 29(5), 612–625. https://doi.org/10.14742/ajet.452

Sains, P., Berpikir, K., Tinggi, T., Ismirawati, N., Corebima, A. D., Zubaidah, S., Syamsuri, I., Studi, P., Biologi, P., Pascasarjana, P., Malang, U. N., & Metakognisi, K. (2015). ( Elicitation , Restructuring , Confirmation , Reflection ) Untuk Memberdayakan. November, 227–239.

Summers, J. J., Waigandt, A., & Whittaker, T. A. (2005). A comparison of student achievement and satisfaction in an online versus a traditional face-to-face statistics class. Innovative Higher Education, 29(3), 233–250. https://doi.org/10.1007/s10755-005-1938-x

Tanriseven, I. (2014). A Tool that Can be Effective in the Self-Regulated Learning of Pre-Service Teachers: The Mind Map. Australian Journal of Teacher Education, 39(1), 65–80. https://doi.org/10.14221/ajte.2014v39n1.1

Van Dinther, M., Dochy, F., & Segers, M. (2011). Factors affecting students’ self-efficacy in higher education. Educational Research Review, 6(2), 95–108. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2010.10.003

Vanslambrouck, S., Zhu, C., Pynoo, B., Lombaerts, K., Tondeur, J., & Scherer, R. (2019). A latent profile analysis of adult students’ online self-regulation in blended learning environments. Computers in Human Behavior, 99(May), 126–136. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.05.021

Zubaidah, S., Saputera, & Sartika, Y. (2013). Peningkatan Pertumbuhan dan Hasil Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) Melalui Variasi Komposisi Media Tanam. Jurnal AGRIPEAT, 14(2), 95–102. file:///G:/jamur pdf/JamurSitiSaputeraYulia 5.pdf%0D

Diterbitkan
2022-12-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 239 times