Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata pelajaran IPA Pada Siswa SMP Negeri 13 Bontoa

  • Nurbaya Universitas Cenderawasih
    (ID)
  • Hanida Listiani Universitas Cenderawasih
    (ID)
  • Nur Mustaqimah Universitas Gorontalo
    (ID)
Kata Kunci: pemanfaatan lingkungan, hasil belajar, interaksi makhluk hidup

Abstrak

 

Materi dalam mata pelajaran IPA, dengan sumber belajar adalah lingkungan, dapat menjadi pertimbangan menjalankan proses belajar – mengajar. Berdasarkan hasil observasi awal di SMPN 13 Bontoa, belum maksimalnya pemanfaatan lingkungan. Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar tanpa memanfaatkan lingkungan  dan yang diajar dengan  memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar pada materi Interaksi makhluk hidup menjadi fokus dalam penelitian ini. Penelitian eksperimen dalam bentuk Quasi Experimental Design dilakukan pada bulan Februari hingga April 2021. Data diperoleh dari tes hasil belajar yang berupa Posttest dan observasi kegiatan pembelajaran di kelas. Analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial digunakan dalam mengolah data. Hasil analisis data kelas kontrol menunjukkan persentase 54,83% dari 31  siswa berada pada kategori sedang. Kelas eksperimen, berjumlah 31 orang, berada pada kategori tinggi dengan persentase 54,84%. Hasil uji-t menunjukkan 0 ditolak, H1 diterima  dengan nilai thit = 30,57 dan nilai ttab= 2,00 dengan dk 60. Penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa lebih tinggi dengan  memanfaatkan  lingkungan sebagai sumber belajar. Untuk penelitian kedepannya diharapkan  dapat  mengkaji motivasi dan  kreativitas belajar siswa  terkait pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Afandi, M., Sari, R.F., & Ali, K.M. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(2), 73–82. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i2.19

Aslindah, A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Di TK Alifia Samarinda. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 6–11. https://doi.org/10.24903/pm.v5i1.455

Dewi, A. L. S., & Rahmawati, E. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SDN Jatijejer Trawas-Mojokerto TA 2017-2018. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1818

Hasiana, I., Aulia Insani, Aisyah, & Ahmad Fachrurrazi. (2020). Optimalisasi Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini Di Desa Tawar Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Jurnal Abadimas Adi Buana, 4(1), 29–34. https://doi.org/10.36456/abadimas.v4.i1.a2379

Holilah, M. (2016). Kearifan Ekologis Budaya Lokal Masyarakat Adat Cigugur Sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 163. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1453

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66. https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191

Manakane, S. E. (2016). Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dalam Pengembangan Konsep Keruangan. Jurnal Geografi Gea, 11(2). https://doi.org/10.17509/gea.v11i2.1632

Memet, M. (2020). Peningkatan Profesionalitas Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui In House Training. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 318. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28991

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nachrawie, M. (2017). Sumber Belajar Lingkungan Dalam Pembelajaran Ips Di SMPN 1 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. Jurnal Socius, 6(02). https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v6i02.3469

Nurlaela, A. (2016). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1). https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3361

Pantiwati, Y. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Lesson Study untuk Meningkatkan Metakognitif. JURNAL BIOEDUKATIKA, 3(1), 27. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4144

Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p148-159

Rahmawati, U. N. A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di MIM Pundungrejo Tahun Pelajaran 2019/2020. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 1(1), 16–25. https://doi.org/10.22515/jenius.v1i1.3025

Ramawati, I. (2016). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 66. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3469

Satriani, S., Bachtiar, T., & Jannah, M. H. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dengan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 10(1), 20. https://doi.org/10.35580/sainsmat101227682021

Syamsudduha, S., & Rapi, Muh. (2012). Penggunaan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 18–31. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a2

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N., & Ahmad R. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Susrianto Indra Putra, E. (2019). Model Pendekatan Reflective Inquiry Berbasis Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pendidikan IPS. EDUKASI, 7(2), 43–56. https://doi.org/10.32520/judek.v7i2.829

Waluyati, M. (2020). Penerapan Fokus Group Discussion (FGD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27089

Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Satya Widya, 33(1), 29. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36

Yunanto, S. J. (2004). Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta: Grasindo.

Diterbitkan
2022-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 234 times