Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Berbantu Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Literasi Sains Biologi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA

  • Adnan Adnan Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Salmawati Salmawati Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Usman Usman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suhardi Aldi Universitas Negeri Makassar
    (ID)
Kata Kunci: buku ajar berbantuan kartu kuartet, literasi sains, motivasi belajar

Abstrak

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang berupa quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group.  Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh buku ajar berbantuan kartu kuartet terhadap kemampuan literasi sains dan motivasi belajar peserta didik. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara simple random sampling terpilih kelas XI MIPA 5 yang menjadi kelas perlakuan dan XI MIPA 3 menjadi kelas kontrol. Teknik yang digunakan yaitu Tes Multiple choice dalam mengumpulkan data untuk mengukur kemampuan literasi sains dan menggunakan angket dalam pengukuran motivasi belajar peserta didik. Analisis deskriptif dan inferensial dengan uji non-parametrik (mann whitney) menjadi teknik analisis data pada penelitian ini. Hasil analisis deskriptif menggambarkan bahwa peserta didik yang dibelajarkan dengan buku ajar berbantuan kartu kuartet memiliki kemampuan literasi sains pada kategori sedang sedangkan motivasi belajar pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada perbedaan secara signifikan pada kemampuan literasi sains dan motivasi belajar siswa yang menggunakan buku ajar berbantu kartu kuartet di kelas perlakuan dengan kelas kontrol dengan perolehan angka mean rank pada kelas perlakuan selalu tinggi dari kelas kontrol pada mata pelajaran biologi di SMAN 1 Wonomulyo. Keterbatasan penelitian yakni kurangnya kartu kuartet yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga tidak semua peserta didik bermain serentak melainkan gantian maka diperlukan guru menyiapkan media kartu lebih banyak dengan menghitung setiap kelompok terdiri dari 4 peserta didik serta mampu mengalokasikan waktu dengan baik dalam proses permainan kartu dan menjawab soal-soal yang terdapat dalam buku ajar sehingga dalam proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adelila Sari, S., & Rahmayani, R. F. I. (2017). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(1). https://jim.usk.ac.id/pendidikan-kimia/article/view/3398

Adnan, A., Usman, U., & Bahri, A. (2021). Scientific literacy skills of students: Problem of biology teaching in junior high school in south sulawesi, indonesia. International Journal of Instruction, 14(3), 847–860. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14349a

Adnan, Aldi, S., Dzulkarnain, A. F., & Marliyah, S. (2022). The Influence of Science Process Skills-Based e-LKPD on Learning Outcomes , Learning Motivation , and Metacognitive Abilities of Class XI High School Students. 6(3), 304–313. https://doi.org/10.22263/jbes/6310259

Adnan, Muharram, & Jihadi, A. (2019). Pengembangan E-book Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas XI. Indonesian Journal of Education Studies (IJES), 22(2), 112–119. http://dx.doi.org/10.26858/ijes.v22i2.11773

Aldi, S., Adnan, A., Ismail, I., & Dzulqarnain, A. F. (2022). Uji Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Keterampilan Proses Sains pada materi SMA/MA Kelas XI Semester I. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1). https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.4642

Fidiantara, F., Kusmiyati, K., & Merta, I. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Materi Sistem Ekskresi Berbasis Inkuiri Terhadap Peningkatan Literasi Sains. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 88–92. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i3.1230

Gormally, C., Brickman, P., & Lutz, M. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. CBE—Life Sciences Education, 11(4), 364–377. . https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026

Hasibuan, M. I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 2(01). https://doi.org/10.24952/logaritma.v2i01.214

Hendriana, H., Putra, H. D., & Hidayat, W. (2019). How to design teaching materials to improve the ability of mathematical reflective thinking of senior high school students in Indonesia? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(12), em1790. https://doi.org/10.29333/ejmste/112033

Hidayah, N., Rusilowati, A., & Masturi, M. (2019). Analisis profil kemampuan literasi sains siswa SMP/MTs di Kabupaten Pati. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 36–47. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3601

Hurrell, D. P. (2013). What teachers need to know to teach mathematics: an argument for a reconceptualised model. Australian Journal of Teacher Education, 38(11), 54–64. http://dx.doi.org/10.14221/ajte.2013v38n11.3

Jufrida, J., Basuki, F. R., Kurniawan, W., Pangestu, M. D., & Fitaloka, O. (2019). Scientific Literacy and Science Learning Achievement at Junior High School. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 630–636. http://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20312

Kompri. 2015. Manajemen pendidikan 1. Bandung: Alfabeta.

Kurnia, F., & Fathurohman, A. (2014). Analisis bahan ajar fisika SMA kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara berdasarkan kategori literasi sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43–47. https://doi.org/10.36706/jipf.v1i1.1263

Maknun, D. (2014). Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan literasi sains dan kualitas argumentasi siswa pondok pesantren daarul uluum pui majalengka pada diskusi sosiosaintifik IPA. Jurnal Tarbiyah, 21(1). https://doi.org/10.30829/tar.v21i1.221

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Nurhadi, B. Y., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Pres.

Nwike, M. C., & Catherine, O. (2013). Effects of use of instructional materials on students cognitive achievement in agricultural science. Journal of Educational and Social Research, 3(5), 103. http://dx.doi.org/10.5901/jesr.2013.v3n5p103

Nyavon, P. (2017). Pengaruh Kinerja Dosen Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Prodi Sosiatri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda. Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 138–146. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.3998

Ødegaard, M., Haug, B., Mork, S. M., & Sørvik, G. O. (2014). Challenges and support when teaching science through an integrated inquiry and literacy approach. International Journal of Science Education, 36(18), 2997–3020. https://doi.org/10.1080/09500693.2014.942719

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2017). Scientific literacy of students learned through guided inquiry. International Journal of Research & Review, 234(5), 23–30. https://www.ijrrjournal.com/IJRR_Vol.4_Issue.5_May2017/Abstract_IJRR004.html

Rizal, Syaeful. 2013. Penerapan Media Pembelajaran Komik Strip Pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IS di SMA Negeri 1 Wonotunggal Batang. Skripsi Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/18968/

Ross, K., Hooten, M. A., Cohen, G., & Sciences, E. (2013). Promoting Science Literacy through an Interdisciplinary Approach. 21–26. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1020525.pdf

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suhardjana, J. (2009). Kualitas Sumber Daya Manusia Menentukan Kemajuan Suatu Negara. Jurnal Dinamika Hukum, 9(3), 306–313. http://dx.doi.org/10.20884/1.jdh.2009.9.3.238

Sukirman, S. (2011). Peranan Bimbingan Guru dan Motivasi Belajar dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Metro Tahun 2010. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 23–35. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk/article/view/349/304

Utami, F. P., & Setyaningsih, E. (2022). Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 240–250. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.470

Widodo, S. A., Prahmana, R. C. I., & Purnami, A. S. (2017). Teaching materials of algebraic equation. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 12017. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012017

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278. https://core.ac.uk/download/pdf/297841821.pdf

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Diterbitkan
2023-06-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 185 times