Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Berbantu Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Literasi Sains Biologi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA
Abstrak
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang berupa quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh buku ajar berbantuan kartu kuartet terhadap kemampuan literasi sains dan motivasi belajar peserta didik. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara simple random sampling terpilih kelas XI MIPA 5 yang menjadi kelas perlakuan dan XI MIPA 3 menjadi kelas kontrol. Teknik yang digunakan yaitu Tes Multiple choice dalam mengumpulkan data untuk mengukur kemampuan literasi sains dan menggunakan angket dalam pengukuran motivasi belajar peserta didik. Analisis deskriptif dan inferensial dengan uji non-parametrik (mann whitney) menjadi teknik analisis data pada penelitian ini. Hasil analisis deskriptif menggambarkan bahwa peserta didik yang dibelajarkan dengan buku ajar berbantuan kartu kuartet memiliki kemampuan literasi sains pada kategori sedang sedangkan motivasi belajar pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada perbedaan secara signifikan pada kemampuan literasi sains dan motivasi belajar siswa yang menggunakan buku ajar berbantu kartu kuartet di kelas perlakuan dengan kelas kontrol dengan perolehan angka mean rank pada kelas perlakuan selalu tinggi dari kelas kontrol pada mata pelajaran biologi di SMAN 1 Wonomulyo. Keterbatasan penelitian yakni kurangnya kartu kuartet yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga tidak semua peserta didik bermain serentak melainkan gantian maka diperlukan guru menyiapkan media kartu lebih banyak dengan menghitung setiap kelompok terdiri dari 4 peserta didik serta mampu mengalokasikan waktu dengan baik dalam proses permainan kartu dan menjawab soal-soal yang terdapat dalam buku ajar sehingga dalam proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Adelila Sari, S., & Rahmayani, R. F. I. (2017). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(1). https://jim.usk.ac.id/pendidikan-kimia/article/view/3398
Adnan, A., Usman, U., & Bahri, A. (2021). Scientific literacy skills of students: Problem of biology teaching in junior high school in south sulawesi, indonesia. International Journal of Instruction, 14(3), 847–860. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14349a
Adnan, Aldi, S., Dzulkarnain, A. F., & Marliyah, S. (2022). The Influence of Science Process Skills-Based e-LKPD on Learning Outcomes , Learning Motivation , and Metacognitive Abilities of Class XI High School Students. 6(3), 304–313. https://doi.org/10.22263/jbes/6310259
Adnan, Muharram, & Jihadi, A. (2019). Pengembangan E-book Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas XI. Indonesian Journal of Education Studies (IJES), 22(2), 112–119. http://dx.doi.org/10.26858/ijes.v22i2.11773
Aldi, S., Adnan, A., Ismail, I., & Dzulqarnain, A. F. (2022). Uji Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Keterampilan Proses Sains pada materi SMA/MA Kelas XI Semester I. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1). https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.4642
Fidiantara, F., Kusmiyati, K., & Merta, I. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Materi Sistem Ekskresi Berbasis Inkuiri Terhadap Peningkatan Literasi Sains. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 88–92. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i3.1230
Gormally, C., Brickman, P., & Lutz, M. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. CBE—Life Sciences Education, 11(4), 364–377. . https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026
Hasibuan, M. I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 2(01). https://doi.org/10.24952/logaritma.v2i01.214
Hendriana, H., Putra, H. D., & Hidayat, W. (2019). How to design teaching materials to improve the ability of mathematical reflective thinking of senior high school students in Indonesia? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(12), em1790. https://doi.org/10.29333/ejmste/112033
Hidayah, N., Rusilowati, A., & Masturi, M. (2019). Analisis profil kemampuan literasi sains siswa SMP/MTs di Kabupaten Pati. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 36–47. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3601
Hurrell, D. P. (2013). What teachers need to know to teach mathematics: an argument for a reconceptualised model. Australian Journal of Teacher Education, 38(11), 54–64. http://dx.doi.org/10.14221/ajte.2013v38n11.3
Jufrida, J., Basuki, F. R., Kurniawan, W., Pangestu, M. D., & Fitaloka, O. (2019). Scientific Literacy and Science Learning Achievement at Junior High School. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 630–636. http://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20312
Kompri. 2015. Manajemen pendidikan 1. Bandung: Alfabeta.
Kurnia, F., & Fathurohman, A. (2014). Analisis bahan ajar fisika SMA kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara berdasarkan kategori literasi sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43–47. https://doi.org/10.36706/jipf.v1i1.1263
Maknun, D. (2014). Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan literasi sains dan kualitas argumentasi siswa pondok pesantren daarul uluum pui majalengka pada diskusi sosiosaintifik IPA. Jurnal Tarbiyah, 21(1). https://doi.org/10.30829/tar.v21i1.221
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Nurhadi, B. Y., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Pres.
Nwike, M. C., & Catherine, O. (2013). Effects of use of instructional materials on students cognitive achievement in agricultural science. Journal of Educational and Social Research, 3(5), 103. http://dx.doi.org/10.5901/jesr.2013.v3n5p103
Nyavon, P. (2017). Pengaruh Kinerja Dosen Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Prodi Sosiatri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda. Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 138–146. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.3998
Ødegaard, M., Haug, B., Mork, S. M., & Sørvik, G. O. (2014). Challenges and support when teaching science through an integrated inquiry and literacy approach. International Journal of Science Education, 36(18), 2997–3020. https://doi.org/10.1080/09500693.2014.942719
Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2017). Scientific literacy of students learned through guided inquiry. International Journal of Research & Review, 234(5), 23–30. https://www.ijrrjournal.com/IJRR_Vol.4_Issue.5_May2017/Abstract_IJRR004.html
Rizal, Syaeful. 2013. Penerapan Media Pembelajaran Komik Strip Pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IS di SMA Negeri 1 Wonotunggal Batang. Skripsi Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/18968/
Ross, K., Hooten, M. A., Cohen, G., & Sciences, E. (2013). Promoting Science Literacy through an Interdisciplinary Approach. 21–26. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1020525.pdf
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suhardjana, J. (2009). Kualitas Sumber Daya Manusia Menentukan Kemajuan Suatu Negara. Jurnal Dinamika Hukum, 9(3), 306–313. http://dx.doi.org/10.20884/1.jdh.2009.9.3.238
Sukirman, S. (2011). Peranan Bimbingan Guru dan Motivasi Belajar dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Metro Tahun 2010. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 23–35. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk/article/view/349/304
Utami, F. P., & Setyaningsih, E. (2022). Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 240–250. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.470
Widodo, S. A., Prahmana, R. C. I., & Purnami, A. S. (2017). Teaching materials of algebraic equation. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 12017. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012017
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278. https://core.ac.uk/download/pdf/297841821.pdf
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.