Analisis Komparatif Minat, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi dengan Model Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe STAD
Abstrak
Rendahnya minat dan motivasi belajar yang dimiliki peserta didik selama proses pembelajaran dapat dilihat dengan kurangnya partisipasi peserta didik dalam mengemukakan pendapatnya sehingga mempengaruhi hasil belajar dari peserta didik sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat, motivasi serta hasil belajar peserta didik melalui model PBL dan model Cooperative Learning tipe STAD. Penelitian ini berupa quasi experiment dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA yang dibelajarkan dengan menggunakan model PBL dan model Cooperative Learning tipe STAD. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket minat, motivasi serta tes hasil belajar sebanyak 2 kali yakni pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan secara deskriptif berupa pengukuran N-Gain normalitas dan secara inferensial berupa uji Normalitas, uji Homogenitas serta uji Uji Hipotesis Independent sample t Tes dengan menggunakan sistem SPSS versi 24. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada minat, motivasi serta hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran PBL dan model Cooperative Learning tipe STAD dimana penerapan model PBL menunjukkan nilai rata-rata post-test yang lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata post-test dari model Cooperative Learning tipe STAD sehingga membuat model PBL lebih efektif untuk digunakan dalam meningkatkan minat, motivasi serta hasil belajar peserta didik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arief, H. S., Maulana, & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 141–150. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2945
Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariyanti, M. (2017). Perbandingan Keefektifan Project-Based Learning dan Problem-Based Learning Ditinjau dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, V(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13469
Damayati, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Alfarisi : Jurnal Pendidikan MIPA, 3(1), 42–48. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/5811
Elvionita, D., Fatimatuzzahroh, F. S., & Sutriyani, W. (2022). Peran Model Cooperative Learning terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Penyajian Data Diagram Kelas V SDN 03 Menganti. Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS), 1(3), 263–268. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i3.772
Fitania, Widayat, E., & Sumartono. (2022). Perbedaan Antara Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Kooperatif Tipe (STAD) Student Team Achievement Division terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Langkah Polya. Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 1–8. https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/edumatic/article/view/448
Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association`s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.
Hasibuan, J. J. & Moedjiono. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Kemendikbud. (2018). Lampiran III Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan (Standar Proses).
Kholifah, S., Purwanti, S., & Purwanti, E. (2021). Upaya Peningkatan Pemahaman dan Minat Belajar dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas 3 SDN 9 Langkahan Tahun Ajaran 2020/2021. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan, 658–667. http://eprints.uad.ac.id/21350/
Ngalimun. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Persindo.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Paembonan, S., Tengko, T. N., Mongan, S. W. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa di SMP Negeri 6 Tondano. JSME MIPA UNIMA, 3(7). http://portalgaruda.fti.unissula.ac.id/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=323503
Prasetyo, J., & Sutriyono. (2013). Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap HAsil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 1 Getasan. Satya Widya, 29(2), 108–119. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i2.p108-119
Riyanti, R., & Mardiani, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Course Review Horay dan STAD. Plusminus : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 125–134. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i2.p108-119
Robi, I., Rosidin, U., & Viyanti. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model Pembelajaran STAD. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 3(4), 15–22. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/8726
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sandri, D., Isnaniah, & Tisnawati, T. (2023). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Matematika. Inspirasi Dunia : Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 175–185. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.484
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Cetakan ke-21. Jakarta : Rajawali Pers.
Sari, W. N., Yamin, M., & Khairuddin. (2023). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Power Point terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Batukliang Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 112–118. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1122
Sari, Y. I. (2016). Implementasi Model STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Mata Pelajaran IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 45–51. http://dx.doi.org/10.17977/um022v1i12016p045
Sitepu, R. B., & Sinuraya, J. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Peragahan Sei Bingai T.P. 2014/2015. INPAFI, 4(1), 112–119. https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i1.5433
Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Yuma Pustaka.
Surawan, K., Nurhayata, I. G., & Sutaya, I. W. (2018). Penerapan Model Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Pada Siswa Kelas X TIPTL 3 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(3), 113–122. https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i3.20860
Telaumbanua, R. N. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Problem Based Learning dan Student Teams Achievement dengan Power Point pada Materi Ikatan Kimia. CHEDS : Journal of Chemistry, Education and Science, 4(2), 31–38. https://doi.org/10.30743/cheds.v4i2.4622
Tonts, M. (2011). Using Problem-Based Learning in Large Undergraduate Fieldwork Classes : an Australian Example. International Research in Geographical and Enviromental Education, 20(2), 105–119. https://doi.org/10.1080/10382046.2011.564784
Uno, H. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Wulandari, E., Budi, H. S., & Suryandari, K. C. (2012). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal FKIP Universitas Sebelas Maret, 1(1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/348
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurna Papeda, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.