Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Berdasarkan Gender
Abstrak
Sikap peduli lingkungan sangat penting untuk memahami perilaku individu dan masyarakat terkait pelestarian lingkungan. Sikap peduli lingkungan merupakan faktor kunci dalam mempengaruhi perilaku pro-lingkungan. Seperti penggunaan sumber daya secara berkelanjutan, dan dukungan terhadap kebijakan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perbedaan dalam sikap peduli lingkungan antara siswa laki-laki dan perempuan di MAN 1 Kabupaten Kerinci. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan 122 siswa kelas XI dan XII. Instrumen penelitian berupa kuesioner sikap peduli lingkungan dengan menggunakan 22 pernyataan yang dikembangkan oleh Ni Luh Putu Yuliana Septyani pada tahun 2020. Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan dalam sikap peduli lingkungan antara laki-laki dan Perempuan. Proporsi siswa perempuan yang peduli lingkungan (86.9%) jauh lebih tinggi daripada siswa laki-laki (13.1%). Mayoritas responden menunjukkan sikap tinggi atau sangat tinggi terhadap lingkungan. Data juga menunjukkan perbedaan dalam nilai keseluruhan, di mana siswa perempuan cenderung memperoleh nilai sikap peduli lingkungan yang lebih tinggi. Analisis lebih lanjut terhadap indikator sikap menunjukkan bahwa siswa perempuan secara konsisten menunjukkan sikap peduli lingkungan yang lebih tinggi daripada siswa laki-laki pada semua indikator. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang perbedaan sikap peduli lingkungan berdasarkan jenis kelamin di MAN 1 Kabupaten Kerinci.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ankesa, H. A., Amanah, S., & Asngari, P. S. (2016). Partisipasi Kelompok Perempuan Peduli Lingkungan dalam Penanganan Sampah di Sub DAS Cikapundung Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan, 12(2), 105. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v12i2.10929
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.
Astuti, T. M. P. (2012). Ekofeminisme dan Peran Perempuan dalam Lingkungan. Indonesian Journal Of Conservation, 1(1), 49–60. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/download/2064/2178
Azis, D. M., Antara, A., Ayu, D., & Handayani, P. (2022). Instrumen Karakter Peduli Lingkungan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 25–32. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/42592
Aziz, A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Dalam Membentuk Karakter Siswa. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 18(2), 211–221. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24996
Dale Dompas Sompotan, J. S. (2022). Pencegahan Pencemaran Lingkungan. Saintekes, 1, 6–13. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/saintekes.v1i1.2
Dara Kospa, H. S. (2021). Kajian Pendidikan Lingkungan Hidup Di Indonesia. Jurnal Tekno Global UIGM Fakultas Teknik, 10(1), 22–26. https://doi.org/10.36982/jtg.v10i1.1722
Dewi, A. F., & Atika Anggraini. (2022). Hubungan antara Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan pada Mahasiswa Tadris IPA. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 20(1), 72–87. https://doi.org/10.30762/realita.v20i1.101
Echavarren, J. M. (2023). The Gender Gap in Environmental Concern: Support for an Ecofeminist Perspective and the Role of Gender Egalitarian Attitudes. Sex Roles, 89(9–10), 610–623. https://doi.org/10.1007/s11199-023-01397-3
Hermawan, I., & Mahmudah, F. N. (2023). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di SD Muhammadiyah Nitikan. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(1), 34–44. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9254
Irmawanty, & Luliyana. (2022). Hubungan Kecerdasan Naturalis Dengan Literasi Lingkungan Siswa Kelas XI SMAN 5 Barru. Hybrid: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 1(2), 19–29. Retrieved from https://etdci.org/journal/hybrid/article/view/738
Isnaini, N., Ahied, M., Qomaria, N., & Munawaroh, F. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Polya Pada Siswa Kelas Viii Smp Ditinjau Dari Gender. Natural Science Education Research, 4(1), 84–92. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8489
Khairil Ibrahim, & Mushoddik. (2022). Hubungan Motivasi Menjaga Lingkungan Dengan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.22236/jipd.v7i1.9137
Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa Sekolah Adiwiyata. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 22–29. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.58
Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266
Pronityastuti, M. (2017). the Effect of Gender Differences on Pro Environmental Behavior in Directorate General Binapenta&Pkk, Ministry of Manpower, 2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 18(1), 21–27. https://doi.org/10.21009/plpb.181.03
Pusparani, D., & Miranto, S. (2021). Hubungan Konsep Diri dan Pengetahuan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 134. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.9956
Qadariah, N. (2023). Pengembangan Modul Perubahan Lingkungan Berbasis Emotional Spiritual Quotient ( ESQ ) untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa Development of an Environmental Change Module Based on Emotional Spiritual Quotient ( ESQ ) to Increase Students ’ E. 10(2), 322–334. https://doi.org/10.33059/jj.10i2.8752
Qodriyanti, A., Yarza, H. N., Irdalisa, I., Elvianasti, M., & Ritonga, R. F. (2022). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa di Salah Satu MAN pada Materi Pelestarian Lingkungan. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(1), 111–116. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss1/643
Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi, L. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2231
Rahmawati, F., Emiliawati, I., Tri Astuti, I., Fatimah, S., & Dian Sumadi, C. (2022). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis melalui Perilaku Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar: Analisis Review. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 177–188. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p177-188
Rahmi, M., Nurhidayati, S., & Samsuri, T. (2023). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 685. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7692
Rizka Zulfikar, Fifian Permata Sari, Anggi Fatmayati, Kartika Wandini, Tati Haryati, Sri Jumini, N., & Selvi Annisa, Oktavy Budi Kusumawardhani, Rif’atul Mutiah, Alexander Indrakusuma Linggi, H. F. (2020). Metode dan Praktik Penelitian Kuantitatif. In E. Damayanti (Ed.), Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7). Bandung: Widina Media Utama. Retrieved from https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/567988-metode-penelitian-kuantitatif-teori-meto-21bd971e.pdf
Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150
Septyani, N. L. P. Y. (2020). Pengaruh Interaksi Sosial dan Sikap Tanggung Jawab Terhadap Sikap Peduli Lingkungan di Kelas V Sekolah Dasar Adiwiyata Kabupaten Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Pendidikan Ganesa.
Spinolo, H. (2015). Environmental literacy comparison between students taught in Eco- schools and ordinary schools in Madeira lsland region of Portugal. Science Education International, 26(3), 392–413. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1074869
Suhardin, S. (2016). Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Dan Pengetahuan Tentang Konsep Dasar Ekologi Terhadap Kepedulian Lingkungan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 14(April), 117–132. https://doi.org/10.32729/edukasi.v14i1.15
Zainal Abidin, S. P. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduel/article/view/7800
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.