Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Berdasarkan Gender

  • Auramia Hafiza Institut Agama Islam Negeri Kerinci
    (ID)
  • Dharma Ferry Institut Agama Islam Negeri Kerinci
    (ID)
Kata Kunci: Sikap Peduli Lingkungan, Gender, Siswa

Abstrak

Sikap peduli lingkungan sangat penting untuk memahami perilaku individu dan masyarakat terkait pelestarian lingkungan. Sikap peduli lingkungan merupakan faktor kunci dalam mempengaruhi perilaku pro-lingkungan. Seperti penggunaan sumber daya secara berkelanjutan, dan dukungan terhadap kebijakan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perbedaan dalam sikap peduli lingkungan antara siswa laki-laki dan perempuan di MAN 1 Kabupaten Kerinci. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan 122 siswa kelas XI dan XII. Instrumen penelitian berupa kuesioner sikap peduli lingkungan dengan  menggunakan 22 pernyataan yang dikembangkan oleh Ni Luh Putu Yuliana Septyani pada tahun 2020. Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan dalam sikap peduli lingkungan antara laki-laki dan Perempuan. Proporsi siswa perempuan yang peduli lingkungan (86.9%) jauh lebih tinggi daripada siswa laki-laki (13.1%). Mayoritas responden menunjukkan sikap tinggi atau sangat tinggi terhadap lingkungan. Data juga menunjukkan perbedaan dalam nilai keseluruhan, di mana siswa perempuan cenderung memperoleh nilai sikap peduli lingkungan yang lebih tinggi. Analisis lebih lanjut terhadap indikator sikap menunjukkan bahwa siswa perempuan secara konsisten menunjukkan sikap peduli lingkungan yang lebih tinggi daripada siswa laki-laki pada semua indikator. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang perbedaan sikap peduli lingkungan berdasarkan jenis kelamin di MAN 1 Kabupaten Kerinci.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ankesa, H. A., Amanah, S., & Asngari, P. S. (2016). Partisipasi Kelompok Perempuan Peduli Lingkungan dalam Penanganan Sampah di Sub DAS Cikapundung Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan, 12(2), 105. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v12i2.10929

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.

Astuti, T. M. P. (2012). Ekofeminisme dan Peran Perempuan dalam Lingkungan. Indonesian Journal Of Conservation, 1(1), 49–60. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/download/2064/2178

Azis, D. M., Antara, A., Ayu, D., & Handayani, P. (2022). Instrumen Karakter Peduli Lingkungan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 25–32. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/42592

Aziz, A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Dalam Membentuk Karakter Siswa. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 18(2), 211–221. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24996

Dale Dompas Sompotan, J. S. (2022). Pencegahan Pencemaran Lingkungan. Saintekes, 1, 6–13. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/saintekes.v1i1.2

Dara Kospa, H. S. (2021). Kajian Pendidikan Lingkungan Hidup Di Indonesia. Jurnal Tekno Global UIGM Fakultas Teknik, 10(1), 22–26. https://doi.org/10.36982/jtg.v10i1.1722

Dewi, A. F., & Atika Anggraini. (2022). Hubungan antara Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan pada Mahasiswa Tadris IPA. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 20(1), 72–87. https://doi.org/10.30762/realita.v20i1.101

Echavarren, J. M. (2023). The Gender Gap in Environmental Concern: Support for an Ecofeminist Perspective and the Role of Gender Egalitarian Attitudes. Sex Roles, 89(9–10), 610–623. https://doi.org/10.1007/s11199-023-01397-3

Hermawan, I., & Mahmudah, F. N. (2023). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di SD Muhammadiyah Nitikan. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(1), 34–44. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9254

Irmawanty, & Luliyana. (2022). Hubungan Kecerdasan Naturalis Dengan Literasi Lingkungan Siswa Kelas XI SMAN 5 Barru. Hybrid: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 1(2), 19–29. Retrieved from https://etdci.org/journal/hybrid/article/view/738

Isnaini, N., Ahied, M., Qomaria, N., & Munawaroh, F. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Polya Pada Siswa Kelas Viii Smp Ditinjau Dari Gender. Natural Science Education Research, 4(1), 84–92. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8489

Khairil Ibrahim, & Mushoddik. (2022). Hubungan Motivasi Menjaga Lingkungan Dengan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.22236/jipd.v7i1.9137

Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa Sekolah Adiwiyata. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 22–29. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.58

Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266

Pronityastuti, M. (2017). the Effect of Gender Differences on Pro Environmental Behavior in Directorate General Binapenta&Pkk, Ministry of Manpower, 2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 18(1), 21–27. https://doi.org/10.21009/plpb.181.03

Pusparani, D., & Miranto, S. (2021). Hubungan Konsep Diri dan Pengetahuan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 134. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.9956

Qadariah, N. (2023). Pengembangan Modul Perubahan Lingkungan Berbasis Emotional Spiritual Quotient ( ESQ ) untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa Development of an Environmental Change Module Based on Emotional Spiritual Quotient ( ESQ ) to Increase Students ’ E. 10(2), 322–334. https://doi.org/10.33059/jj.10i2.8752

Qodriyanti, A., Yarza, H. N., Irdalisa, I., Elvianasti, M., & Ritonga, R. F. (2022). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa di Salah Satu MAN pada Materi Pelestarian Lingkungan. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(1), 111–116. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss1/643

Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi, L. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2231

Rahmawati, F., Emiliawati, I., Tri Astuti, I., Fatimah, S., & Dian Sumadi, C. (2022). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis melalui Perilaku Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar: Analisis Review. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 177–188. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p177-188

Rahmi, M., Nurhidayati, S., & Samsuri, T. (2023). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 685. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7692

Rizka Zulfikar, Fifian Permata Sari, Anggi Fatmayati, Kartika Wandini, Tati Haryati, Sri Jumini, N., & Selvi Annisa, Oktavy Budi Kusumawardhani, Rif’atul Mutiah, Alexander Indrakusuma Linggi, H. F. (2020). Metode dan Praktik Penelitian Kuantitatif. In E. Damayanti (Ed.), Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7). Bandung: Widina Media Utama. Retrieved from https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/567988-metode-penelitian-kuantitatif-teori-meto-21bd971e.pdf

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150

Septyani, N. L. P. Y. (2020). Pengaruh Interaksi Sosial dan Sikap Tanggung Jawab Terhadap Sikap Peduli Lingkungan di Kelas V Sekolah Dasar Adiwiyata Kabupaten Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Pendidikan Ganesa.

Spinolo, H. (2015). Environmental literacy comparison between students taught in Eco- schools and ordinary schools in Madeira lsland region of Portugal. Science Education International, 26(3), 392–413. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1074869

Suhardin, S. (2016). Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Dan Pengetahuan Tentang Konsep Dasar Ekologi Terhadap Kepedulian Lingkungan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 14(April), 117–132. https://doi.org/10.32729/edukasi.v14i1.15

Zainal Abidin, S. P. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduel/article/view/7800

Diterbitkan
2024-12-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 38 times