PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE BERMEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

  • Lismawati Lismawati PENDIDIKAN BIOLOGI UIN ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)
  • Wahyuni Ismail PENDIDIKAN BIOLOGI FAK TARBIYAH DAN KEGURUAN UINLAUADDIN MAKASSAR
  • Salahuddin Salahuddin FAK TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN LAUADDIN MAKASSAR

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar biologi siswa kelas XI yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write bermedia poster. (2) mengetahui hasil belajar biologi siswa kelas XI yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write bermedia poster dan (3) mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipel think talk write bermedia poster terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI pada Madrasah Aliyah Negeri Polewali Mandar. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control grup design dengan teknik pengambilan sempel purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari pre-test dan post-test, lembar observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan nilai thitung= 3,443 dengan taraf nyata α= 0,05 dan derajat kebebasan (df)= 79 diperoleh nilai ttabel=1,664. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh thitung >  ttabel (3,443 > 1,664). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Talk Write pada materi Sistem Gerak pada Madrasah Aliyah Negeri Polewali Mandar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amri, Sofyan., & Ahmad, Lif Khoiru. (2010). Proses pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Asnawir, Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Bhakti, Wirayhuda Pramana., & Haryadi. (2014). Efektifitas Penggunaan Media Poster dan Mind Mapping dalam Pembelajaran Keterampilan Berpidato Siswa SMK, Jurna Ling Tera 1. no. 2.( https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp/article/view/2599, diakses 20 Desember 2018)

Martinis, Yamin. (2009). Taktik: Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nasution, Hilman., Lestari, R., & Lubis., Riki Riharji. (2014). Pengaruh Strategi Think Talk Write (TTW) Berbantu Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA MAN Pasir Pengaraian Tahun Pembelajaran 2014/2015. Publikasi Makalah. (Online https://media.neliti.com/media/publications/111197-ID-none.pdf, diakses 20 Desember 2018)

Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasir Pengaraian

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Cet. VI; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ryanti, Widya Octa. (2016). Penerapan Model Pembelajarn Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS SD Negeri 9 Metro Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung

Shoimin, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Cet. II; Yogyakarta: Ar-ruzz.

Sudjana, Nana. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suminar, Ratna Prasasti., & Putri, Giska. (2015). The Effectiveness of TTW (Think Talk Write) Strategy in Teaching Writing Descriptive Text. Journal of English Language and Learning 2, no. 2.

Sumirta, Lusia Ari. (2014). Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol 1, No. 2 (https://media.neliti.com/media/publications/209667-efektifitas-strategi-pembelajaran-kooper.pdf, diakses 20 Desember 2018).

Yusuf T, Muhammad. (2013). Teori Belajar Dalam Praktek. Makassar: Alauddin University Press.

Diterbitkan
2019-06-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 628 times