STRATEGI GURU MENGAJI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI TPA NURUL TAKWA DI DESA BONTOKADATTO KECAMATAN POLONGBANGKENG SELATAN KABUPATEN TAKALAR

  • Ayu Surahman Progam Studi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • La Ode Ismail Ahmad
    (ID)
  • Syamsul Qamar UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri. 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‘an santri di TPA Nurul Takwa. 2) Untuk mendeskripsikan kualitas kemampuan membaca al-Qur‘an santri di TPA Nurul Takwa, Desa Bontokadatto. 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‘an santri di TPA Nurul Takwa. 4) Untuk mendeskripsikan solusi guru dalam mengatasi hambatan dalam mengajar mengaji di TPA Nurul Takwa. Hasil penelitian yang diperoleh ialah, 1) strategi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri yaitu, a] guru menggunakan strategi  peer tutor, b] guru menggunakan pembelajaran yang interaktif, c] guru menggunakan berbagai metode yang cocok untuk digunakan. 2) Untuk kemampuan membaca al-Qur’an santri di TPA Nurul Takwa bisa dikategorikan baik, akan tetapi masih ada beberapa santri yang masih kurang baik dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah yang dimana santri ini baru masuk di TPA Nurul Takwa. 3)Faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri, yaitu kualitas guru yang cukup baik, dan orang tua santri yang mendukung anaknya belajar mengaji di TPA. Sedangkan faktor yang menghambatnya yaitu: a) Lingkungan   belajar yang kurang memadai, b) Kurangnya minat santri untuk belajar mengaji, c) Pemahaman santri saat belajar mengaji.

References

Abu Sabiq Aly Abu Ubaidillah Zain. 2019. Kaidah-Kaidah Membaca Al-Qur‟an dengan Tartil. Jakarta: Al-Qamar.
As’ad Humam 1990. Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur`an. Yogyakarta: Team Tadarus.
Arifin, M. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Achmad Abubakar, La ode Ismail Ahmad, Yusuf Assagaf. 2019. ULUMUL QUR’AN: Pisau Analisi Dalam Menafsirkan Al-Qur’an. Yogyakarta: Semesta Aksara.
Badan Pengembangan dan Pembinaan dan Bahasa, KBBI VI, 2016 (04 Februari 2024).
Chairani Idris dan Tayrifin Karim. 1994. Buku Pedoman Pembinaan Dan Pengembangan TK Al-Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPMI). Jakarta: Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur’an.
Dadan Rusmana, ‘Sorongan Dan Bendongan: Sistem Klasik Pendidikan di Pesantren’, 2012 [accessed 18 October 2023]
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Jamroni dkk Muntoha. 2021. ‘Pemanduan Manajemen Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Di Masjid Arofah, Dusun Bandung Dan Dusun Songbanyu 1, Kecamatan Songbanyu, Gunung Kidul Daerah Istimewa Yokyakarta’. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4.2089–3089.
Jamal Mamur Asmani. 2011. Tips Menjadi Guru Yang Kreatif Dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Pres.
Made Wena. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Muh. Anis Malik, La Ode Ismail Ahmad. 2003. Memahami Mutiara Hadis Nabi Muhammad SAW.Solo: Zadahaniva.
Muhammad A.Summa. 1997. Tafsir Ahkam I. Jakarta: Wacana Ilmu Logos.
Muhammad Rusmin, Muhammad Amri, La Ode Ismail Ahmad. 2019. Aqidah Akhlak. Makassar: Semesta Aksara.
Mukhtara, ‘Apa Arti Ngaji Atau Mengaji Yang Sebenarnya’, Situs Resmi Quara, 2014 (18 0ktober 2023)
Kementrian Agama RI. 2017. al-Quran dan Terjemahnya (Jakarta Timur: CV Darus Sunnah.
Kendar Umi Kulsum, ‘Guru Mengaji Menumbuhkan Literasi’, Audio Berita, 2022 (12 maret 2023).
Quraish Shihab. 2002. Tafsir al-Mishbah : Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Quran Murad. 2012. Generasi Qur’ani. Surabaya: Risalah Gusti.
Rizqy Mutmainnah Amin, Nadrah dan La Ode Ismail Ahmad, ‘Guru Dalam Perspektif Islam’, Pendidikan Agama Islam, vol. 1.1 (2021)
Rusmana. ‘Sorongan dan Bendungan: Sistem Klasik Pendidikan di Pesantren’, 2012 .
Syah Muhibbin. 2003 Psikologi Belajar . Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.
Tina Ariani. 2020. Strategi Ustadzah Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Mahasiswi Angkatan Ke VI Pada Program Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry . Banda Aceh.
Yuliana Yunus. ‘Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur,an Siswa Di SDN 119 Belalang Kabupaten Enrekang Skripsi’ (Makassar: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Muhammadiyah Makassar, 2020).
Published
2024-12-27
How to Cite
Ayu Surahman, La Ode Ismail Ahmad, & Syamsul Qamar. (2024). STRATEGI GURU MENGAJI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI TPA NURUL TAKWA DI DESA BONTOKADATTO KECAMATAN POLONGBANGKENG SELATAN KABUPATEN TAKALAR. Jurnal Diskursus Islam, 12(3), 305-319. https://doi.org/10.24252/jdi.v12i3.51008
Abstract viewed = 29 times

Most read articles by the same author(s)