STRATEGI GURU MENGAJI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI TPA NURUL TAKWA DI DESA BONTOKADATTO KECAMATAN POLONGBANGKENG SELATAN KABUPATEN TAKALAR
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri. 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‘an santri di TPA Nurul Takwa. 2) Untuk mendeskripsikan kualitas kemampuan membaca al-Qur‘an santri di TPA Nurul Takwa, Desa Bontokadatto. 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‘an santri di TPA Nurul Takwa. 4) Untuk mendeskripsikan solusi guru dalam mengatasi hambatan dalam mengajar mengaji di TPA Nurul Takwa. Hasil penelitian yang diperoleh ialah, 1) strategi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri yaitu, a] guru menggunakan strategi peer tutor, b] guru menggunakan pembelajaran yang interaktif, c] guru menggunakan berbagai metode yang cocok untuk digunakan. 2) Untuk kemampuan membaca al-Qur’an santri di TPA Nurul Takwa bisa dikategorikan baik, akan tetapi masih ada beberapa santri yang masih kurang baik dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah yang dimana santri ini baru masuk di TPA Nurul Takwa. 3)Faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri, yaitu kualitas guru yang cukup baik, dan orang tua santri yang mendukung anaknya belajar mengaji di TPA. Sedangkan faktor yang menghambatnya yaitu: a) Lingkungan belajar yang kurang memadai, b) Kurangnya minat santri untuk belajar mengaji, c) Pemahaman santri saat belajar mengaji.
References
As’ad Humam 1990. Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur`an. Yogyakarta: Team Tadarus.
Arifin, M. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Achmad Abubakar, La ode Ismail Ahmad, Yusuf Assagaf. 2019. ULUMUL QUR’AN: Pisau Analisi Dalam Menafsirkan Al-Qur’an. Yogyakarta: Semesta Aksara.
Badan Pengembangan dan Pembinaan dan Bahasa, KBBI VI, 2016
Chairani Idris dan Tayrifin Karim. 1994. Buku Pedoman Pembinaan Dan Pengembangan TK Al-Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPMI). Jakarta: Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur’an.
Dadan Rusmana, ‘Sorongan Dan Bendongan: Sistem Klasik Pendidikan di Pesantren’, 2012
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Jamroni dkk Muntoha. 2021. ‘Pemanduan Manajemen Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Di Masjid Arofah, Dusun Bandung Dan Dusun Songbanyu 1, Kecamatan Songbanyu, Gunung Kidul Daerah Istimewa Yokyakarta’. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4.2089–3089.
Jamal Mamur Asmani. 2011. Tips Menjadi Guru Yang Kreatif Dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Pres.
Made Wena. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Muh. Anis Malik, La Ode Ismail Ahmad. 2003. Memahami Mutiara Hadis Nabi Muhammad SAW.Solo: Zadahaniva.
Muhammad A.Summa. 1997. Tafsir Ahkam I. Jakarta: Wacana Ilmu Logos.
Muhammad Rusmin, Muhammad Amri, La Ode Ismail Ahmad. 2019. Aqidah Akhlak. Makassar: Semesta Aksara.
Mukhtara, ‘Apa Arti Ngaji Atau Mengaji Yang Sebenarnya’, Situs Resmi Quara, 2014
Kementrian Agama RI. 2017. al-Quran dan Terjemahnya (Jakarta Timur: CV Darus Sunnah.
Kendar Umi Kulsum, ‘Guru Mengaji Menumbuhkan Literasi’, Audio Berita, 2022
Quraish Shihab. 2002. Tafsir al-Mishbah : Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Quran Murad. 2012. Generasi Qur’ani. Surabaya: Risalah Gusti.
Rizqy Mutmainnah Amin, Nadrah dan La Ode Ismail Ahmad, ‘Guru Dalam Perspektif Islam’, Pendidikan Agama Islam, vol. 1.1 (2021)
Rusmana. ‘Sorongan dan Bendungan: Sistem Klasik Pendidikan di Pesantren’, 2012
Syah Muhibbin. 2003 Psikologi Belajar . Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.
Tina Ariani. 2020. Strategi Ustadzah Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Mahasiswi Angkatan Ke VI Pada Program Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry . Banda Aceh.
Yuliana Yunus. ‘Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur,an Siswa Di SDN 119 Belalang Kabupaten Enrekang Skripsi’ (Makassar: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Muhammadiyah Makassar, 2020).
Copyright (c) 2024 Ayu Surahman, Syamsul Qamar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).