DAYA TANGGAP KINERJA PELAYANAN PERPUSTAKAAN PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN ENREKANG
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis daya tanggap kinerja pelayanan perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang berlokasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini tergolong kualitatif, data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa daya tanggap pelayanan perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka sudah cukup baik. Walaupun memang masih ada beberapa keluhan pemustaka terkait daya tanggap tersebut. Misalnya terkait letak koleksi dan pengadaan buku yang terlambat.
References
Aldursanie, Ridwan, Kualitas Pelayanan Dalam Islam: http://ridwan202.wordpress.com/2013/02/11/kualitas-pelayanan-dalam-islam/.
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bogor: Dharma Art, 2007.
Barata, Atep Adya, Dasar-Dasar Pelayanan Prima: Persiapan Membangun Budaya Pelayanan Prima untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Cet. 3; Jakarta: Elex Media Kompotindo. 2008.
Tjiptono, Fandi, Pemasaran Starategik. Jakarta: andi, 2007.
Tjiptono, Fandy, Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi, 2012.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).