PENGARUH KEWIBAWAAN DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Abstract: The Influence of Lecturer Authority on Learning Motivation of Islamic Education Management Students
This study aims to determine the effect of the authority of lecturers on the learning motivation of students majoring in Management of Islamic Education at Alauddin State Islamic University. This research was an ex post facto kind of study. The population of this research is 40 students studying Management of Islamic Education, the sample was selected by a sample of 26 people using a sample random sampling technique. The data is collected by the swaps, and then the data obtained from the instrument is analyzed using descriptive analysis. In the teaching and learning process, the authority of lecturers can increase student learning motivation, so that in the future, policy directions can be determined that can trigger lecturers to increase their authority. Research results indicate too that the motivation for studying can be affected by the dignity of the faculty exists in aspects the dignity of faculty that exists aspects of dignity such as excellence, confidence, decision-making skill, responsibility for his decision, and abiding nature of norms.
Abstrak: Pengaruh Kewibawaan Dosen terhadap Motivasi BelajarMahasiswa Manajemen Pendidikan Islam
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kewenangan dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Alauddin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 mahasiswa Manajemen Pendidikan Agama Islam, sampel dipilih sebanyak 26 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan oleh swap, dan kemudian data yang diperoleh dari instrumen dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Dalam proses belajar mengajar, kewibawaan dosen dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, sehingga ke depan dapat ditentukan arah kebijakan yang dapat memicu dosen untuk meningkatkan wibawanya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh harkat dan martabat fakultas yang ada pada aspek harkat dan martabat fakultas yang ada, yaitu aspek harkat dan martabat seperti keunggulan, percaya diri, keterampilan mengambil keputusan, tanggung jawab atas keputusannya, dan sifat patuh dari norma.
Downloads
References
Abdillah. 2012. Relevansi Kewibawaan dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6, No. 2
Amna, E. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal. Vol. 5, No. 2
Anastasia, S. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Dinamika Pendidikan. Vol. 5, No. 2
Arko, P. 2017. Hubungan Antara Motivasi dan Minat Belajar Siswa. Jurnal JPSD. Vol. 4, No. 1
Cherniss, C, dkk. 2001. The Emotionally Intelligent Workplace. San Fransisco: Jossey-Bass
Daradjat, Zakiah. Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, cet 3. Jakarta: Bumi Aksara, 2004
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya
Moh, Ansar. Sekolah Efektif: Makalah. Disampaikan dalam Seminar Internasional FIP-JIP di Bukittinggi. Tanggal 12-14 September 2015
Nurwidodo. 2012. Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa MTs Negeri 1 Kampar. Journal Online. Vol.8, No.1
Prayitno. 2009. Dasar Teori dan Praktis Pendidikan, Jakarta: Kompas Gramedia.
Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum IAIN Fakultas Tarbiyah, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Salam, Burhanuddin. Pengantar PEDAGOGIK (Dasar-Dasar Ilmu Mendidik), Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sanaki, Hujair A.H. 2004. Kompetensi dan Sertifikasi Guru “Sebuah Pemikiran”. From: http://www.kompas.com akses 18 Desember 2019
Sanjaya, Wina. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.
S. Nasution, 2004. Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, h.93
Sudjana. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Usman, Sutisna, 2016. Pengaruh Kewibawaan Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK AL Kautsar. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 3, No. 2