PENGARUH KEWIBAWAAN DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

  • Suarga Suarga Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Linda Adelia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Helmi Paita Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Abstract: The Influence of Lecturer Authority on Learning Motivation of Islamic Education Management Students

This study aims to determine the effect of the authority of lecturers on the learning motivation of students majoring in Management of Islamic Education at Alauddin State Islamic University. This research was an ex post facto kind of study. The population of this research is 40 students studying Management of Islamic Education, the sample was selected by a sample of 26 people using a sample random sampling technique. The data is collected by the swaps, and then the data obtained from the instrument is analyzed using descriptive analysis. In the teaching and learning process, the authority of lecturers can increase student learning motivation, so that in the future, policy directions can be determined that can trigger lecturers to increase their authority. Research results indicate too that the motivation for studying can be affected by the dignity of the faculty exists in aspects the dignity of faculty that exists aspects of dignity such as excellence, confidence, decision-making skill, responsibility for his decision, and abiding nature of norms.

 

Abstrak: Pengaruh Kewibawaan Dosen terhadap Motivasi BelajarMahasiswa Manajemen Pendidikan Islam

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kewenangan dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Alauddin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 mahasiswa Manajemen Pendidikan Agama Islam, sampel dipilih sebanyak 26 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan oleh swap, dan kemudian data yang diperoleh dari instrumen dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Dalam proses belajar mengajar, kewibawaan dosen dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, sehingga ke depan dapat ditentukan arah kebijakan yang dapat memicu dosen untuk meningkatkan wibawanya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh harkat dan martabat fakultas yang ada pada aspek harkat dan martabat fakultas yang ada, yaitu aspek harkat dan martabat seperti keunggulan, percaya diri, keterampilan mengambil keputusan, tanggung jawab atas keputusannya, dan sifat patuh dari norma.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Drs. Suarga, M.M.

Dosen pada Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 

Email : [email protected]

Google Scholar : https://scholar.google.co.id/citations?user=ksLPbygAAAAJ&hl=en

SINTA ID : https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6201602&view=overview

Referensi

Abdillah. 2012. Relevansi Kewibawaan dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6, No. 2

Amna, E. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal. Vol. 5, No. 2

Anastasia, S. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Dinamika Pendidikan. Vol. 5, No. 2

Arko, P. 2017. Hubungan Antara Motivasi dan Minat Belajar Siswa. Jurnal JPSD. Vol. 4, No. 1

Cherniss, C, dkk. 2001. The Emotionally Intelligent Workplace. San Fransisco: Jossey-Bass

Daradjat, Zakiah. Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, cet 3. Jakarta: Bumi Aksara, 2004

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya

Moh, Ansar. Sekolah Efektif: Makalah. Disampaikan dalam Seminar Internasional FIP-JIP di Bukittinggi. Tanggal 12-14 September 2015

Nurwidodo. 2012. Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa MTs Negeri 1 Kampar. Journal Online. Vol.8, No.1

Prayitno. 2009. Dasar Teori dan Praktis Pendidikan, Jakarta: Kompas Gramedia.

Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum IAIN Fakultas Tarbiyah, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Salam, Burhanuddin. Pengantar PEDAGOGIK (Dasar-Dasar Ilmu Mendidik), Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sanaki, Hujair A.H. 2004. Kompetensi dan Sertifikasi Guru “Sebuah Pemikiran”. From: http://www.kompas.com akses 18 Desember 2019

Sanjaya, Wina. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.

S. Nasution, 2004. Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, h.93

Sudjana. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Usman, Sutisna, 2016. Pengaruh Kewibawaan Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK AL Kautsar. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 3, No. 2

Diterbitkan
2021-07-29
Bagian
Vol. 1 No. 1
Abstrak viewed = 254 times