PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MTs MADANI PAO-PAO
Abstrak
Abstract: The Effect of the Work Environment on Teacher Performance at MTs Madani Pao-Pao
This research aims to know how work environment on teacher performance at MTs Madani Pao-Pao as well as to know the influence between work environment to learn performance in MTs Madani Pao-Pao. This research use Quantitative Approach with Ex-post Facto type. Population of this research is 23 teacher at MTs Madani Pao-Pao and taken sample for the research is 12 teacher which teaching in MTs Madani Pao-Pao. Data collecting method of this research are documentation and questionnaire. Then, technique of data analysis used by researcher are descriptive analysis and inferensial analysis technique. From the calculation obtained tcount = 26, 146 whereas ttable = 1,812 for the level of significant 5%. So, it can be concluded that there are signifikan influence between work environment on teacher performance at MTs Madani Pao-Pao.
Abstrak: Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di MTs Madani Pao-Pao
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana lingkungan kerja dan kinerja guru di MTS Madani Pao-Pao serta untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan kerja terhadap kinerja belajar di MTs Madani Pao-Pao. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif tipe Ex-post Facto. Populasi dari penelitian ini adalah 23 guru di Mts Madani Pao-Pao dan diambil sampel untuk penelitian ini adalah 12 guru yang mengajar di MTS Madani Pao-Pao. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dari perhitungan diperoleh thitung = 26, 146 sedangkan ttabel = 1,812 untuk taraf signifikasi 5%, Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru di Mts Madani Pao-Pao.##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arianto, D. A. N. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Economia. 9(2). https://doi.org/10.21831/economia.v9i2.1809
Armani, A. R., & Margunani (2017). Pengaruh Profesionalisme Guru, Disiplin Kerja dan Lingkungan Keja terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri Se-Kabupaten Sragen. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 70-82.
Bernardin, H. J., & Russell, J. E. A. (2010). Human Resource Management. New York: McGraw-Hill.
Depdiknas (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Elfita, R., Zulhaini, & Mailani, I. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Sentajo Filial Singingin Kab. Kuantan Singingin. Jurnal Al-Hikmah, 1(1), 37-55.
Eliyanto. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 169-181. https://doi.org/10.14421/jpm.2018.31-14
Fitria, A. M., Utari, W., & Hartati, C. S. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Semangat Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru di SMK Teknologi Bojonegoro. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(5), 657-669.
Handayani, D. (2017). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Motivasi serta Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Banyuasin. Jurnal Ilmu Manajemen, 3(2), 140-150.
Imroatun, S., & Sukirman (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi di SMA Negeri Se-Kabupaten Wonosobo. Economic Education Analiysis Journal, 5(1), 181-194.
Jumadi, dkk, (2013). Pemetaan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan Sosial Guru Fisika SMA/MA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Laporan Penelitian, Yogyakarta: Lembaga Penelitian.
Manik, S., & Syafrina, N. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Dasar Negeri 009 Kuala Terusan Kecamatan Pangkalan Kerinci. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 9(3), 158-176. https://doi.org/10.36975/jeb.v9i3.29
Mangkunegara, A. P. (2004). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mujahidin. (2016). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru di SMPN 8 Sekayu Musi Banyuasin. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 167-188. http://dx.doi.org/10.29240/bjpi.v1i2.109
Nitisemito & Nuraini. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekanbaru: Yayasan Aini Syam.
Rahmawati, N. P. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1-9.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Perss.
Sedarmayanti. (2011). Sumber Daya Manusia dan Efektifitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.
Simanjuntak, P. J. (2003). Produktivitas Kerja Pengertian dan Ruang Lingkupnya. Jakarta: Prisma.
Simanjuntak, B. (2003). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Depok: Penada Media Group.
Suwatno & Priansa, D. (2011). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Tabrani, Rustan dkk, (2007). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Yunus, S. (2017). Mengkritisi Kompetensi Guru. (Online). https://m.detik.com/news/kolom/d-3741162. Diakses pada 1 Januari 2020.