KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI DAN AKADEMIK DI FTK UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Andi Asmawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurwahida Nurwahida Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurul Anisa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Qonitah Annisa Annisa
    (ID)

Abstrak

Abstract: Student Satisfaction with Administrative and Academic Service at FTK UIN Alauddin Makassar

This study aimed to determine the level of suitability of academic services at Tarbiyah and Teacher Training Faculty of Alauddin State Islamic University of Makassar and determine what dimensions should be prioritized to improve academic services at Tarbiyah and Teacher Training Faculty of Alauddin State Islamic University of Makassar. This research was quantitative research using a survey research model. The data were analyzed through Microsoft Excel Application to find the percentage of each indicator. Then, the scores were interpreted to analyze each indicator in depth by adjusting the existing categories. The findings showed that all aspects of the student response questionnaires of UIN Alauddin Makassar showed a moderate category. This result indicated that students’ satisfaction with administrative and academic services at FTK Alauddin State Islamic University of Makassar was quite effective.

 

Abstrak: Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi dan Akademik di FTK UIN Alauddin Makassar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian layanan akademik di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, serta untuk mengetahui dimensi apa yang harus diprioritaskan untuk meningkatkan layanan akademik di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model penelitian survey. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan model penelitian survey. Data dianalisis melalui Aplikasi Microsoft Excel untuk mencari persentase masing-masing indikator. Kemudian skor tersebut diinterpretasikan untuk menganalisis setiap indikator secara mendalam dengan menyesuaikan kategori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua aspek yang ada dalam angket respon mahasiswa UIN Alauddin Makassar menunjukkan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi dan akademik di FTK UIN Alauddin Makassar cukup efektif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arfamaini, R. (2016). e. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.

Arimawati, R. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kinerja Pegawai Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Uiversitas Diponegoro. Diponegoro Journal of Management, 2(2), 1–89. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom%0Ahttp://eprints.undip.ac.id/39016/1/ARIMAWATI.pdf

Atmadinata, V., Idris, A., & Rande, S. (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelayanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(1), 1–119.

Hanifa, G., Sentosa, S. U., & Armiati, A. (2019). Pengaruh Persepsi Tentang Sarana Prasarana Perkuliahan Dan Pelayanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang). Jurnal Ecogen, 1(4), 837. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5663

Hartati, T., & Zain, F. (2009). Pengaruh pelayanan administrasi dan akademik dengan kepuasan mahasiswa politeknik negeri jakarta. Artikel Pendidikan, 2, 1–10.

Ismail, M. I. (2014). Pengaruh Sarana Prasarana Akademik dan Kualitas Mengajar Dosen terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Pendidikan-Biologi-FK UINAM, 78–90.

Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Jabal Ahsan , Ruslan , dan Triyanto Pristiwaluyo. (n.d.).

Martasubrata, N., & Suwatno, S. (2016). Mutu Layanan Akademik Sebagai Determinan Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 136. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3266

Purniawan, & Sumarni, W. (2020). Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 784–789.

Rahareng, V. J., & Relawan, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom). AdBispreneur, 2(2), 125–133. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i2.13164

Republik, N., Tahun, I., Nomor, U., & Publik, P. (2009). Undang-Undang dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik 1. 1–11.

Yuliawan, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Rahmat Yuliawan Universitas Airlangga. Eksis, 12(2), 126–135.

Diterbitkan
2022-01-31
Bagian
Vol. 1 No. 2
Abstrak viewed = 726 times