PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, EASY OF USE DAN CUSTOMER TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION SITUS JUAL BELI ONLINE SHOPEE DIKALANGAN MAHASISWA KOTA SURAKARTA

  • Tya Verina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
    (ID)
  • Ari Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
    (ID)
Kata Kunci: Customer Experience, Easy of Use, Customer Trust, Repurchase Intention, Jual Beli Online Shopee

Abstrak

Pengaruh Customer  Experience, Easy of Use dan Customer  Trust terhadap Repurchase Intention Situs Jual Beli Online Shopee dikalangan Mahasiswa Kota Surakarta

Perkembangan Marketplace di Indonesia mengalami kenaikan pertumbuhan yang sangat signifikan. Layanan situs online atau layanan uang elektronik semakin meningkat. Terjadinya Repurchase Intention atau aktivitas pembelian online secara berulang membuat customer  merasa mudah, nyaman, dan percaya. Seseorang akan mempercayai situs belanja online dan kembali serta memasarkan produk dengan lainnya yaitu Customer  Experience, Ease of Use, dan Customer  Trust. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Customer  Experience (X1), Easy of Use (X2) dan Customer  Trust (X3) terhadap Repurchase Intention (Y) situs jual beli online Shopee dikalangan mahasiswa Kota Surakarta. Teknik pengujian instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik memakai normalitas, multikolinearitas, dan heterokedasitas. Pengujian penelitian ini memakai uji hipotesis, analisis regresi linier, uji t, dan koefisien  determinasi dan pengolahan data pada penelitian ini menggunakan sistem SPSS21. Pengumpulan data menggunakan teknik Purposive Sampling dengan mengambil 100 sampel kuesioner. Hasil akhir pada penelitian ini menunjukkan Customer  Experience (X1), Easy of Use (X2) dan Customer  Trust (X3)  berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention (Y).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Antara, & Setiawan, K. (2020). Bank Indonesia: Transaksi E-Commerce Agustus 2020 Naik hingga Mencapai 140 Juta. Retrieved from Bisnis.Tempo.com. website: https://bisnis.tempo.co/read/1398066/bank-indonesia-transaksi-e-commerce-agustus-2020-naik-hingga-mencapai-140-juta

Cahyani, A. et al. (2019). Pengaruh Customer Experience terhadap Repurchase Intention pada PT. Traveloka Indonesia. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 4(1), 25–36.

Caniago, A., & Sudarmi, W. (2021). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Motivasi Karyawan terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i1.404

Febriani, N. M. A., & Ardani, I. G. A. K. S. (2021). The Influence of Customer Experience, Ease of Use, and Trust on Repurchase Intention (Case Study of Tokopedia Consumers in Denpasar). American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5(2), 378–383.

iPriceGroup. (2019). Peta E‑Commerce Indonesia. Retrieved from Iprice.co.id website: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Irvindya. (2021). Inilah 5 Fakta tentang Cicilan Shopee PayLater yang Perlu Kamu Ketahui! Retrieved from Shopee.co.id website: https://shopee.co.id/inspirasi-Shopee/fakta-tentang-cicilan-Shopeepaylater-yang-perlu-kamu-ketahui/

Ivastya, R., & Fanani, Z. (2020). The Impact of E-Service Quality on E-Satisfaction and Implications on B2C Shopee.com the online Repurchase: A case study of Indonesia. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering, 6(7), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.31695/ijasre.2020.33842

Mulyono, S. H., & Djatmiko, T. (2018). Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Satisfaction di Tokopedia. E-Proceeding of Management, 5(2), 1843–1848.

Nurdiana, F., & Oktafani, F. (2021). Pengaruh Satisfaction dan Trust Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Starbucks Buah Batu Bandung. EProceedings of Management, 8(3). Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14971%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/14971/14875

Nurhanah, D. et al. (2019). Pengaruh Customer Trust dan Customer Perceived terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi pada Toko Rabbani Tasikmalaya). Business Managament and Entrepreneurship Journal, 1(2), 189–200.

Pebrila, L. et al. (2019). Kekuatan Pengalaman Konsumen dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Ulang pada Toko Handmade Addictive. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 8(4). https://doi.org/10.24843/eeb.2019.v08.i04.p01

Pratiksa, J. D., & Hidayat, R. (2020). Pengaruh Rebranding dan Public Relation terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Argo Cheribon PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon Tahun 2020. EProceedings of Applied Science, 6(2).

Putri, W. K., & Pujani, V. (2019). The Influence of System Quality, Information Quality, E-Service Quality and Perceived Value on Shopee Consumer Loyalty in Padang City. The International Technology Management Review, 8(1), 10. Retrieved from https://doi.org/10.2991/itmr.b.190417.002

Roscoe. (1982). Research Methods for Business. New York: Mc Graw Hill.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. 23). Bandung: Alfabeta.

Wiyata, M. T. et al. (2020). Pengaruh Customer Experience, Ease of Use, dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Konsumen Situs Jual Beli Online Shopee di Kalangan Mahasiswa Kota Sukabumi. Cakrawala, 3(1), 11–21.

Diterbitkan
2022-07-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 626 times