PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, EASY OF USE DAN CUSTOMER TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION SITUS JUAL BELI ONLINE SHOPEE DIKALANGAN MAHASISWA KOTA SURAKARTA
Abstrak
Pengaruh Customer Experience, Easy of Use dan Customer Trust terhadap Repurchase Intention Situs Jual Beli Online Shopee dikalangan Mahasiswa Kota Surakarta
Perkembangan Marketplace di Indonesia mengalami kenaikan pertumbuhan yang sangat signifikan. Layanan situs online atau layanan uang elektronik semakin meningkat. Terjadinya Repurchase Intention atau aktivitas pembelian online secara berulang membuat customer merasa mudah, nyaman, dan percaya. Seseorang akan mempercayai situs belanja online dan kembali serta memasarkan produk dengan lainnya yaitu Customer Experience, Ease of Use, dan Customer Trust. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Customer Experience (X1), Easy of Use (X2) dan Customer Trust (X3) terhadap Repurchase Intention (Y) situs jual beli online Shopee dikalangan mahasiswa Kota Surakarta. Teknik pengujian instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik memakai normalitas, multikolinearitas, dan heterokedasitas. Pengujian penelitian ini memakai uji hipotesis, analisis regresi linier, uji t, dan koefisien determinasi dan pengolahan data pada penelitian ini menggunakan sistem SPSS21. Pengumpulan data menggunakan teknik Purposive Sampling dengan mengambil 100 sampel kuesioner. Hasil akhir pada penelitian ini menunjukkan Customer Experience (X1), Easy of Use (X2) dan Customer Trust (X3) berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention (Y).
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Antara, & Setiawan, K. (2020). Bank Indonesia: Transaksi E-Commerce Agustus 2020 Naik hingga Mencapai 140 Juta. Retrieved from Bisnis.Tempo.com. website: https://bisnis.tempo.co/read/1398066/bank-indonesia-transaksi-e-commerce-agustus-2020-naik-hingga-mencapai-140-juta
Cahyani, A. et al. (2019). Pengaruh Customer Experience terhadap Repurchase Intention pada PT. Traveloka Indonesia. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 4(1), 25–36.
Caniago, A., & Sudarmi, W. (2021). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Motivasi Karyawan terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i1.404
Febriani, N. M. A., & Ardani, I. G. A. K. S. (2021). The Influence of Customer Experience, Ease of Use, and Trust on Repurchase Intention (Case Study of Tokopedia Consumers in Denpasar). American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5(2), 378–383.
iPriceGroup. (2019). Peta E‑Commerce Indonesia. Retrieved from Iprice.co.id website: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Irvindya. (2021). Inilah 5 Fakta tentang Cicilan Shopee PayLater yang Perlu Kamu Ketahui! Retrieved from Shopee.co.id website: https://shopee.co.id/inspirasi-Shopee/fakta-tentang-cicilan-Shopeepaylater-yang-perlu-kamu-ketahui/
Ivastya, R., & Fanani, Z. (2020). The Impact of E-Service Quality on E-Satisfaction and Implications on B2C Shopee.com the online Repurchase: A case study of Indonesia. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering, 6(7), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.31695/ijasre.2020.33842
Mulyono, S. H., & Djatmiko, T. (2018). Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Satisfaction di Tokopedia. E-Proceeding of Management, 5(2), 1843–1848.
Nurdiana, F., & Oktafani, F. (2021). Pengaruh Satisfaction dan Trust Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Starbucks Buah Batu Bandung. EProceedings of Management, 8(3). Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14971%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/14971/14875
Nurhanah, D. et al. (2019). Pengaruh Customer Trust dan Customer Perceived terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi pada Toko Rabbani Tasikmalaya). Business Managament and Entrepreneurship Journal, 1(2), 189–200.
Pebrila, L. et al. (2019). Kekuatan Pengalaman Konsumen dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Ulang pada Toko Handmade Addictive. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 8(4). https://doi.org/10.24843/eeb.2019.v08.i04.p01
Pratiksa, J. D., & Hidayat, R. (2020). Pengaruh Rebranding dan Public Relation terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Argo Cheribon PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon Tahun 2020. EProceedings of Applied Science, 6(2).
Putri, W. K., & Pujani, V. (2019). The Influence of System Quality, Information Quality, E-Service Quality and Perceived Value on Shopee Consumer Loyalty in Padang City. The International Technology Management Review, 8(1), 10. Retrieved from https://doi.org/10.2991/itmr.b.190417.002
Roscoe. (1982). Research Methods for Business. New York: Mc Graw Hill.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. 23). Bandung: Alfabeta.
Wiyata, M. T. et al. (2020). Pengaruh Customer Experience, Ease of Use, dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Konsumen Situs Jual Beli Online Shopee di Kalangan Mahasiswa Kota Sukabumi. Cakrawala, 3(1), 11–21.