IMPLEMENTASI PERUBAHAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI
Abstrak
Implementasi Perubahan Media Pembelajaran Mahasiswa Berbasis Daring pada Masa Pandemi
Pandemi covid-19 telah mengubah banyak aspek kehidupan salah satunya pendidikan, transformasi dan akselerasi pendidikan yang menjadi tantangan yang juga harus dihadapi oleh pemerintah dan institusi pendidikan yaitu perubahan media pembelajaran yang digunakan mahasiswa berbasis daring selama pandemi covid-19. Hampir semua sekolah dan universitas di Indonesia menerapkan pembelajaran online atau daring. Media yang digunakan mahasiswa adalah Lentera, Google Meet, WhatsApp, Zoom Meeting, Youtube, dan lain lain. penelitian ini adalah studi literatur dan metode kualitatif yang dilakukan dengan metode wawancara. Hasil belajar memiliki dampak positif yang terjadi pada pembelajaran online, berdasarkan kesimpulan hasil penelitian kami dengan metode wawancara yaitu banyak yang berpendapat bahwa pembelajaran online ini dapat meminimalkan dan mengurangi penyebaran covid-19 karena pembelajaran ini banyak dilakukan di rumah. Sedangkan dampak negatif dari pembelajaran online ialah kurangnya pemahaman terhadap materi yang disampaikan oleh dosen dan hambatan dari segi koneksi internet yang kurang stabil serta keterbatasan kuota. Berbagai penggunaan media ajar maupun platform pendidikan kiranya dapat menjadi alternatif solusi dalam pembelajaran, demi kelangsungan pembelajaran pada setiap satuan pendidikan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Matrik : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 340–345.
Asumni, A. (2020). Problems of Online Learning in the Covid-19 Pandemic Period and Solutions to Solve It. Journal of Pedagogy, 7(4), 281–288.
Creswell, J. W. (1998). Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Traditions. London: SAGE Publications.
Damayanthi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Jurnal Sosial :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(3), 241–260. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/e.v1i3.26978
Dewantara, jagad A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 368–373. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pejaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Mutmainnah. Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora. Wawancara Pribadi, Gowa, 27 Mei 2022. Retrieved from https://drive.google.com/file/d/1pUVzBE4H4aoNLSEs2ArWhmMMHtFUWIf_/view?usp=drivesdk
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Indutri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–53. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203
Rahmadani, D. Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Wawancara Pribadi, Gowa, 27 Mei 2022. Retrieved from https://drive.google.com/file/d/1N0XeayjWyw15jDXfTEreWw6LjkCw58po/view?usp=drivesdk
Rahmat, P. S. (2019). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium, 5(9), 1–8. Retrieved from http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf
Risdianto, M. R., Suabuana, C., & Isya, W. (2020). Penanaman Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal IIlmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 54–64.
Salamah, U., Bashith, A., Nurdiana, I., & Said, A. (2020). Persepsi Mahasiswa pada Pembelajaran Online terhadap Interaksi. Al-Mudarris : Journal Of Education, 3(2), 216–223. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32478/al-mudarris.v3i2.527
Wahid. Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Islam. Wawancara Pribadi, Gowa, 27 Mei 2022. Retrieved from https://drive.google.com/file/d/1uWnq9QH5py92dAhZnA03-PAjwpH2Soi7/view?usp=drivesdk
Widayati, S., & Rakhmawati, N. I. S. (2020). Respon Mahasiswa pada Mata Kuliah Daring. Child Education Journal, 2(1), 48–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33086/cej.v2i1.1506