DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MAHASISWA

  • Hamsiah Djafar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh. Farhan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muthiah Khaeirunnisa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Padila Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Amran Basir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Luring, Motivasi Mahasiswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Dampak Pembelajaran Daring dan Luring Pada Mahasiswa. Penelitian yang dilakukan di UIN Alauddin Makassar dengan sampel penelitian 8 mahasiswa aktif Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan, teknik wawancara mendalam disertai dengan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian dilakukan secara bertahap pengumupulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah membahas mengenai Dampak Pembelajaran daring dan luring pada mahasiswa terhadap motivasi prestasi belajar, di Prodi Manajemen Manajemen Pendidikan Islam. Pembelajaran daring dan maupun luring memiliki dampak positif dan negatif pada mahasiswa membawa dampak besar pada motivasi dan hasil prestasi belajar mahasiswa. Dalam pembelajaran daring mahasiswa terkendala dalam koneksi jaringan internet dan keterbatasan kuota internet sehingga berdampak pada penurunan IPK, sehingga menurunkan motivasi belajar mahasiswa. Dosen berperan penting dalam menerapkan strategi pembelajaran dan memotivasi mahasiswa untuk belajar. Dan juga mahasiswa lebih menyukai pembelajaran luring karena meningkatkan proses pembelajaran dan, lebih mudah memahami penjelasan yang diberikan dosen secara langsung. Dengan tingginya motivasi dalam belajar berhubungan dengan tingginya prestasi belajar, ketika keduanya prestasi belajar dan motivasi belajar dapat berjalan dengan baik maka dalam diri kita juga menciptakan keberhasilan pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agustina, M. T., & Kurniawan, D. A. Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19.(2020)

Di, P. C.-, Negeri, S. D., & Bendosari, S.. Strategi Pembelajaran Melalui Daring Dan Luring Selama. (2021)

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara. Hassoubah, (2004)

Idaarah, J.. Pengaruh kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik di smp negeri 5 enrekang. I(36). (2017)

Maryan Muhammad. Pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan kompetensi dosen terhadap prestasi belajar. (2010)

Masni, H. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Harbeng Masni 1. (2020)

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, (2020)

Penelitian, J. H., Kepustakaan, K., & Pendidikan, B. Jurnal Kependidikan: 6(2), (2020)

Patria, L., dan Yulianto, K. Pemanfaatan Facebook Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri. (2011) Prosiding Seminar Nasional FMIPA-UT 2011. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2305

Sardiman, A. M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. (2005)

Ulama, N., & Giri, S. Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. 1(1), (2021)

Uno, Hamzah B.Teori motivasi & Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: PT Bumi Aksara.( 2007)

Diterbitkan
2022-07-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 805 times