KNOWLEDGE MANAGEMENT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN LEARNING ORGANIZATION DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Abstrak
Knowledge terdiri dari dua jenis yaitu tacit knowledge dan explicit knowledge. Tacit knowledge merupakan knowledge yang diam dalam benak manusia dalam bentuk intuisi, judgement, skill, values, dan belief yang sulit diinformasikan dan di-share dengan orang lain. Sedangkan explicit knowledge adalah knowledge yang dapat atau yang sudah terkodifikasi dalam bentuk dokumen atau bentuk berwujud lainnya sehingga dapat dengan mudah ditransfer dan didistribusikan dengan menggunakan berbagai media. Explicit knowledge dapat berupa formula, kaset/CD video, audio, spesifikasi produk atau manual. Organisasi pembelajaran (learning organization) adalah organisasi yang: (1) mempuyai suasana, dimana anggota-anggotanya secara individu terdorong untuk belajar dan mengembangkan potensi mereka; (2) memperluas budaya belajar ini sampai pelanggan, pemasok, dan steakholder lain yang signifikan; (3) menjadikan strategi pengembangan sumber daya manusia sebagai pusat kebijakan organisasi; (4) berada pada proses transformasi organisasi secara terus-menerus.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anshori, Yusak. (2012). Analisis Keunggulan Bersaing melalui Penerapan Knowledge Management dan Knoeledge-Based Strategy di Surabaya Plaza Hotel. Jurnal Manajemen Perhotelan, 1(1).
Barclay, O. R., & Murray, C. M. (2002). What is Knowledge Management. Retrieved March 31, 2022, from Knowledge Praxis website: http://www.media-access.com/%0Awhatis.html
Ghalib, A. K. (2004). Systemic Knowledge Management. Devoloping a Model for Managing Organisasional Assets for Strategic and Subtainable Competitive Advantage. Journal of Knowledge Management Practice, 5(1).
Machali, I., & Hidayat, A. (2016). The Handbook of Education Management : Teori dan Praktik Pengelola Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia.
Miarso, Yusufhadi. (2002). Peran Teknologi Pembelajaran dalam Organisasi Belajar. (Makalah yang disampaikan pada Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Jakarta).
Muhaimin, et al. (2012). Manajemen Pendidikan; Aplikasinya dalam Penyususnan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana.
Rakhmawanto, Ajib. (2008). Membangun Model Pengembangan SDM Aparatur Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS, 2(1).
Setiarso, B., et al. (2012). Penerapan Knowledge Management pada Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tobing, P. L. (2007). Knowledge Management: Konsep, Arsitektur, dan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, Adie E. (2008). The Implementation of learning organization in management. Retrieved March 31, 2022, from teknologikinerja.wordpress.com website: https://teknologikinerja.wordpress.com/2008/05/06/organisasi-belajar/