PENILAIAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE 360-DEGREE FEEDBACK

Studi Kasus: PT. Satria Manunggal Petrolindo

  • Dedi Rianto Rahadi Universitas Presiden
    (ID)
  • Rahmat Fauzi Universitas Telkom Bandung
    (ID)
  • Zaky Saputra Universitas Telkom Bandung
    (ID)
Kata Kunci: Penilaian Kinerja Karyawan, 360-degree feedback method, PT. Satria Manunggal Petrolindo

Abstrak

Tujuan penilaian untuk menganalisis penilaian kinerja karyawan menggunakan metode 360-degree feedback( Studi Kasus: PT. Satria Manunggal Petrolindo) Dimana penelitian tersebut merupakan salah satu aspek penting yang perlu dinilai terkait dengan upaya peningkatan kinerja dan kualitas dalam mencapai maksud dan tujuan bisnis perusahaan, dimana selama ini penilaian terhadap karyawan masih menggunakan metode penilaian tradisional. Metode evaluasi yang diterapkan menimbulkan ketidaknyamanan serta mengurangi motivasi sebagian karyawan, hal ini berdampak pada penurunan produktivitas kinerja karyawan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dari itu penelitian dilakukan terhadap kinerja karyawan di PT. Satria Manunggal Petrolindo. Metode yang akan digunakan dalam mengukur penilaian kinerja karyawan pada perusahaan adalah metode 360-degree feedback. Metode ini menggunakan umpan balik yang komprehensif dari seluruh jajaran di sekitar karyawan untuk menilai kinerja sesuai perilaku kerja yang terdiri dari lima komponen penilaian, yaitu: Self Appraisal, Manager Review, Peer Review, Subordinates Appraising Manager (SAM) dan Customer/Client Review. Hasil penelitian dan evaluasi permasalahan pada penelitian ini adalah bahwa penerapan metode 360-Degree Feedback dalam proses penilaian kinerja pegawai merupakan salah satu metode yang menghasilkan penilaian yang obyektif. Hasil akhir yang diperoleh dalam proses penilaian akan menjadi bahan pertimbangan pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan mengenai masa depan karyawan dan perusahaan. Karyawan juga dapat meningkatkan kenyamanan dan motivasi bekerja di PT. Satria Manunggal Petrolindo yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kinerja perusahaan dan pencapaian tujuan bisnis perusahaan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Astuti, Dwi Andiani, and Arif Rahman. 2020. “Penerapan Metode 360 Derajat Dan Analytic Hierarchy Process (AHP) Sebagai Penilaian Kinerja Karyawan Pada CV Mainan Kayu.” Jurnal IKRA-ITH Humaniora 4(3):1–14.

Balakayeva, Gulnar, Mukhit Zhanuzakov, and Gaukhar Kalmenova. 2023. “Development of a Digital Employee Rating Evaluation System (DERES) Based on Machine Learning Algorithms and 360-Degree Method.” Journal of Intelligent Systems 32(1):1–15. doi: 10.1515/jisys-2023-0008.

Habibi, Roni, and Artha Glory Romey Manurung. 2023. “SLR Systematic Literature Review: Metode Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Human Performance Technology.” Journal of Applied Computer Science and Technology 4(2):100–107. doi: 10.52158/jacost.v4i2.511.

Hartati, Tri, and Noer Hikmah. 2022. “Employee Performance Assessment of PT.Satria Manunggal Petrolindo Using 360-Degree Feedback Method. Sinkron.” Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika 7(2).

Heryanto, and Puteri. 2023. “Upaya Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan.” Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah).

Huda, Haris Ihsanil, Bagus Sudirman, and Ahmad Ashifuddin Aqham. 2022. “Implementasi Metode 360 Derajat Pada Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Pada CV. Alfa Printing.” Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer 2(1):17–24. doi: 10.55606/teknik.v2i1.143.

Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, and Wismanto. 2021. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam.” AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5(3):131–46. doi: 10.54396/alfahim.v3i2.183.

Kirani, Amara. 2023. “Pengaruh Pengalaman Kerja, Latar Belakang Pendidikan, Komitmen Organisasi, Dan Penilaian Kerja Terhadap Kinerja.” JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi 1(1):43–53. doi: 10.62421/jibema.v1i1.5.

Meghdad, Rahati. 2020. “Assessment of the Performance of Nurses Based on the 360- Degree Model and Fuzzy Multi-Criteria Decision-Making Method (FMCDM) and Selecting Qualified Nurses.” Ncbi 6(1).

Nasution, Sri Rezeki. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Dan Evaluasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Metode Preference Selection Index (PSI) Pada Industri Primer Pengolahan Kayu UD Maju Rezeki.” Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 383–92.

Nur Azizah, Anisa, Muhammad Isnaini Hadiyul Umam, Ismu Kusumanto, Vera Devani, and Silvia. 2021. “Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Umpan Balik 360 Derajat Dan Analitycal Hierarchy Process (Studi Kasus : Pt. Riau Graindo).” Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS) 4(2):2021.

Okvi Maharani, and Ida Rindaningsih. 2023. “Penilaian Kinerja Sebagai Penentu Prestasi Dan Kinerja Tenaga Kependidikan: Literature Review.” MAMEN: Jurnal Manajemen 2(1):159–70. doi: 10.55123/mamen.v2i1.1626.

Pratama, Gempur Putra, and Nurul Hermina. 2022. “The Effect of Performance Allowance and Work Discipline on Employee Performance at the Lembang Agricultural Training Center (BBPP).” Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen 10(1):106–12. doi: 10.56457/jimk.v10i1.259.

Rohaini, Eni. 2018. “Istem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode 360 Derajat Pada STIKOM Dinamika Bangsa Jambi.” Jurnal Ilmiah Media SISFO 12(2).

Rulita, Pebni Wika, and Sumaryono. 2022. “Penerapan Penilaian Kinerja Aparatur Sipil Negara Melalui Elektronik Remunerasi Kinerja (E-Rk) Dalam Meningkatkan Kinerja Pada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.” Publik Magister Ilmu Administrasi.

Suarga, Suarga, Hikmah Dina Nurwahdaniah, Irmawati Irmawati, and Ismatun Amriyah Bahtiar. 2022. “Kinerja Staf/Pegawai Selama Pembelajaran Online Tahun 2019-2021.” Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan 1(2):176–90. doi: 10.24252/edu.v1i2.26673.

Sugiyono. 2018. Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukamto, Yanti Andriyani, and Kiki Wahyuni. 2021. “Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Topsis.” JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi) 7(3):2222–33. doi: 10.35957/jatisi.v9i3.2534.

Diterbitkan
2024-08-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 44 times