KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DAN IKLIM SEKOLAH YANG POSITIF DI LEMBAGA PENDIDIKAN
Abstrak
Sekolah ibarat sebuah lingkungan yang telah diatur sedemikian rupa sehingga penghuninya dapat memperoleh tingkat layanan pendidikan dan pembelajaran yang diharapkan. Penerapan budaya sekolah yang baik dan tepat akan berdampak signifikan terhadap kegiatan belajar siswa dan juga dapat memotivasi pengajar untuk bekerja lebih efektif dan efisien demi tercapainya kinerja pengajar yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan berbasis literatur, dengan memanfaatkan data yang berasal dari publikasi ilmiah, artikel, dan penelitian terdahulu, seperti tesis yang relevan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran dan analisis yang komprehensif tentang hubungan antara budaya sekolah dan iklim sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi indikator dan teknik untuk menumbuhkan budaya positif di sekolah, serta peran kepemimpinan dalam meningkatkan hasil pendidikan melalui upaya pembangunan budaya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah mengacu pada keseluruhan kualitas kehidupan sekolah, yang berkembang dan tumbuh melalui perwujudan nilai-nilai tertentu dan semangat kolektif di dalam sekolah. Iklim dan budaya sekolah yang optimal didefinisikan sebagai pembentukan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan terorganisir dengan baik untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif. Penanda budaya dan iklim sekolah yang positif mencakup rasa kesetiaan yang kuat, pembentukan lingkungan sekolah yang aman dan menyenangkan, dan penanaman rasa memiliki yang mendalam di antara semua anggota komunitas sekolah. Selain itu, ketika sebuah sekolah mengembangkan budaya dan suasana yang sesuai, para siswa akan merasakan ketenangan, rasa aman, dan menunjukkan sikap yang baik terhadap lembaga pendidikan mereka.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Fitry, S. A. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 11(2).
Hendrawan. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Manajer: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jaja Jahari dan Rusdiana. (2020). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Darul Hikam.
Mulyasa. (2012). manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah (Pertama). Bandung: Bumi Aksara.
Nizary, M. A., Hamami, T., Uin, S., Kalijaga, Y., Kunci, K., Sekolah, :, & Sekolah, B. (2020). Budaya Sekolah. AT TAFKIR: Jurnal Pendidikan, Hukum, Sosial, Agama., 13(2).
Nur Efendi. (2017). Islamic Educational Leadership. Yogyakarta: Kalimedia.
Putri, A. (2019). Implementasi Kepemimpinan kepala sekolah, Iklim sekolah dan kunci sukses kepala sekolah. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana
Rahayuningsih, Y. S., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Sekolah yang Positif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 6(5), 7850–7857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3626
Syamsuddin. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pengembangan Budaya Di Sekolah The Leadership Of Principal And The Development Of Culture At School. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1).
Wilda Arif. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Budaya Religius. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(1).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##