Kesalahan siswa dalam mengucapkan kosakata yang mengandung silent letter

  • Nurmila Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • Sukmawati Yasim Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • Nur Husnil Khatimah Sulawesi Barat University
    (ID)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe kesalahan yang siswa Sekolah Menegah Atas lakukan dalam mengucapkan kata-kata yang mengandung silent letter dan penyebab yang mempengaruhi siswa melakukan kesalahan dalam mengucapkan kata-kata yang mengandungsilent letter tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian dengan teknik Purposive Sampling yakni siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Campalagian tahun ajaran 2022/2023. Data penelitian dikumpulkan melalui test dan wawancara mendalam. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis oleh Miles dan Huberman yakni dengan mereduksi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengucapkan kata-kata yang mengandung silent letter ada dua yakni tipe Pre-systematic dan tipe Systematic. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa penyebab yang mempengaruhi siswa dalam melakukan kesalahan adalah kurangnya pengalaman siswa dalam belajar Bahasa Inggris, pembelajan pengucapan dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit, dipengaruhi oleh Bahasa ibu dan startegi belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam mengucapkan kata yang mengandung silent letter dan belum memahami cara melafalkan bunyi kata-kata tersebut dengan benar.

Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Pengucapan, silent letter.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-04-30
Bagian
Volume 3, Number 01, April 2023
Abstrak viewed = 113 times