Kesalahan siswa dalam mengucapkan kosakata yang mengandung silent letter
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe kesalahan yang siswa Sekolah Menegah Atas lakukan dalam mengucapkan kata-kata yang mengandung silent letter dan penyebab yang mempengaruhi siswa melakukan kesalahan dalam mengucapkan kata-kata yang mengandungsilent letter tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian dengan teknik Purposive Sampling yakni siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Campalagian tahun ajaran 2022/2023. Data penelitian dikumpulkan melalui test dan wawancara mendalam. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis oleh Miles dan Huberman yakni dengan mereduksi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengucapkan kata-kata yang mengandung silent letter ada dua yakni tipe Pre-systematic dan tipe Systematic. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa penyebab yang mempengaruhi siswa dalam melakukan kesalahan adalah kurangnya pengalaman siswa dalam belajar Bahasa Inggris, pembelajan pengucapan dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit, dipengaruhi oleh Bahasa ibu dan startegi belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam mengucapkan kata yang mengandung silent letter dan belum memahami cara melafalkan bunyi kata-kata tersebut dengan benar.
Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Pengucapan, silent letter.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
An author who publishes in ELSTIC-IJ JOURNAL agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).