PENGARUH HARI RAYA IDUL FITRI TERHADAP POLA PERGERAKAN INFLASI DI INDONESIA PERIODE 2010-2019
Abstract
Fenomena inflasi di bulan Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu peristiwa ekonomi yang selalu dihadapi Indonesia. Biasanya inflasi terjadi ketika bulan Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Hari Raya Idul Fitri terhadap pola pergerakan Inflasi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan analis data variabel dummy dan model Box-Jenkis yaitu Autoregressive (AR), Moving Average (MA), Autoregressive Moving Average (ARMA) dan Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA). Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) di Indonesia periode 2010-2019 yang diambil dari situs Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh Hari Raya Idul Fitri terhadap pola pergerakan inflasi sebesar 32,8 % dan terdapat pola pergerakan inflasi yang cenderung meningkat ketika menjelang bulan Ramadhan (Dt 01), kemudian berlanjut saat Hari Raya Idul Fitri (Dt 02) dan cenderung menurun ketika satu bulan setelah Hari Raya Idul Fitri (Dt 03). Oleh karena itu, perlu memperkuat koordinasi Pemerintah dan Bank Indonesia untuk mengantisipasi tekanan inflasi bulan Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.
Kata Kunci: Inflasi, Indeks Harga Konsumen, Hari Raya Idul Fitri, Model Box-Jenkis
Downloads
References
Berlian et al. (2014). Peramalan Inflasi Menurut Kelompok Pengeluaran Makanan Jadi, Minuman, Rokok dan Tembakau Menggunakan Model Variasi Kelender (Studi Kasus Kota Semarang). GAUSSAN Universitas Diponegoro, 3(4), 547-556.
BI. (2020, 1 Januari rabu). Inflasi. Diambil kembali dari www.bi.go.id: http://www.bi.go.id/id/moneter/inflasi/pengenalan/contents/default.aspx
Diah Utari, r. c. (2015). Inflasi di Indonesia : Karakteristik dan Pengendaliannya. Bank Indonesia Institute.
Eachern, M. (2000). Ekonomi Makro : Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Karim, A. A. (2008). Ekonomi Makro Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kencono, A. (2018). Analisis Inflasi IHK dan Inflasi IHP di Indonesia (periode 2000: T1-2016: T4). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Mustanginah. (2019). Pengaruh Hari Raya Idul Fitri terhadap Inflasi Kota Tasikmalaya. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 2(1), 63-69.
Nanga, M. (2001). Makroekonomi : Teori, Masalah dan Kebijakan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nugroho, A. P. (2017). Pengaruh Hari Besar Keagamaan Nasional (Idul Fitri dan Natal) Terhadap Laju Inflasi Di Indonesia Periode 2004.1-2016.4 : Pendekatan Error Correction Model. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Nurfadillah. (2018). Pengaruh Hari Besar Terhadap Komoditas Utama Inflasi Menurut Kelompok Pengeluaran di Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.
Saleh Sasumbar, D. T. (2019). Ramadhan, Eid Al-Fitr and Inflation : Leason From Indonesian Subnational Data. Journal JESP, 20(2), 135-150.
Statistik, B. P. (2020, 1 Januari Rabu). Diambil kembali dari https://www.bps.go.id/subject/3/inflasi.hmtl
Statistik, B. P. (2020, 1 Januari Rabu). Diambil kembali dari https://www.bps.go.id/statictable/2009/06/15/907/indeks-harga-konsumen-dan-inflasi-bulanan-indonesia-2005-2019.html
Sukirno, S. (2002). Teori Makro Ekonomi. Jakarta: Rajawali Press.
Sukirno, S. (2008). Makroekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sukirno, S. (2013). Makroekonomi. Jakarta: Rajawali Pers.
Usman, M. A. (2017). Ramadhan Effect on Price Movement : Evidence from Pakistan. SBP Working Paper Series 32, State Bank of Pakistan, Research Department.
Widarjono, A. (2016). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Wikipedia. (2020, 1 Januari Rabu). Idul Fitri. Diambil kembali dari https://id.m.wikipedia.org/wiki/Idulfitri