EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PROGRAM KELUARGA HARAPAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PRA SEJAHTERA DI DESA SARAGIAN

  • Ahmad Kafrawi Mahmud Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Fokus masalah penelitian yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas dan kontribusi program keluarga harapan dalam mensejahterkan masyarakat pra sejahtera di desa Saragian. Adapun fenomena dan perumusan masalah yang dibuat dalam enelitian ini, sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan dan hambatan program keluarga harapan (PKH) dalam upaya mensejahterkan masyarakat, 2) Sejauh mana efektivitas program keluarga harapan (PKH) terhadap masyarakat, 3) Sebesar apa kontribusi program keluarga harapan (PKH) terhadap masyarakat.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dan naturalistik. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer berupa data wawancara langsung kepada beberapa informan dan data sekunder berupa data yang diperoleh selain data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara langsung, dokumentasi dan rekaman. Teknik pengolahan dan analisis data yakni menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan menggali fakta sebagaimana adanya dengan teknik analisis pendalaman kajian.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa program keluarga harapan di Desa Saragian Kecamatan Alu Kab. Polewali Mandar terdapat beberapa tahapan kegiatan yang dilakukan yakni, penetapan sasaran, persiapan daerah, pertemuan awal dan validasi, penyaluran bantuan, pembentukan kelompok peserta PKH, verivikasi komitmen,  penangguhan dan lain-lain. Efektivitas program keluarga harapan (PKH) di Desa Saragian Kec. Alu program keluarga harapan diharapkan dan dibutuhkan oleh masyarakat dikarenakan kondisi ekonomi yang lemah ditambah dengan kondisi pendidikan yang memadai. PKH dianggap efektif didalam masyarakat Desa Saragian Kec. Alu, bantuan yang dirasakan oleh masyarakat sehingga anak-anak mereka memiliki jaminan biaya pendidikan sehingga di Desa Saragian tidak lagi banyak yang putus sekolah karena biaya. Kemudian kontribusi Program Keluarga Harapan (PKH) sumbangan yang diberikan pemerintah untuk masyarakat diharapkan dapat memberikan perubahan yang signifikan terhadap masyarakat di Desa Saragian terkhusus dari aspek pendidikan dan kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ahmad Kafrawi Mahmud, Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Ilmu Ekonomi

References

Badan Pusat Statistik. (2018) Provinsi Sulawesi Barat Dalam Rangka Sulawesi Barat Province in Figures.

Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik Kemiskinan Sulawesi Barat 2018. Jurnal. CV. Prima Digi, Mamuju.

Chriswardani. (2005). Memahami Kemiskinan Secara Multidimensional. Jurnal Jakarta.

Kemenrerian Sosial RI. (2016). Perubahan Pertama Atas Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Nomor : 01/Ljs/02/2018 Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai. Jurnal.

Maipita. (2014). Mengukur Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan Cetakan I. Yogyakarta; Upp Stim Ykpn.

Prasetya, Ferry. 2012. Modul Ekonomi Publik Bagian V: Teori Pengeluaran Pemerintah. Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Suharto, Edi. (2009). Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat. Bandung: PT Refika Aditama.

Syamsuddin. (2016). Pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial Cetakan I. Makassar: Syahadah.

Usman. (2010). Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Rangka Penanggulangan Kemiskinan (Suatu Studi di Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo). Jurnal.

Yusuf. (2019). Metode Penelitian Cetakan V. Jakarta: Prena Damedia Group.

Published
2021-04-05
How to Cite
Mahmud, A. K. (2021). EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PROGRAM KELUARGA HARAPAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PRA SEJAHTERA DI DESA SARAGIAN. ICOR: Journal of Regional Economics, 2(1). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/icor/article/view/21691
Section
Volume 2 Nomor 1 April (2021)
Abstract viewed = 325 times