KAJIAN SOSIAL EKONOMI (STUDI KASUS PEDAGANG PASAR PAOTERE KOTA MAKASSAR TAHUN 2020)

  • Asrahmaulyana Asrahmaulyana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian sosial ekonomi pedagang di pasar Paotere TPI Kota Makassar.Tujuan dilakukannya penelitan ini diharapkan dapat mengetahui (1) Kondisi sosial pedagang di pasar Paotere TPI Kota Makassar (2) Kondisi ekonomi pedagang di pasar Paotere TPI Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancaran di lapangan. Teknik analisis yang digunakan adalah deduksi, induksi, dan intrepetasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kondisi sosial pedagang di pasar TPI Paotere Kota Makassar yang terbagi menjadi kesehatan dan pendidikan mengalami peningkatan yang baik dengan kesadaran yang dimiliki oleh pedagang, sedangkan untuk hubungan pedagang dengan lingkungannya menjadi masalah karena adanya persaingan yang tidak sehat, hubungan merekapun tidak mengalami peningkatan dengan kios yang berjauhan (2) Kondisi ekonomi pedagang di pasar TPI Paotere Kota Makassar dibagi kedalam pendapatan dan modal, mereka merasakan menurunnya pendapatan di tahun 2020 karena adanya wabah Covid-19 yang berpengaruh langsung ke modal mereka. Implikasi penelitian ini diharapkan pedagang mempertahankan kesadaran peduli terhadap kesehatan dan pendidikan serta meningkatkan hubungannya dengan lingkungan, pedagang pula harus memiliki tabungan yang bermanfaat jika situasi sulit terjadi nantinya.

Kata Kunci: Pedagang, Pasar TPI Paotere, Kondisi Sosial, dan Kondisi      Ekonomi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Asrahmaulyana Asrahmaulyana, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
KAJIANSOSIALEKONOMI(STUDIKASUSPEDAGANG PASAR PAOTERE KOTAMAKASSARTAHUN2020)

References

Adisasmita, Rahardjo. 2011. Manajemen Pemerintahan Daerah. Yogyakarta; Graha Ilmu.

Ardi Nugroho, Listyawan. 2011. Pengaruh Modal Usaha.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Su’ud, 2007, Pengembangan ekonomi mikro, Nasional Conference,Jakarta.

Asakdiyah, Salamatun & Tina Sulistyani. (2004). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional di KotaYogyakarta. Jurnal Akutansi Dan Manajemen Volume 15, Nomor 1, Hal.55-65.

Amirullah, Hardjanto. 2005. Pengantar Bisnis, Edisi 1. Graha Ilmu, Yogyakarta. Davis, Gordon B. 2004. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Gramedia.

Effendi, Tadjuddin Noer, 1993, Sumber Daya Manusia Peluang Kerja dan Kemiskinan, Yogyakarta, Tiara Wacana.

Irwan.1993.Perbaikan Beberapa Sifat Fisik dan Kimia Tanah Mineral Masam Akibat Pengolahan Tanah dan Pemakaian Serbuk Gergaji Kayu Terhadap Kedelai.Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Kotler, Philip. 1991. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo.

Manning, Chris dan Tadjuddin Noer Effendi. 1996. Urbanisasi, Pengangguran, dan Sektor Informal di Kota. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Mankiw, N. Gregory (2003). Teori Makroekonomi Edisi Kelima. Terjemahan.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mujahidin,Akhmad. Ekonomi Islam, Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada, 2007.

Miranda dan Tunggal Amin Widjaja. (2001), “Manajemen Logistik & Supply Chain Management”, Jakarta: Harvarindo.

Novianto, Aditya. (2011).Analisis Pengaruh Nilai Tukar (KURS) DollarAmerika/Rupiah (US$/Rp), Tingkat Suku Bunga SBI, Inflasi, Dan JumlahUang Beredar (M2) Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) DiBursa Efek Indonesia (BEI) Periode 1999.1-2010.6, Universitas Diponegoro.

Nugroho, Iwan dan Rokhmin Dahuri. 2004. Pembangunan Wilayah (Perspektif Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan). LP3ES, Jakarta.

Riyadi Dan Bratakusumah, 2005 : Peran Masyarakat dalam Pembangunan, Multigrafika, Jakarta.

Sethuraman, S.V. 1981. The Urban Informal Sector in Developing Countries: Employement, Poverty, and Environment, in Manning,Chris & Effendi,

Simanjuntak P J. 1998. Pengantar Ekonomi Sumberdaya Manusia. Jakarta: FE UI. Simanjuntak, Payaman. 1985.Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, FE UI : Jakarta.

Suprayitno, Eko. 2008. Ekonomi Mikro Perspektif Islam. Malang: UIN-Malang Press.

Tikson, T. Deddy. 2005. Administrasi Pembangunan. Makassar : Gemilang Persada.

Published
2021-04-28
How to Cite
Asrahmaulyana, A. (2021). KAJIAN SOSIAL EKONOMI (STUDI KASUS PEDAGANG PASAR PAOTERE KOTA MAKASSAR TAHUN 2020). ICOR: Journal of Regional Economics, 2(1). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/icor/article/view/22959
Section
Volume 2 Nomor 1 April (2021)
Abstract viewed = 525 times