RANCANG BANGUN APLIKASI DATABASE BURUNG KICAU BERBASIS ANDROID
Main Article Content
Abstract
Hobi memelihara burung kicau semakin marak diberbagi kalangan masyarakat Indonesia keadaan tersebut didukung dengan semakin sering diadakannya kontes burung berkicau. Hal ini telah menggugah masyarakat untuk mendapatkan dan memelihara burung-burung yang dapat berkicau dengan indah dan merdu. Fenomena ini berdampak kepada orang yang bukan penggemar burung kicau kian ingin memelihara dan ingin mencari informasi tentang burung berkicau dengan cara bertanya kepada ahli atau mencari informasi dari internet, namun informasi yang didapatkan dari internet kebanyakan hanya setengah-setengah atau tidak tersedia secara menyeluruh. Tujuan penelitian adalah memudahkan pengemar burung berkicau mencari informasi tentang burung kicau melalui android yang bersifat golobal dan dapat di akses setiap waktu. Aplikasi Database Burung Kicau Berbasis Android dikembangkan dengan metode waterfall dan dibangun menggunakan PHP dan mysql sebagai sistem manajemen basis datanya. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yakni studi dokumen dengan cara mencari di internet dan buku-buku sedangkan pengujian aplikasi menggunakan metode black box untuk memperbaiki kesalahan dan kekurangan aplikasi, sehingga dapat memperbaiki aplikasi agar lebih baik. Hasil penelitian ini adalah aplikasi android yang dapat diakses secara online serta menampung informasi tentang burung berkicau. Pengujian aplikasi terhadap calon pengguna dilakukan dengan pengisian kuisioner dan dihitung menggunakan skala likert, rata-rata hasil yang diperoleh adalah 85,02 %. Berdasarkan hasil pengujian apilkasi yang dibuat dapat disimpulkan bahwa aplikasi sudah memenuhi tujuan pembuatan aplikasi dan sesuai dalam memenuhi kebutuhan pengguna.
Article Details
How to Cite
[1]
A. I. Alhasni, “RANCANG BANGUN APLIKASI DATABASE BURUNG KICAU BERBASIS ANDROID”, INSYPRO, vol. 6, no. 2, Nov. 2021.
Issue
Section
Vol.6, No.2 (November 2021)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Each article is copyrighted © by its author(s) and is published under license from the author(s).
When a paper is accepted for publication, authors will be requested to agree with the Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 4.0 Netherlands License.
References
Ardiansyah. (2015). Implementasi Dokumen Software Requirement Spesification (Srs) untuk Analisis Kebutuhan Fungsional dan pengujian Black-Box. Simposium National Teknologi Terapan (SNTT), 15-21.
Bassil, Y.(2012). A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle. International Journal of Engineering and Tecnology, 2(5), 742-249.
Dewanto, A., & Sitanggang, M. (2009). Buku Pintar Merawat dan Melatih Burung Kicauan. Argomedia.
Irwanto, G. F., & Kuswardayan, I. (2010). Generator Angka Acak Dalam Game Sudoku Dengan Metode Backtracking Pada Android OS Mobile. ITS Library, 1-6.
Iskandar, J. (2014). Dilema Antara hobi dan bisnis perdagangan burung serta konservasi burung. Chimica et Natura Acta, 2(3), 180-185.
Iskandar, J., & Iskandar, BS. (2015). Pemanfaatan aneka ragam burung dalam kontes burung kicau dan dampaknya terhadap konservasi burung di alam: Studi kasus di Kota Bandung, Jawa Barat. Jurnal Biodiversitas, 1(4), 747-752.
Petersen, K., Wohlin, C. & Baca, D. (2009). The Waterfall Model in Large-Scale Development. Springer, Berlin: Heidelberg.
Setiabudi, D. H., & Tjahyana, L. J. (2013). Mobile learning application based on hybrid mobile application technology running on Android smartphone and blackberry. Jakarta, Indonesia: IEEE
Supriyono, H., Nur Saputra, A., Sudarmilah, E., & Darsono, R. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android. Jurnal Informatika (JIFO), 8(2), 907-920.
Rahadi, D. R. (2014). Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire pada aplikasi android. Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 661-671.
Turut, R. (2012). Burung Ocehan Juara Kontes. Penebar Swadaya Grup.
Bassil, Y.(2012). A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle. International Journal of Engineering and Tecnology, 2(5), 742-249.
Dewanto, A., & Sitanggang, M. (2009). Buku Pintar Merawat dan Melatih Burung Kicauan. Argomedia.
Irwanto, G. F., & Kuswardayan, I. (2010). Generator Angka Acak Dalam Game Sudoku Dengan Metode Backtracking Pada Android OS Mobile. ITS Library, 1-6.
Iskandar, J. (2014). Dilema Antara hobi dan bisnis perdagangan burung serta konservasi burung. Chimica et Natura Acta, 2(3), 180-185.
Iskandar, J., & Iskandar, BS. (2015). Pemanfaatan aneka ragam burung dalam kontes burung kicau dan dampaknya terhadap konservasi burung di alam: Studi kasus di Kota Bandung, Jawa Barat. Jurnal Biodiversitas, 1(4), 747-752.
Petersen, K., Wohlin, C. & Baca, D. (2009). The Waterfall Model in Large-Scale Development. Springer, Berlin: Heidelberg.
Setiabudi, D. H., & Tjahyana, L. J. (2013). Mobile learning application based on hybrid mobile application technology running on Android smartphone and blackberry. Jakarta, Indonesia: IEEE
Supriyono, H., Nur Saputra, A., Sudarmilah, E., & Darsono, R. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android. Jurnal Informatika (JIFO), 8(2), 907-920.
Rahadi, D. R. (2014). Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire pada aplikasi android. Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 661-671.
Turut, R. (2012). Burung Ocehan Juara Kontes. Penebar Swadaya Grup.