DESAIN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA GURU BERDASARKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Main Article Content

Reza Maulana
http://orcid.org/0000-0002-3768-6910
Kamaruddin Tone
Alfira Nur

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rencana pelaksanaan pembelajaran. Setiap guru dituntut untuk bisa merancang atau merencanakan pembelajaran sebelum proses pembelajaran. Tugas dan tanggu jawab guru yang banyak dalam kegiatan dikelas dan diluar sekolah, sehingga guru memiliki keterbatasan waktu dalam menyusun RPP, yang menyebabkan RPP yang dibuat guru kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu sistem informasi yang dapat membantu dan memudahkan guru dalam proses pembbuatan RPP menggunakan media computer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, salah satu pendekatan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi literatur. Aplikasi ini di uji menggunakan black box, menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MYSQL. Dari penelitian ini menghasilkan aplikasi Sistem Informasi Kinerja Guru Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  Berbasis web, yang dapat membantu dan memudahkan pembuatan RPP dan menilai kinerja guru dalam proses pembuatan RPP.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Maulana, K. Tone, and A. Nur, “DESAIN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA GURU BERDASARKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)”, INSYPRO, vol. 5, no. 2, Nov. 2020.
Section
General
Author Biography

Reza Maulana, Alauddin State Islamic University of Makassar

Sains and Technology Faculty

References

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Cet. I; Jakarta: Prenadamdia, 2009.
Wahyuni, Sri dan Ibrahim, Abd S. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Malang: Refika Aditama.
Irawan, Prasetya. Evaluasi Proses Belajar Mengajar. Cet; II; Jakarta: PAU-PAI, Universitas Terbuka, 2001
Muslich, M. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.