Pengolahan Data PPJB-KOCE (Panen, Pengolahan dan Jual-Beli Komoditas Cengkeh) pada Basis Data dengan User Interface Berbasis Web

Main Article Content

Herianto
Irwan
Adnan Sauddin

Abstract

Basis data merupakan solusi alternatif untuk menjawab masalah pengolahan data termasuk data terkait kegiatan PPJB-KOCE (panen, pengolahan, serta jual-beli komoditas cengkeh). Menggunakan user interface yang berbasis web akan dapat memudahkan petani dan pedagang untuk memahami bagaimana mengelola basis data. Penelitian ini mengembangkan dan menjelaskan sistem basis data lengkap dengan user interface yang dapat digunakan petani maupun pedagang dalam mengelola data komoditas cengkeh terkait kegiatan panen, pengolahan, serta jual-beli. Adapun tahapan pengembangan sistem basis data dan user interface berbasis web secara garis besar di bagi dalam 2 (dua) fase, yaitu: Pengembangan Basis Data, dan Pengembangan User Interface berbasis Web. Setiap fase terdiri dari 3 (tiga) tahap, yaitu: analisis kebutuhan, Perancangan,  dan Pengkodean Penelitian ini juga menjelaskan konsep matematika dalam sistem basis data yang dihasilkan.

Article Details

How to Cite
[1]
Herianto, Irwan, and A. Sauddin, “Pengolahan Data PPJB-KOCE (Panen, Pengolahan dan Jual-Beli Komoditas Cengkeh) pada Basis Data dengan User Interface Berbasis Web”, INSYPRO, vol. 7, no. 1, May 2022.
Section
Vol.7, No.1 (Mei 2022)
Author Biographies

Irwan, Prodi Matematika FST, Universitas Islam NegeriAlauddin Makassar

Prodi Matematika FST, Universitas Islam NegeriAlauddin Makassar

Adnan Sauddin, Prodi Matematika FST, Universitas Islam NegeriAlauddin Makassar

Prodi Matematika FST, Universitas Islam NegeriAlauddin Makassar