METODE WEIGHTD PRODUCT (WP) DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA PRESTASI

Main Article Content

Basri Basri
http://orcid.org/0000-0002-3502-2889

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk merancang Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) pemberian beasiswa berprestasi pada sebuah institusi pendidikan mengggunakan metode Weighted Product (WP). Metode WP dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif dan keunggulannya dalam teknik pembobotan. Sistem ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman visual VB.Net dan MySQL sebagai database. Sistem ini dapat melakukan pemeringkatan terhadap siswa dengan menghitung bobot kriteria. Alternatif yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan rata-rata nilai hasil belajar, persentase kehadiran, penghasilan orang tua, serta jumlah tanggungan orang tua. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses pemeringkatan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu siswa terbaik dan layak dalam hal penerima beasiswa prestasi. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, didapatkan sistem yang mampu memberikan hasil rekomendasi terbaik sesuai dengan perhitungan yang digunakan, sehingga dengan adanya sistem ini dapat membantu mempercepat dalam penyeleksian penerima beasiswa prestasi

Article Details

How to Cite
[1]
B. Basri, “METODE WEIGHTD PRODUCT (WP) DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA PRESTASI”, INSYPRO, vol. 2, no. 1, May 2017.
Section
Vol. 2, No. 1
Author Biography

Basri Basri, Al Asyariah Mandar University

Head of Research and Community Service Departement, lecturer of Computer Science Department

References

Ahmadi, A., & Wiyanti, D. T. (2014). Implementasi Weighted Product (WP) dalam Penentuan Penerima Bantuan Langsung Masyarakat PNPM Mandiri Perdesaan. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 1(1).
Gafur, A. (2008). Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa. Jakarta: Penebar Plus.
Kusumawati, D. (2015). Penentuan Penerima Beasiswa Menggunakan Simple Additive Weighting Dan Weighted Product. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 1(1), 19-22.
Lestari, S. (2014). Penerapan Metode Weighted Product Model Untuk Seleksi Calon Karyawan. Jurnal Sistem Informasi, 5(1).
Ningrum, (2012). Metode Weighted product (WP). Andi: Yogyakarta.
Nurjannah, N., Arifin, Z., & Khairina, D. M. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepeda Motor dengan Metode Weighted Product. Jurnal Informatika Mulawarman 10(2).
Radhitya, Y., & Hakim, F. N. (2016). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa Dengan Metode SAW. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 8(2).
Turban, E., Jay E., Aranson dan Liang. (2007). Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas. Alih Bahasa : Dwi Prabantini. Andi:Yogyakarta.