Sistem Monitoring Kualitas Air Pada Budidaya Udang Vannamae Berbasis Wireless Sensor Network Di Dusun Taipa Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar

Main Article Content

Zaryanti Zainuddin
Asmawaty Azis
Riswan Idris

Abstract

Kualitas air merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi budidaya udang vannamei. Oleh karenanya perlu dilakukan monitoring kualitas air secara berkala. Dalam penelitian ini dirancang monitoring parameter kualitas air tambak yang berbasis Wireless Sensor Network. Sistem ini didesain untuk memantau parameter suhu, pH serta kekeruhan pada air tambak budidaya udang vannamei. Rancangan ini terdiri dari beberapa unit transmitter yang terdiri dari 3 parameter sensor yakni sensor ph, sensor suhu dan sensor kekeruhan yang bekerja mengambil sebuah data nilai pada air tambak udang dan kemudian nilai yang di dapatkan diolah oleh perangkat arduino. Setelah itu diolah oleh perangkat  Xbee untuk dikirim ke perangkat receiver. Sedangkan pada unit  receiver terdiri dari perangkat Xbee yang bekerja sebagai penerima data yang diolah oleh arduino selanjutnya ditampilkan di LCD. Perangkat ESP8266 berfungsi sebagai penghubung internet. Dari perangkat ini data yang telah didapatkan akan dikirim ke database menggunakan internet. Kemudian dapat  dilihat di aplikasi web yang telah dibuat.Hasil rancangan menunjukkan sistem dapat digunakan untuk memonitoring kualitas air tambak udang dengan memberikan informasi yang relevan. Setelah dilakukan pengujian  sensor dan kalibrasi sensor maka didapatkan rata-rata tingkat akurasi sensor suhu mencapai 97,75%, sensor pH mencapai 98,84% dan sensor kekeruhan mencapai 99,73%.

 

Kata Kunci : Udang Vannamei, kualitas air, sensor, Wireless Sensor Network   

Article Details

How to Cite
[1]
Z. Zainuddin, A. Azis, and R. Idris, “Sistem Monitoring Kualitas Air Pada Budidaya Udang Vannamae Berbasis Wireless Sensor Network Di Dusun Taipa Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar”, INSYPRO, vol. 3, no. 2, Nov. 2018.
Section
Vol.3, No.2
Author Biography

Zaryanti Zainuddin, Universitas Fajar

Ketua Program Studi Teknik Elektro

References

Akbaidar, Gesty Ayu, JokoDaryono. 2013. Penerapan Manajemen Kesehatan Budidaya Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) Di Sentra Budidaya Udang Desa Sidodadi Dan Desa Gebang Kabupaten Pesawaran. Lampung : Fakultas Pertanian Universitas Lampung.
Amani, Fauzi & Kiki Prawiroredjo. 2016. Alat ukur kualitas air minum dengan pemantau pH, suhu, tingkat kekeruhan dan jumlah padatan terlarut. JETri, Vol. 14 Nomor 1 : 49-62.
Astria, Subito M & Nugraha D.W. 2014. Rancang Bangun Alat Ukur pH dan Suhu Berbasis SMS Gateway. Sulawesi Tengah : Universitas Tadulako.
Athirah, Assadiah, dkk. Arduino’s Spyder Robot with IR Receiver. Universitas Sriwijaya.
Dinata, Irwan & Wahri Sunanda. 2015. Implementasi Wireless Monitoring Energi Listrik Berbasis Web Database. Jurnal Nasional Teknik Elektro, Vol.4 No.1, ISSN : 2302-2949.
Diza K, Vanda, Zulhelmi & Mohd, Syaryadhi. 2017. Monitoring Suhu dan Kelembapan Menggunakan Mikrokontroler ATM Mega 328 Pada Proses Dekomposisi Pupuk Kompos. KITENTRO Jurnal Online Teknik Elektro, Vol.2 No.3 : 91-98.
Eka, Fajar. 2017. Kontrol dan Monitoring dengan Modul ESP8266 serta Sensor Thinkspeak. Balikpapan : Politeknik Negeri Balikpapan.
Haliman & P.Adijaya S. 2005. Udang Vannamei Penebar Swadaya. Jakarta
Hasta & Rulliyanto. 2015. Aplikasi Teknologi Komunikasi Wireless Berbasis Zigbee Pada Sistem Kontrol Dan Monitoring Ruangan Kelas. Jurnal Ilmiah GIGA, Volume 18 (1) : 70-81.
Idris, Mhd & Indra Jaya. 2014. Pengembangan Data Logger Suhu Air Berbiaya Rendah. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan, Vol.5 No.1 :95-18.
Kordi, Ghufron & Tancung Andi Baso. 2005. Pengelolaan Kualitas Air Dalam Budidaya Perairan. Jakarta : Rineka Cipta.
Maulana, Yudi Yulius, Goib Wiranto & Dayat Kurniyawan. 2016. Online Water Quality Monitoring In Shrimp Aquaculture Based On WSN And IoT. INKOM, Vol.10 No.2 : 81-86.
Multazam, A.Emil & Zulfajri Basri Hasanuddin. 2017. Sistem Monitoring Kualitas Air Tambak Udang Vanname. Jurnal IT, Volume 8 No.2.
Nurazizah, Ellia, Mohammad Ramdhani &Achmad Risal. 2017. Rancang Bangun Termometer Digital Berbasis Sensor DS18B20 Untuk Penyandang Tuna Netra. E-proceeding of Engineering, Vol.4 No.3:3294.
Nuriman, Raja Farhan, Rozeff Pramana & Deny Nusyirwan. Perancangan Sistem Monitoring pH Air Berbasis Internet di PDAM Tirta Kepri.
Palit, Randi V, Yaulie D.Y.Rinedengan dan Arie S.M Lumenta. 2015. Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web di Jemaat GMIM Bukit Maria Malalayang. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, Vol.4 No.7, ISSN:2301-8402.
Pratama, I Putu Agus Eka & Sinung Suakanto. 2015. Wireless Sensor Network. Bandung : Penerbit Informatika.
Rusmiyati, Sry. 2015. Menjala Rupiah dengan Budidaya Udang Vannamei.Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Sayekti, Ilham. 2013. Bel Pemanggil Perawat Berbasis Wireless Menggunakan Xbee. JTET, ISSN : 2252-4908, Vol.2 No.3 : 174-180.
Trismawarti, Ike & Agus Nawang. 2012. Pemantauan Kualitas Air Pada Pemeliharaan Udang Vannamei (Litopenaeus Vannamei) di Tambak Dengan Sistem Tradisional Plus. Prosiding Indoaqua Forum Inovasi Teknologi Akuakultur. Sulawesi Selatan.
Zainuddin, Zaryanti. 2015. Pemodelan Sistem Komunikasi Wireless Sensor Network Untuk Deteksi Dini Bencana Longsor. Prosiding Seminar Nasional Teknik Ketenagalistrikan dan Teknologi Informasi : Hal.129 ISSN :978-602-73022-0-4. Makassar, 5-6 Juni 2015 : Universitas Muslim Indonesia.