SISTEM INFORMASI PRODUKSI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH PADA ZAHROH BAROKAH

Main Article Content

Herlina Widiastuti
Azizah Fatmawati

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan. Zahroh Barokah adalah salah satu contoh UMKM yang bergerak dibidang makanan ringan yang mempunyai beberapa kendala dalam memproses pendataan produksi makanan serta laporan yang masih dikerjakan secara manual dengan menggunakan media kertas yang gampang hilang dan rusak. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan sistem informasi produksi UMKM pada Zahroh Barokah. Metode yang digunakan dalam sistem ini menggunakan metode waterfall, meliputi kebutuhan analisis kebutuhan, desain, pemrograman, pengujian dan  implementasi. Hasil dari sistem informasi produksi pada Zahroh Barokah ialah membantu dalam pengelolaan data pemasukan dan pengeluaran suatu produksi dagang dengan waktu yang efektif dan mempermudah dalam proses pencetakan laporan data secara efesien. Berdasarkan pengujian black box, sistem berjalan sesuai dengan fungsinya. Kemudian hasil pengujian System usability Scale (SUS) memperoleh rata-rata nilai 74  dan dapat disimpulkan bahwa nilai sistem berada pada kategori yang baik dan dapat diterima oleh pengguna.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Widiastuti and A. Fatmawati, “SISTEM INFORMASI PRODUKSI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH PADA ZAHROH BAROKAH”, INSYPRO, vol. 4, no. 2, Nov. 2019.
Section
Vol.4, No.2

References

Daud, R. & Windana, V. M. (2014). Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas Berbasis Komputer pada Perusahaan Kecil ( Studi Kasus pada PT. Trust Tecnology).
Stale, G. & Majors, I. (2010). Applying knowledge Manajement methods and enterprise modelling solution to the IT “ecosystem” for continuing education in SME’s. Dubai: Digital Ec osystems and Tecnologies (DEST), 2010 4th IEEE International Conference.
Wisswani, N. W. (2016). Prototype Teknologi Rantai Informasi Berbasis Web Bagi UMKM.
Andriani, L., Atmadja, A. T., & Sinarwati, N. K. (2014). Jurusan Akuntansi Program S1. Analisis Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis Sak Etap Pada Usaha Mikro Kecil Menengah ( Umkm ) ( Sebuah Studi Intrepetatif Pada Peggy Salon ), 1.
Susanto, R., & Andriana, A. D. (n.d.) (2016). Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi.
Saputra, D., & Febrianto,D. (2014). Sistem Informasi Pencatatan Hutang Piutang pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus: Burjo Sahabat).
Z. Sharfina and H. B. Santoso, “An Indonesian adaptation of the System Usability Scale (SUS),” in International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2016, 2017, pp. 145–148.
Fatmawati, A., & Fitri, K.U. (2019). Sistem Informasi Pelanggan pada Bengkel Marno Jaya Motor.
Wahyunningrum, T., & Januarita, D. (2015). Implementasi dan Pengujian Web E-commerce untuk Produk Unggulan Desa.