Pemerolehan Bahasa Asing Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Pemerolehan Bahasa Arab)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mejelaskan maksud dari pemerolehan bahasa kedua, mengungkap perbedaan proses pemerolehan bahasa pertama dan kedua, menerangkan tahapan pemerolehan bahasa kedua, dan teori pemerolehan bahasa kedua. Tujuan ini dibuktikan melalui analisis data yang bersifat deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dari sumber data primer dan dianalisis secara logis berdasarkan penalaran logika induktif. Hasil penelitian menunjukkan Pakar bahasa berbeda pandangan dalam membedakan antara bahasa kedua (second language) dan bahasa asing (foreign language). Ada yang membedakan antara keduanya dan ada yang berpendapat bahwa kedua istilah tersebut tidak memiliki perbedaan. Perbedaan proses pemerolehan bahasa pertama dan kedua dapat dilihat dari karakteristik masing-masing baik secara natural maupun secara terstruktur dan terorganisir. Tahapan pemerolehan bahasa kedua melalui lima tahapan diantaranya: preproduksi, produksi awal, bicara awal, fasih menengah, dan mahir. Teori pemerolehan bahasa kedua terdiri dari Teori Behaviorisme, Teori Innatenes/ Nativisme, Teori Akulturasi, Teori Akomodasi, Teori Wacana (Discourse), Teori Monitor, Teori Kompetensi Variabel, Teori Hipotesis Universal, Teori Neurofungsional, Teori Interbahasa (Interlanguage). Tentunya tulisan ini dapat berkontribusi dalam memudahkan pemerolehan bahasa asing terutama bahasa Arab di lembaga pendidikan.
References
Akbar, Muh. Rijalul, ‘Teori Pemerolehan Bahasa Anak (Pengertian Dan Jenisnya)’, RIJAL AKBAR, 2019 <https://www.rijalakbar.id/2019/06/teori-pemerolehan-bahasa-anak.html>
Al-’Ushailiy, Abdul Aziz bin Ibrahim, ’Ilm Al-Lughah Al-Nafsiy (Riyadh: Jami’ah al-Imam Muhammad bin Su’ud al-Islamiyah, 2006)
Chaer, Abdul, and Nana Jumhana, ‘Pemerolehan Bahasa Pada Anak’, Al-Ittijah Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 6.2 (2014), 109–28
Hartati, Tatat, ‘Pemerolehan Dan Perkembangan Bahasa Anak’, Universitas Pendidikan Indonesia (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia)
Krashen, Stephen D., Second Acquisition And Second Language Learning (University of Southern California: Pergamon Press Inc, 1981)
L., Selinker, Interlanguage: International Review of Applied Linguistics, 1972
Markee, Numa, Conversation Analysis Second Language Acquisition Research (Lawrence Erlbaum Associates: Inc, 2000)
Mudini, Muhammad Nasir, Mulyadi, and Anggraini, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (SMP) (Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016)
Musfiroh, Tadkiroatun, Pemerolehan Bahasa Kedua ( Kasus Berbahasa Jawa Di TK ), Tempel, 2004
Ryeo, Park Jin, ‘Pemerolehan Bahasa Kedua (Bahasa Indonesia) Pada Anak Usia 2 Tahun’, Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 1.1 (2019), 15–28 <https://doi.org/10.52217/ksatra.v1i1.6>
Syahid, Ahmad Habibi, ‘Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Teoretis Pemerolehan Bahasa Arab Pada Siswa Non-Native)’, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2.1 (2015), 86–97
———, ‘Kepribadian Ekstrovert-Introvert Dan Pemerolehan Bahasa Kedua Perspektif Psikolinguistik Pada Santri Pondok Modern’, Al-Qalam Jurnal Kajian Keislaman, 31.2 (2014), 399–426
Syamsiyah, Dailatus, ‘Analisis Deskriptif Teori Pemerolehan Bahasa Kedua’, Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 6.2 (2017), 59–80
Tarigan, Henry Guntur, Pengajaran Pemerolehan Bahasa (Bandung: Angkasa, 2011)
Tono, Yukio, ‘The Role of Learner Corpora in SLA Research and Foreign Language Teaching: The Multiple Comparison Approach’ (Lancaster University, 2002)