THE INFLUENCE OF IMPLEMENTING AUDIO VISUAL-ASSISTED QUANTUM TEACHING LEARNING MODELS ON STUDENTS' MOTIVATION AND IPS LEARNING OUTCOMES IN CLASS VI SDN PANNYIKOKANG II, MAKASSAR CITY

  • Resamalia Aguslimayanti Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Nursalam Nursalam Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Sulfasyah Sulfasyah Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini tentang pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar IPS peserta didik di kelas VI SDN Pannyikokkang II Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi yakni seluruh murid kelas VI yang berjumlah 35, sampel yakni 19 murid kelas VIa dan 18 murid kelas VIb. Teknik pengumpulan data yakni Tes awal (pretest), Tindakan (treatment) dan Tes akhir (posttest). Teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y1 ditunjukkan dengan 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu sebesar 4,162 > 1,68957 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu, variabel X berpengaruh terhadap variabel Y2 ditunjukkan dengan 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu sebesar 4,512> 1,68957 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kelas terhadap motivasi dan hasil belajar IPS di kelas VI SDN Pannyikokkang II Kota Makassar

Diterbitkan
2024-01-04
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 70 times