Pengaruh Tepung Apu-apu (Pistia stratiotes) terhadap Performans dan Pendapatan Ayam Kampung Super

  • Astati Astati Universitas Islam Negeri alauddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh level pemberian tepung apu-apu (Pistia stratiotes) terhadap performance dan nilai ekonomi ayam kampung super. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap 5 perlakuan dan 3 ulangan. Parameter dalam penelitian ini yaitu pertambahan bobot badan, konsumsi pakan, dan konversi pakan. Penelitian menggunakan ayam kampung super umur 2 bulan sebanyak 45 ekor, yang diberi pakan standar dengan penambahan tepung apu-apu (Pistia stratiotes) 5-20% selama 4 minggu. Data dianalisis dengan menggunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian level tepung apu-apu (Pistia stratiotes) tidak berpengaruh nyata  terhadap performans dan nilai IOFC ayam kampung super.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aman, Y. 2011. Ayam Kampung Unggul. Penebar Swadaya, Jakarta.

Handayani, A. 2017. Penambahan tepung kunyit (Curcuma domestica) dalam ransum terhadap performans itik hibrida fase grower. Skripsi. Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan. Universitas Nusantara PGRI, Kediri.

Muslim, D. 1990. Memelihara Ayam Kampung Sistem Battery. Kanisius, Yogyakarta.

Murtidjo, B.A. 2006. Pedoman Meramu Pakan Unggas. Kanisius, Yogyakarta.

Prayitno, D. S dan Sugiharto. 2015. Kesejahteraan dan Metode Penelitian Tingkah Laku Unggas. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Published
2019-12-02
How to Cite
Astati, A. (2019). Pengaruh Tepung Apu-apu (Pistia stratiotes) terhadap Performans dan Pendapatan Ayam Kampung Super. Jurnal Ilmu Dan Industri Peternakan , 5(1), 21-26. https://doi.org/10.24252/jiip.v5i1.11301
Section
Table of contents
Abstract viewed = 1205 times