Pola Pemasaran Ternak Kuda di Pasar Hewan Tolo Kabupaten Jeneponto

  • Handayani Indah Susanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ayu Lestari Department of Animal Science, Faculty of Science and Technology
    (ID)
  • Anas Qurniawan Department of Animal Science, Faculty of Science and Technology
  • Suci Ananda Department of Animal Science, Faculty of Science and Technology
    (ID)
  • Khaifah Asgaf Department of Animal Science, Faculty of Science and Technology
    (ID)
  • Muhammad Nur Hidayat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Pasar Ternak Kuda, Tolo, Jeneponto, Nilai Share

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui rantai pemasaran ternak kuda di Pasar Hewan Tolo, Kabupaten Jeneponto. Penentuan data dilakukan dengan metoda survey lapang dipasar hewan dengan wawancara terhadap 10 peternak, 8 pedagang pengumpul, 2 pedagang besar, 10 pedagang pengecer dan 3 konsumen ternak kuda. Data primer dan data sekunder yang digunakan dianalisis secara diskriptif dan kuantitatif dengan analisis margin pemasaran dan share harga. Hasil Penelitian menunjukkan rantai pemasaran ternak kuda mempunyai 3 (tiga) mata rantai hingga pada konsumen akhir. Rantai pemasaran menentukan nilai share dengan keuntungan yang berbeda, diperoleh rantai pemasaran I pedagang besar nilai share sebesar 0,6%/ekor, rantai pemasaran II pedagang pengecer nilai share sebesar 0,8%/ekor dan rantai pemasaran III pedagang pengumpul nilai share sebesar 7,2%/ekor. Semakin pendek saluran pemasaran yang terjadi maka semakin besar nilai share yang diperoleh lembaga pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Handayani Indah Susanti, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Department of Animal Science, Faculty of Science and Technology

References

Arbi, M., Thirtawati, dan Junaidi, Y. 2018. Analisis dan tingkat efisiensi pemasaran beras semi organik di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 11(1), 22-32.

Ardillah, F., dan Hasan, F. 2020. Saluran, margin, dan efisiensi pemasaran bebek pedaging di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Agriscience, 1, 12–25.

Ayele, S., Zemedu, L., & Gebremdhin, B. 2017. Analysis of market structure, conduct and performance of beef cattle: The case of Dugda District, East Shoa Zone, Oromia Regional State, Ethiopia. Journal of Biology, Agriculture and Healthcare, 7, 5–11.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jeneponto. 2020. Kabupaten Jeneponto Dalam Angka. Jeneponto. Badan Pusat Statistik.

Bassa, Z and Woldeamanuel, T. 2018. Market structure conduct and performance of live cattle in borana pastoral area: The Case of Moyalle District, Oromiya Regional State. Current Investigations in Agriculture and Current Research, 4(3), 542–548.

Bhanot, D., Kathuria, V., and Das, D. 2021. Can Institutional Innovations in Agri-Marketing Channels Alleviate Distress Selling? Evidence from India. World Development, 137, 105202.

Direktorat Jenderal Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. 2020. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan. Retrieved from https://ditjenpkh.pertanian.go.id.

Kadir, S. 2011. Preferensi konsumen terhadap hasil olahan daging kuda di Makassar. Jurnal AGRIBISNIS, X(3), 49-57.

Li, C., Swaminathan, S., and Kim, J. 2021. The role of marketing channels in consumers’ promotional point redemption decisions. Journal of Business Research, 125, 314–323.

Mastuti, R., Nisa, D.H., Indra, S.B., Gustiana, C., dan Jamil, M. 2021. Efisiensi Pemasaran daging sapi di Kota Langsa. Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia, 6(2), 66–70.

Noach, Y. R., dan Lalus, M.F. 2020. Analisis indeks koneksi pasar dan distribusi margin pada lembaga-lembaga pemasaran ternak sapi potong di Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur Indonesia. Jurnal Agribisnis Lahan Kering, 5(1), 13–16.

Prasetyo, D., Sari, A.I., Emawati, S., Rahayu, E. T., dan Purnomo, S. H. 2015. Analisis pemasaran ternak sapi potong di Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Sains Peternakan, 13(2), 65–72.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. Malang, UMM Press.

Tiesnamurti, B. 2020. Prospek peternakan di era normal baru pasca pandemi covid-19: pemanfaatan berkelanjutan sumberdaya genetik ternak sebagai penyedia pangan hewani. Prosiding Seminar Teknologi Dan Agribisnis Peternakan, 1–40.

Wibow, B., Rusdiana, S dan Adiati, U. 2016. Pemasaran Ternak Domba di Pasar Hewan Palasari Kabupaten Indramayu. Jurnal Agriekonomika, 5(1), 85–93.

Published
2021-12-31
How to Cite
Susanti, H. I., Lestari, A., Qurniawan, A., Ananda, S., Asgaf, K., & Hidayat, M. N. (2021). Pola Pemasaran Ternak Kuda di Pasar Hewan Tolo Kabupaten Jeneponto. Jurnal Ilmu Dan Industri Peternakan , 7(2), 144-158. https://doi.org/10.24252/jiip.v7i2.23564
Section
Article
Abstract viewed = 668 times