Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Ayam Broiler dan Ayam Buras di Desa Gareccing Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen dalam membeli ayam broiler dan ayam buras dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelianayam broiler dan ayam buras. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2016 di Desa Gareccing Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai, denganmengambil sampel sebanyak 85 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan harga ayamtidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap frekuensi pembelian ayambroiler. Namun, pendapatan memberikan pengaruh yang signifikan terhadapfrekuensi pembelian ayam broiler di Desa Gareccing Kecamatan Sinjai SelatanKabupaten Sinjai, sedangkan faktor-faktor yang memberikan pengaruh signifikan terhadap frekuensi pembelian ayam buras diberikan oleh variabel pendapatan danharga ayam di Desa Gareccing Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai.
Downloads
References
Abidin, Z. 2002. Meningkatkan Produktivitas Ayam Ras Pedaging. AgroMedia Pustaka, Jakarta.
Anonim, 2015. Beternak Ayam Pedaging. Aksi Agraris Kanisius, Yogyakarta.
Astawan, M. 2004. Mengapa Kita Perlu Makan Daging. Departemen Teknologi Pangan dan Gizi, IPB. http://www.gizi.net (diakses pada Tanggal 2 Juni 2014).
Burhanudin, A. 2011. Analisis Perilaku Konsumen pada Pembelian Daging Ayam Ras (Broiler Chicken) Di Pasar Traditional dan Pasar Modern Kota Jember. Skripsi: Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Universitas Jember.
Dwiastuti, A., Shinta R., dan Isaskar. 2012. Ilmu Perilaku Konsumen. Universitas Brawijaya Press, Malang.
Endang, W. 2006. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Toyota Kijang (Study Kasus pada PT. Nasmoco Kaligawe Semarang). Universitas Semarang, Semarang.
Engel, J.F. 1994. Perilaku Konsumen. Terjemahan. Budiyanto: Binarupa Aksara, Jakarta.
Fuad, Y. 1992. Usaha Peternakan Ayam Potong (Memproduksi Daging Ayam). Edisi 1. Akademika Persindo, Jakarta.
Hartono, A.H.S. 1999. Beternak Ayam pedaging Super. CV. Gunung Mas, Pekalongan.
Ita, P. 2013. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Kepasan Konsumen. Fakultas Ekonomi Universitas Semarang, Semarang
Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Salemba Empat, Jakarta.
Lamb, W. C. 2000.Pemasaran Buku 1. PT. Salemba Emba Patria, Jakarta.
Lutfiah, S. 2006. Analisis Perilaku konsumen pada Pembelian Daging Ayam di Kabupaten Jember. Skripsi; Fakultas Pertanian Universitas Jember. Jember.
Rasyaf, M. 1998. Beternak Ayam Kampung. Penebar Swadaya, Jakarta.
Sarwono. B. 1996. Beternak Ayam Buras Pedaging dan Petelur. Edisi Revisi, Jakarta.
Simamora, B. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sugiyono. 2000. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.
Sumarwan,U. 2002. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasarannya. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Sunarto. 2006. Perilaku Konsumen. Penerbit Amus, Yogyakarta.
Supraptini, M.S. 1985. Pengkajian Sifat-Sifat Produksi Ayam Kampung serta Persilangannya dengan Rhode Island Red. Disertasi. Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Umar, H. 2003. Riset Perilaku Konsumen Jasa. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan (JIIP) is published under the terms of the Creative Commons Attribution license. Authors retain the copyright to their work. Users may read, copy and distribute the work in any medium provided the authors and the journal are appropriately credited.