HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA DAN PENDIDIKAN PERAWAT DENGAN KUALITAS DOKUMENTASI KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RS PELABUHAN JAKARTA TAHUN 2001

  • Silvana Evi Linda
    (ID)

Abstract

Beban kerja keperawatan adalah seluruh tindakan keperawatan yang dilakukan oleh perawat, dimana tindakan ini sangat dipengaruhi oleh tingkat ketergantungan dan jumlah klien. Semakin banyak tindakan atau prosedur kepada klien, maka semakin berat pula beban kerja perawat dan hal ini akan mempengaruhi hasil kerja mereka Salah satu hasil kerja perawat dapat dilihat dari kualitas dokumentasi yang dihasilkan.
Beban kerja perawat dapat diukur dengan pendekatan time-and-motion yaitu mengobservasi langsung waktu yang dipergunakan perawat dalam menyelesaikan seluruh kegiatan asuhan keperawatan dalam satu shift. Sedangkan kualitas dokumentasi dapat diukur dengan menilai kualitas dokumentasi/catatan yang dibuat oleh setiap perawat. Penelitian ini merupakan analisis asosiasi dengan rancangan cross sectional yang bertujuan untuk melihat hubungan beban kerja perawat dengan kualitas dokumentasi keperawatan pada setiap shit.
Penelitian dilakukan di RS Pelabuhan Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 25 perawat atau 75 observasi (25 perawat X 3 shit). Instrumen pengumpulan data beban kerja dirancang dengan mendiskripsikan tindakan keperawatan, sedangkan instrumen kualitas dokumentasi dimodifikasi dari instrumen Dep.Kes RI Hasil Uji korelasi pearson menunjukan pendidikan perawat berhubungan secara signifikan dengan kualitas dokumentasi pada shit malam. Sedangkan hubungan beban kerja Perawat dengan kualitas dokumentasi berhubungan secara signifikan hanya pada shit pagi. Saran yang dianjurkan adalah agar penelitian lebih lanjut dilakukan dengan sampel yang lebih besar serta menggunakan hasil penelitian ini untuk pembenahan pelayanan keperawatan khususnya yang terkait dengan pendokumentasian dan pengaturan beban kerja perawat guna menghasilkan pelayanan yang berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar. A. (1996). Menjaga mutu pelayanan kesehatan. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Cardona : P.8 Tappen RM & Tertill M et.al (1997). Nursing staff time allocation in long-term care. Awork sampling study. The Tournal of Nursing Administration. 27 (2) 28- 36.

Chagnon. MA. (1979). A patien classifition system by level of nursing care Requarement. Nursing Research. 27 (2) 107-113

Dep Kes, (1999). Indonesia sehat 2010 : Visi baru,Misi Kebijakan dan Strategi Pembangunan Kes.Jakarta: Dep.Kes

Dep Kes, (1999). Pedoman akreditasi rumah sakit. Jakarta : Dep. Kes

Douglass. L. (1984). The effective nurse leader and manager. Second Edition. Toronto : L The CV. Mousby Company.

Gibson, J.L. , Ivancevich dan Donnelly ( 1987 ).Organisasi dan manajemen Perilaku,Perilaku,Struktur,Proses.Jakarta: Erlangga

Green L.W. (1980). Perencanaan pendidikan kesehatan; Sebuah pendekatan diagnostik . Diterjemahkan oleh Zarfiel T, Zulazmi dan Sudarti K. Proyek Pengembangan FKM UI.

Giebing. H & Marr. H. (1994). Quality assurance in nursing concept, Methods and case studies. Ediburg: Campions Press Limited

Gillies. G.A. (1994). Nursing management a system approach. Third Edition. Philadelphia: WB. Saunders Company.

Gray A. & Kron. T (1987). The management of patient care putting leadership skills to work. Philadelphia: W.B. Saunders Company.

Hendrickson. G & Doddato TM & Kovner CT. (1990) How do nurses use the time ? Journal Nurses Administration. 20 (3). 31 — 37.

Humam C (1996). A Shift in time.Nursing standard. 38 (10) 23 — 24.

ILO (1986), Penelitian kerja dan produktifitas, Cetakan ke-2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ilyas. Y. (2000). Perencanaan SDM rumah sakit teori, metode dan formula. Jakarta 1 Universitas Indonesia.

Iyer P.W. & Camp. N.H. (1995). Nursing documentation a nursing process approach. St. Louis : Mosby.

Kozier & Wilkinson (1995). Fundamentals of nursing concepts, process and practice. Fifth Edition California : Addison Wesley.

Loveridge. CE. & Cumming S.H. (1996). Nursing management in the new paradigm. Maryland : An Aspen Publication.

Marquis. B. & Huston C.J (12000) Leadership roles and management function in nursing. Theory and Application. Third edition, Philadelphia : Lippin cott company.

Murray. M.E.G. & Dicroce. HR. (1997). Leadership and management in nursing, Stanford : Appeton & Lange.

Pahneuf, MC (1976). The Nursing audit -self regulation in nursing practice. New York. Appleton century — croffts

JF FKIK UINAM Vol.II Juli-Desember 2017

Polit. D & Hungler, B (1999). Nursing research. principles and methode. Philadelphia : Lippineotf company.

Pozgar. NS & Pozgar. GD. (1996). Legal aspect of health care administration. Maryland. New Iersey : A Simon & Schuster Company.

PPNI. (1999) Keperawatan dan praktik keperawatan. Jakarta.

Rumah Sakit Pelabuhan.(2000). Laporan tahunan RS. Pelabuhan. Jakarta : RS Pelabuhan

Schemle J A. (1996). Quality management in nursing and health care. New York : Delmer Publisher.

Siagian S.P. (2000), Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Swanburg & Swasnburg (1999) Introductory management and leadership for nurse. Second Edition. Toronto Canada : Jones and Barflett Publisher. Inc.

.

Abstract viewed = 725 times