Sosialisasi Pendekatan Inkuiri Terbimbing dan Pendekatan Saintifik dalam Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis bagi peserta didik sangat penting diperhatikan agar mampu menyelesaikan soal-soal matematika. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya agar pendekatan agar meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta dididk pada kelas VII di SMP Wahyu Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Wahyu Makassar yang terdiri dari 5 kelas, dengan penyebaran yang homogen. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengolahan data dan analisis data adalah statistik deskriptif dan statistk inferensial yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis uji sample t test. Setelah diberikan perlakuan pada kedua kelompok dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta dididk pada kelas VII di SMP Wahyu Makassar. Sehingga memberikan kontribusi pada sekolah tersebut terkait pendekatan-pendekatan pembelajaran yang mampu menfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
Downloads
References
Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643
Gani, R. A. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri Model Alberta terhadap Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan, 2(2).
Hayati, L., & Mulyani, M. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pijar Mipa, 14(1), 44–49. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i1.998
Heryan, U., & Zamzaili, Z. (2018). Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94–106.
Hidayat, A. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Peningkatan Prestasi Belajar Kelas IB SD N 1 Bantul Tahun Ajaran 2013-2014. UIN Sunan Kalijaga.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Cet. I). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Karim, A., Savitri, D., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17
Muhajirin, M. (2010). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk MeningkatkanKemampuan Berfikir Kretif Siswa SMP. Universitas Muhammadiyyah Surakarta.
Nirmala, B. A. P., Juliangkary, E., & Yuliyanti, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 17 Mataram dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Inquiry Pada Pokok Bahasan Segitiga. Media Pendidikan Matematika, 4(2), 54–56. https://doi.org/10.33394/mpm.v4i2.370
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1214–1223.
OECD. (2018). Programme For International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saragih, S. (2017). Developing Learning Model Based on Local Culture and Instrument for Mathematical Higher Order Thinking Ability International Education Studies. Canadian Center of Science, 10(6). https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p114
Shadiq. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Siregar, R. N., Mujib, A., Hasratuddin, & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 4(1), 56–62. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338
Slameto. (2009). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjend Dikti Depdiknas.
Suarni, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing di SDN 05 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1406
Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
Suparman. (2014). Desain Instruksional Modern, Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan (Cet. IV). Jakarta: Erlangga.
Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: Leuser Cipta Pustaka.
Wahyudin. (2008). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Universitas Pendidikan Indonesia.
Zagoto, M. M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 3(1), 53–57.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).