Penerapan Kegiatan Kolase Setelah Menjiplak di Atas Sketsa Bergambar untuk Meningkatkan Aspek Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas

  • Ahmad Afiif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Bunga Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Besse Marjani Alwi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurkhalisah Latuconsinah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hasnawati Sade TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas Cabang Karunrung Kota Makassar
    (ID)
Keywords: Collage, Tracing, Fine motor

Abstract

The importance of increasing fine motor development in early childhood so that children carry out motor movements and activate their eyes with interesting and unique activities. Fine motor development in children, especially tracing by pasting grains on the child's tracing results. This study aims to determine the extent to which aspects of children's motor development are improved by tracing activities and then the results of the child's tracings are attached with green beans and peanuts at the age of 4-5 years. This community service research in the form of service learning was conducted at Aisyiyah Bustanul Athfal II Kindergarten with a total of 5 children. The instruments used are animal sketches, observation sheets for children and evaluation of the implementation of the intervention. Data were analyzed using descriptive statistics. The results showed that children were able to trace through pictorial sketches, then green seeds and peanuts were attached to the tracing results. The findings in this study imply that by applying the collage activity after tracing, it can train children's fingers to choose the seeds to be pasted on top of the tracing.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitasari, Yuni. 2018. Hubungan Peran Oarng Tua TerhadapPerkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di TK Pancasila Kintelan Puri Mojokerto. PhD Thesis. Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

Arfiah, Rusmayadi, & Mattemmu, V. 2022. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Eksplorasi._Edustudent: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran. Vol 1(2).

Azizah, N., Muslihin, H., Y., & Rahman, T. 2022. Efektifitas Peningkatan Motorik Halus Pada Anak Usia Dinimelalui Media Kolase. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 7(1). Http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/PW.

Darmiatun, S., Mayar. F. 2020. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas, Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 4(1). DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.327.

Fauziah, D. N., & Syafrida, R. 2021. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, Vol 5(2), 130-141.

Fazira, S., Daulay, M., I, & Marleni L. 2018. Pengaruh Bermain Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Usia Dini. Journal On Early Childhood. Vol 1(1).

Fitri, D. H. A., & Mayar, F. 2020. Pelaksanaan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kolase di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 4(2).

Gusliati, P. 2019. Bentuk Kegiatan Pembelajran Seni Rupa Di Taman Kanak-Kanak Mutiara Ananda Padang. Jurnal pelita PAUD. Vol 4(1).

Hayati, Cucu (2018) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menjiplak. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. 2022. Media Pembelajaran Digital Untuk Stimulasi Motoric Halus Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 6(1).

Huda, R.,F., & Hayati, M. 2019. Permainan Kolase Untuk MeningkatkanMotorik Halus Pada Kelompok A Tk Muslimat NU Banjarmasin. Journal of Early Childhood Education (JECE). Vol 1(2).

Jubaedah, D., S, Wulansari, R., & Zahro, I., F. 2018. Penerapan Teknik Kolase Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Kegiatan Menggambar Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif. Vol 1(3).

Khodijah, S. 2022. Penerapan Latihan Motorik Halus Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Angka Pada Anak Tunadaksa Kelas Dasar I Di Slb Negeri Parepere.

Maghfuroh, L. 2020. Kolase Daun Kering Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Parasekolah. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan. Vol 5(2).

Prasetyowati, P. 2018. Analysis of Nutritional Status with Fine Motoric Development Children Age 48 – 60 Months. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai Vol 11(2). https://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JKM

Primayana, K. H. 2020. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya. Vol 4(1).

Pura, D. N., & Asnawati, A. 2019. Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol 4(2). Doi:https//doi.org./1033369/ji.

Sabri, M., & Indraswary, F. 2018. Perancangan Iklan Layanan Masyarakatan Tentang Perilaku Menjiplak Menggunakan Media Animasi 2 Dimensi. PROPORSI: Jurnal Desain, Mulitimedia Dan Industri Kreatif. Vol 4(1).

Suhaela, S., Habibi, M., & Astini, BN. 2022. Kreativitas Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Melalui Kolase Dengan Bahan Sintesis. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Anak Indonesia. Vol 3(1).

Sulistyowati, Dita. 2019. Keterlambatan Ayah Dalam Pemberian Stimulasi Tumbuh Kembang Pada Anak Prasekolah. JKEP. Vol 4(1).

Syamsi, N., Bachtiar, M.,Y., Yusri, M., & Ichsan, I.,R. 2022. Penerapan Teknik Kolase Dengan Media Nyata Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok-B. Edustudent: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran. Vol 1 (2).

Wandi, Z. N., & Mayar, F. 2019. Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 4(1).

Published
2023-01-26
How to Cite
Afiif, A., Bunga, Marjani Alwi, B., Latuconsinah, N., & Sade, H. (2023). Penerapan Kegiatan Kolase Setelah Menjiplak di Atas Sketsa Bergambar untuk Meningkatkan Aspek Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 11-19. https://doi.org/10.24252/khidmah.v3i1.30822
Section
Artikel
Abstract viewed = 231 times