Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Virtual/Digital sebagai Peningkatan Kompetensi Dosen
Abstrak
Pelatihan pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital bertujuan memberikan kompetensi tambahan kepada dosen dalam membuat media-media baru berbasis teknologi. Subyek pengabdian adalah Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar sebanyak 12 orang peserta dengan perwakilan dari beberapa prodi yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang disebar melalui google form. Sebanyak 75% peserta merasa pelatihan ini “sangat sesuai” dan 25% “sesuai” dengan kebutuhan peserta. Dari segi ketercakupan materi, 58,3% peserta memilih kategori “sangat mencakup” dan 41,7% lainnya pada kategori “mencakup”. Peserta pelatihan memiliki pemahaman pada kategori “sangat paham” dan “paham” serta kebermanfaatan materi pelatihan dengan 83,3% “sangat bermanfaat” dan 16,7% dengan kategori “bermanfaat”. Hasil survey tersebut menunjukkan kebutuhan yang tinggi dan sejauh apa aplikasi yang diperoleh oleh peserta pelatihan dalam meningkatkan kompetensinya sebagai dosen. Pelatihan ini diharapkan mampu menjadi acuan bagi dosen-dosen dalam melahirkan output berupa media-media pembelajaran yang lebih mutakhir sehingga meningkatkan pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Alam, Y. (2018). Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 16(1), 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.29259/jmbs.v16i1.6244
Faris, S. (2020). Pengaruh Kompetensi, Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Dosen Tetap Pada universitas Prima Indonesia. Agriprimatech, 4(1), 16–24. https://doi.org/https://doi.org/10.34012/agriprimatech.v4i1.1317
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1). http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/57 1
Hamalik, O. (1986). Media Pendidikan. In Citra Aditya Bakti. Citra Aditya Bakti.
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, 58 (2015). http://kopertis3.or.id/v2/wp-
content/uploads/PERMENRISTEKDIKTI-NOMOR-44-TAHUN-2015- TENTANG-SNPT-SALINAN.pdf
Musfah, J. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru: melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Kencana.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1).
Pulungan, D. R., & Arda, M. (2019). Kompetensi Dosen dan Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2), 115–124. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fliabilities.v2i2.3288
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://eric.ed.gov/?id=EJ1244451
Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh kompetensi pedagogik dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 375-387. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i2.380
Sadiman, Arief S. (1984). Media Pembelajaran, Pengertian, Pengembangan, dan Penempatan. Jakarta: Rajawali.
Setiawan, I. P., Liong, H., & Sani, A. (2020). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Dosen pada STIA Al-Gazali Barru Kabupaten Barru. Jurnal Mirai Management, 5(3), 213–224. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai
Sudirman, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris bagi Dosen-dosen Unma Banten melalui Pelatihan “TOEFL Strategies and Predictions.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 271–278. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.202051.441
Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran, Sinar Baru Algensindo: Bandung, cet. X.
Takrim, M., & Mikkael, R. H. (2020). Pengaruh Kompetensi Dosen, Motivasi, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Economics and Digital Business Review, 1(2), 100–111. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/ecotal.v1i2.14
Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara (2003).
Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). Dampak Pandemi Covid19 terhadap Pemanfaatan E Learning. Jurnal Dimensi, 9(2), 307–322. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/viewFile/25 43/1790
Winata, H. (2017). Media Pembelajaran Mempunyai Pengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(1), 27–33. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14606
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).