Aplikasi Kerja Laboratorium Mahasiswa (Aklam) di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) School Gowa Kab. Gowa
Abstrak
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan pengajaran. Untuk dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang kondusif dan mampu mengembangkan hasil belajar yang efektif merupakan tugas dan kewajiban guru sebagai pengajar pendidikan. Oleh karena itu guru secara langsung berupaya mempengaruhi, membina dan mengembangkan kemampuan siswa agar menjadi manusia yang cerdas dan terampil. Pada hakekatnya praktikum merupakan pembuktian teori, siswa yang mengacu pada teori tanpa ada penguatan melalui praktikum, akan… Pemahaman yang diperoleh melalui praktikum biasanya lebih berkesan dan lebih bertahan lama, karena siswa terlibat langsung dalam kegiatan praktikum dan dapat membuktikannya sendiri teori yang diberikan oleh guru. Maka demikian Tim Asisten Laboratorium Pendidikan Fisika bermaksud melakukan kegiatan dengan judul Aplikasi Kerja Laboratorium Mahasiswa (AKLAM) di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Fityan School Gowa – Kab. Gowa, yang dirancang sebagai respon kreatif terhadap peningkatan nilai bijak menuju profesionalisme pendidikan terhadap situasional pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan selama empat hari pelaksanaan dengan membantu tugas Kepala Laboratorium dan Pengelola Laboratorium IPA untuk memperbaiki dan melengkapi administrasi yang berkaitan dengan laboratorium. Mampu meningkatkan pengetahuan siswa tentang gejala global warming, praktikum fisika sekolah lanjutan partama, koordinasi Pendataan barang praktikum sekolah, dan pelengkapan administrasi laboratorium sekolah serta peningkatan kualitas pembelajaran praktikum tim asisten laboratorium Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar jenjang S-1 agar sesuai dengan standar nasional pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan bagi mahasiswa Pendidikan Fisika Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar kedepannya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ekosari, L.Q., Prihandono, T., Lesmono, A.D. (2018). Analisis Efektivitas Laboratorium Fisika dalam Pembelajaran Fisika SMA dan Kesesuaiannya dengan Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, Universitas Jember, vol. 3, 173 – 177.
Hamid, Abu Ahmad. 2011. Sistem Manajemen Laboratorium MIPA. Yogyakarta:UNY
Kartisa, Nyoman 2013, Managemen Laboratorium Sekolah. Pudak Bandung
Katili, N.S., Sadia, I.W., Suma, K. (2013). Analisis Sarana dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Fisika Serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Jembrana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia , 3(2), 1 – 9.
Kuswanti, Nur. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII edisi 4. Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional: Jakarta
Rahayu, Yuni Sri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VIII edisi 4. Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional: Jakarta
Sari, C.P., Roza, L. (2020). Hasil Analisis Kebutuhan Pemanfaatan Laboratorium Fisika sebagai Penunjang Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika SNF2020, Universitas Negeri Jakarta, vol. 9, 7-13.
Said, Muh. 2010. Modul Praktikum Fisika Dasar. UIN Alauddin Makassar: Makassar
Suhardiman (2015), Analisis Kinerja Kepala laboratorium Kota Makassar
Suseno, N., Riswanto. (2017). Sistem Pengelolaan Laboratorium Fisika untuk Mewujudkan Pelaksanaan Praktikum yang Efisien. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 5 (1), 76 – 86.
Tim Penyusun Panduan Percobaan. 2008. Panduan Percobaan IPA Sekolah Menengah Pertama. AFLAH: Jakarta
Tim Pudak Scientific.2003. Panduan Contoh-contoh Percobaan untuk SMU, MA, dan sederajat.Pudak Scientific: Bandung
Vendamawan, R. (2015). Pengelolaan Laboratorium Kimia. Jurnal Metana: Media Komunikasi Rekayasa Proses dan Teknologi Tepat Guna, 11(2), 41 – 46.
Yanti, D.E.B., Subiki, Yushardi. (2016). Analisis Sarana dan Prasrana Laboratorium Fisika dan Intensitas Kegiatan Praktikum Fisika dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika SMA Negeri di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 41 – 46.
Wasis, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas IX edisi 4. Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional: Jakarta.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).