Aplikasi Kerja Laboratorium Mahasiswa (Aklam) di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) School Gowa Kab. Gowa

  • Suhardiman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh. Syihab Ikbal Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mukti Ali Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ulfia Annamira Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Pendidikan, Praktikum, Laboratorium

Abstrak

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan pengajaran. Untuk dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang kondusif dan mampu mengembangkan hasil belajar yang efektif merupakan tugas dan kewajiban guru sebagai pengajar pendidikan. Oleh karena itu guru secara langsung berupaya mempengaruhi, membina dan mengembangkan kemampuan siswa agar menjadi manusia yang cerdas dan terampil. Pada hakekatnya praktikum merupakan pembuktian teori, siswa yang mengacu pada teori tanpa ada penguatan melalui praktikum, akan… Pemahaman yang diperoleh melalui praktikum biasanya lebih berkesan dan lebih bertahan lama, karena siswa terlibat langsung dalam kegiatan praktikum dan dapat membuktikannya sendiri teori yang diberikan oleh guru. Maka demikian Tim Asisten Laboratorium Pendidikan Fisika bermaksud melakukan kegiatan dengan judul Aplikasi Kerja Laboratorium Mahasiswa (AKLAM) di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Fityan School Gowa – Kab. Gowa, yang dirancang sebagai respon kreatif terhadap peningkatan nilai bijak menuju profesionalisme pendidikan terhadap situasional pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan selama empat hari pelaksanaan dengan membantu tugas Kepala Laboratorium dan Pengelola Laboratorium IPA untuk memperbaiki dan melengkapi administrasi yang berkaitan dengan laboratorium. Mampu meningkatkan pengetahuan siswa tentang gejala global warming, praktikum fisika sekolah lanjutan partama, koordinasi Pendataan barang praktikum sekolah, dan pelengkapan administrasi laboratorium sekolah serta peningkatan kualitas pembelajaran praktikum tim asisten laboratorium Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar jenjang S-1 agar sesuai dengan standar nasional pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan bagi mahasiswa Pendidikan Fisika Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar kedepannya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Pendidikan Fisika

Referensi

Ekosari, L.Q., Prihandono, T., Lesmono, A.D. (2018). Analisis Efektivitas Laboratorium Fisika dalam Pembelajaran Fisika SMA dan Kesesuaiannya dengan Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, Universitas Jember, vol. 3, 173 – 177.

Hamid, Abu Ahmad. 2011. Sistem Manajemen Laboratorium MIPA. Yogyakarta:UNY

Kartisa, Nyoman 2013, Managemen Laboratorium Sekolah. Pudak Bandung

Katili, N.S., Sadia, I.W., Suma, K. (2013). Analisis Sarana dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Fisika Serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Jembrana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia , 3(2), 1 – 9.

Kuswanti, Nur. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII edisi 4. Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional: Jakarta

Rahayu, Yuni Sri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VIII edisi 4. Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional: Jakarta

Sari, C.P., Roza, L. (2020). Hasil Analisis Kebutuhan Pemanfaatan Laboratorium Fisika sebagai Penunjang Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika SNF2020, Universitas Negeri Jakarta, vol. 9, 7-13.

Said, Muh. 2010. Modul Praktikum Fisika Dasar. UIN Alauddin Makassar: Makassar

Suhardiman (2015), Analisis Kinerja Kepala laboratorium Kota Makassar

Suseno, N., Riswanto. (2017). Sistem Pengelolaan Laboratorium Fisika untuk Mewujudkan Pelaksanaan Praktikum yang Efisien. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 5 (1), 76 – 86.

Tim Penyusun Panduan Percobaan. 2008. Panduan Percobaan IPA Sekolah Menengah Pertama. AFLAH: Jakarta

Tim Pudak Scientific.2003. Panduan Contoh-contoh Percobaan untuk SMU, MA, dan sederajat.Pudak Scientific: Bandung

Vendamawan, R. (2015). Pengelolaan Laboratorium Kimia. Jurnal Metana: Media Komunikasi Rekayasa Proses dan Teknologi Tepat Guna, 11(2), 41 – 46.

Yanti, D.E.B., Subiki, Yushardi. (2016). Analisis Sarana dan Prasrana Laboratorium Fisika dan Intensitas Kegiatan Praktikum Fisika dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika SMA Negeri di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 41 – 46.

Wasis, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas IX edisi 4. Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Diterbitkan
2023-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 133 times