Penerapan Media Pembelajaran Kreatif untuk Membantu Siswa Mengeja dan Membaca pada Kelas 1 SDN Pattingalloang 1 di Kota Makassar

  • Jaja Jamaluddin Universitas Bosowa
    (ID)
  • Andi Nisa Fisca Kirana Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Faidah Yusuf Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Nurfaizah Sahib Universitas Bosowa
    (ID)
  • St. Muriati Universitas Bosowa
    (ID)
  • Risna Asriviana SDN Pattingaloang 1 Kota Makassar
    (ID)
  • Nur Faidah SDN Pattingaloang 1 Kota Makassar
    (ID)
  • Rosmawati SDN Pattingaloang 1 Kota Makassar
    (ID)
  • St Hasniah SDN Pattingaloang 1 Kota Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Media Pembelajaran Kreatif, Mengeja, Membaca

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan membaca dan mengeja mereka. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, menggunakan papan informasi kreatif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui media pembelajaran kreatif, memberikan latihan mengeja yang menyenangkan dan interaktif termasuk penggunaan gambar, huruf, dan kata-kata yang harus diurutkan atau diselesaikan dengan benar untuk meningkatkan keterampilan mengeja, serta mendorong minat dan motivasi belajar. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan melalui penerapan media pembelajaran kreatif berupa papan huruf ternyata memiliki pengaruh positif dalam pengenalan huruf dan pengembangan keterampilan bahasa pada siswa kelas 1 SD Negeri Pattingaloang 1 Kota Makassar. Penggunaan media ini membantu menciptakan pengalaman pembelajaran yang interaktif, mengasyikkan, dan efektif, serta membantu siswa membangun dasar yang kuat dalam membaca, mengeja, dan pemahaman bahasa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arwien, R. T. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia Kelas XI IPA SMA Negeri Di Kota Makassar. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching and Science, 3(3), 1-13.

Baan, A. D., Rahmaniah, R., & Muriati, S. (2022). Profil Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Inpres Paropo Kota Makassar. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 1-10.

Dipalaya, T., Firmansyah, F., & Wardiarini, A. (2022). Analisis Keterampilan Grafik Siswa SMA. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching and Science, 4(3), 693-700.

Direktorat Riset dan Pengabdian. 2019. Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII. Pdf.

Imaniah, A. N. A., & Hamid, S. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Lanraki I Kota Makassar. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 3(2), 11-20.

Jamaluddin, J., & Muriati, S. (2022). Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV SDN 320 Marakkiung Kabupaten Bulukumba. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 36-46.

Jatiyasa, I. W., & Nilayani, S. A. P. (2022). Penerapan Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Gugus Ii Abang Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 13(3), 243-256.

Khafifah, N., & Hamid, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Heuristik Vee Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas IX di UPT SPF SMP Negeri 35 Kota Makassar. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 64-73.

Muriati, St., dkk. (2023). Pendampingan Budidaya Ikan Melalui Teknologi Bioflok Di Desa Moncongloe Bulu Kabupaten Maros. Jurnal Abdi Negeriku, 2(1), 53-57.

Muriati, St. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Sel pada Program Studi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Jurnal Florea, 1(2), 14-20.

Musdar, I. A. (2019). Pemanfaatan Google for Education (GAFE) di SMKN 10 Jeneponto. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(3), 64-74.

Sari, N. L., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Damdas Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Metode Course Review Horay Di Kecamatan Tallo Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 82-87.

Silaban, D. C., FADILLA, N., & Aria, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Monotik Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Swasta PAB 25 Medan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 101-10).

Swandi, A., Rahmadhanningsih, S., Syam, U., Rampeng, R., & Januarty, R. (2021). Pengaruh Karaktersitik Guru Terhadap Motivasi dan Pola Belajar Siswa. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 3(1), 52-61.

Widyowati, F. T., Rahmawati, I., & Priyanto, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Mengeja Berbasis Aplikasi untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 332-337.

Zuhri, D. Z. (2012). Meningkatkan Kemampuan Mengeja Menggunakan Pendekatan Visual Pada Anak Autisme. JPK: Jurnal Pendidikan Khusus, 1(01), 39-47.

Diterbitkan
2023-09-05
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 257 times