Konstribusi Bimbingan Akademik terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar

  • Himayah Himayah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada kontribusi bimbingan akademik untuk prestasi belajar siswa dan seberapa besar kontribusinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional kuantitatif, dengan populasi dan sampelnya adalah mahasiswa aktif. Studi ini menemukan bahwa ada kontribusi bimbingan akademik bagi mahasiswa. Diperoleh bahwa variabel Interaksi Dosen (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar Mahasiswa (Y), dan memiliki hubungan yang berbanding lurus. Ini ditunjukkan pada nilai t hitung (Korelasi Pearson) 0,665 lebih besar dari r tabel, atau r hitung > r tabel = 0,665 > 0,1982. Lebih lanjut, penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi bimbingan akademik cukup signifikan. Hasil uji determinasi diperoleh bahwa nilai R2 adalah 0,442 yang berarti bahwa variabel Interaksi Dosen (X) memiliki pengaruh terhadap variabel Prestasi Belajar Mahasiswa (Y) sebesar 44,2%. Sedangkan sisanya 55,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil analisis uji regresi keseluruhan pada variabel X, itu menunjukkan bahwa hipotesis pertama adalah bahwa ada pengaruh Interaksi Dosen terhadap Prestasi Belajar Siswa, terbukti benar. Artinya, pada setiap peningkatan nilai Interaksi Dosen, itu akan meningkatkan nilai Prestasi Belajar Mahasiswa. Ini menunjukkan bahwa interaksi dosen yang lebih sering dengan mahasiswa akan membantu siswa untuk mengatasi masalah dalam belajar, serta meningkatkan motivasi siswa.

ABSTRACT

This study aims to determine whether there is a contribution of academic guidance for the learning achievement of students and how much it contributes. This study uses a quantitative correlational research method, with populations and samples were active students. The study examined that there was a contribution of academic guidance for the student achievement. The results obtained that the Lecturer Interaction variable (X) has a significant effect on the variable Student Learning Achievement (Y), and has a relationship that is directly proportional. This is shown in the value of t count (Pearson Correlation) of 0.665 greater than r tabel, or r count > r tabel = 0.665 > 0.1982. Furthermore, it indicated that the contribution of academic guidance was quite significant. The results of the determination test obtained that the R2 value is 0.442 which means that the Lecturer Interaction variable (X) has an influence on the Student Learning Achievement variable (Y) of 44.2%. While the remaining 55.8% is influenced by other factors. Based on the results of the overall regression test analysis on variable X, it shows that the first hypothesis is that there is an influence of Lecturer Interaction on Student Learning Achievement, proven correct. That is, at each increase in the value of Lecturer Interaction, it will increase the value of Student Learning Achievement. This shows that the more frequent lecturer interaction with students will help students to overcome problems in learning, as well as increase student motivation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2012). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Coliran, W. G. (2005). Sampling Techniques, New Delhi: Ensten Private.

Cronbach, L. J. (2001). Educational Psychology. New York: Harcount Braill World. Inc.

Ditjen Dikti. (2011). Pengembangan Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi (Buku IV), Jakarta Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Ditjen Dikti. (1990). Pedoman Pelaksanaan Dan Tugas Penasehat Akademik, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Gagne, R. (2005). M. The Condition of Learning. New York: Holt Rinchart and Winston, Inc.

Hamalik, O. (2011). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Jamarah, S.B. (2012). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Jimenez, E .(1988). The Relative Efficiency Of Private And public Shools : The case Of Thailand. The World Bank Economic Review.

Mujiran. (1996). Teknik Dan Strategi Pelaksanaan Kepenasehatan Akademik. Makalah, IKIP Makassar.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011

Suryabrata, S. (2001). Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Andi Offset.

UIN Alauddin Makassar. (2017). Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga. Pedoman Penasehat Akademik. Makassar: UIN Alauddin.

UIN Alauddin Makassar. (2016). Pedoman Edukasi. Makassar : UIN Alauddin.

Published
2018-12-20
How to Cite
Himayah, H. (2018). Konstribusi Bimbingan Akademik terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 6(2), 155-167. https://doi.org/10.24252/kah.v6i2a7
Section
Articles
Abstract viewed = 664 times