The e-money Technology Acceptance Model (TAM) as a Sharia-Based Payment Mechanism

  • Naili Nuril Aufa Manik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
    (ID)
  • Marliyah Marliyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
    (ID)

Abstract

Pembayaran secara digital e-money berkembang sangat pesat seiiring dengan berkembangnya teknologi. Namun masih ada masyarakat yang belum menerima pembayaran menggunakan e-money. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor yang memengaruhi penerimaan teknologi sebagai mekanisme pembayaran. Desain cross sectional digunakan untuk menilai faktor sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, dan persepsi terhadap perilaku menerima teknologi sebagai mekanisme pembayaran. Sejumlah 149 sampel diberi kuesioner selanjutnya hasil pengumpulan data dianalisis menggunakan SEM-PLS. Temuan mengindikasi bahwa model penerimaan teknologi sebagai mekanisme pembayaran dipengaruhi oleh norma subjektif sebesar T= 2,445, kontrol perilaku sebesar T=5,471 dan persepsi sebesar T= 3,912. Norma subjektif dan kontrol perilaku memengaruhi konsumen menggunakan pembayaran e-money mendorong terbentuknya persepsi positif pelanggan sehingga membentuk model penerimaan teknologi sebagai mekanisme pembayaran. Persepsi pelanggan tentang keamanan penggunaan e-money dan nilai agama mendorong pelanggan menerima teknologi e-money sebagai mekanisme pembayaran. Pembayaran melalui e-money diterima masyarakat karena kemudahan, kepuasan dan keuntungan yang dirasakan.

 

References

Agung. (2018). Apa perbedaaan R Squared, R squared adjusted, dan R Squared Predicted.

Anggraini, NV. (2019). Hubungan teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Kelebihan Berat Bdan di Kalangan Remaja SMA di Depok. Jurnal Keperawatan. 3 (2).

Ajzen, I. (2005). Attides, Personallity and Behavior. In International Journal of Strategic Innovative Marketing (Vol. 3, pp. 117–191). Open University Press.

Aksami, D., & Jember, I. M. (2019). Analisis Minat Penggunaan Layanan E-Money Pada Masyarakat Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 8(10), 2439–2470.

Batubara, M. M. (2011). Metode Penelitian Sosial Ekonomi. In Universitas Muhammadiyah Palembang.

Fernando, E., Suryanto, Surjandy, & Meyliana. (2019). Analysis of the Influence of Consumer Behavior Using FinTech Services with SEM and TOPSIS. Proceedings of 2019 International Conference on Information Management and Technology, ICIMTech 2019, 1(August), 93–97.

Firdaus, MR. (2018). E-Money dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Jurnal Tahkim, 14 (1).

Hendarsyah, D. (2016). Penggunaan Uang Elektronik Dan Uang Virtual Sebagai Pengganti Uang Tunai Di Indonesia. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 5(1), 1–15. h

Katman, MN., Arajab, MF., Parakkassi, I. (2022). Musyarakah Financing Risk Management at bank Syariah Indonesia. Laa Maisyir. Vol 9 (2). 219-230.

Kayati, K. (2018). Peran Theory of Reasoned Action Terhadap MinatT Menggunakan Produk Bagi Hasil Bank Syariah. Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 3(01), 454–467.

Kumoro, C. J., & Rachmat, B. (2022). Faktor-Faktor Penentu Adopsi E-Wallet Ovo Di Provinsi Jawa Timur. Manajerial, 9(01), 52.

Mujahidin, M. (2019). Opportunities and Challenges of Sharia Technology Financials in Indonesia, Munich Personal RePEc Archive.

Nurhasanah, N., Maulana, A., & Rusdiyanto, A. (2021). Tinjauan Prinsip Syariah Produk Uang Elektronik Di Indonesia: Studi Kasus Pada Produk E-Money Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 933–941.

Rahmawati, Juliprijanto, W., & Jalunggono, G. (2018). Analisis Pengaruh E-Money terhadap Perputaran Uang di Indonesia. DINAMIC: Directory Journal of Economic Volume, 2(3), 834–848.

Suharni. (2018). Uang Elektronik (E-Money) Ditinjau Dari Perspektif Hukum Dan Perubahan Sosial. Spektrum Hukum, 15(1), 15.

Sukaris, S., Renedi, W., Rizqi, M. A., & Pristyadi, B. (2021). Usage Behavior on Digital Wallet: Perspective of the Theory of Unification of Acceptance and Use of Technology Models. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1).

Tazkiyyaturrohmah, R. (2018). Eksistensi Uang Elektronik Sebagai Alat Transaksi Keuangan Modern. Muslim Heritage, 3(1), 23.

Wijayanti, D. M., & Yandra, F. P. (2021). Islamic Fintech: A Solution for Financial Problem. Global Review of Islamic Economics and Business, 9(1), 065.

Yuslem, N., Soemitra, A., & ... (2022). Financial Technology-Based Sariah Cooperative Development Strategy in Indonesia: english. … Jurnal Ekonomi Islam, 11(148), 207–222.

Published
2023-06-27
How to Cite
Manik, N. N. A., & Marliyah, M. (2023). The e-money Technology Acceptance Model (TAM) as a Sharia-Based Payment Mechanism. LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 44-56. https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v10i1.35987
Section
Artikel
Abstract viewed = 125 times