Persepsi Pemustaka Tentang Kualitas Pelayanan Referensi di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pengayoman Watampone
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Presepsi Pemustaka Tentang Kualitas Pelayanan Referensi di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pengayoman Watampone. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan refrerensi di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pengayoman Watampone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan referensi di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pengayoman Watampone. Jenis metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang ada di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pengayoman Watampone dan menggunakan pelayanan refrensi dengan teknik accidental sampling dan selama penelitian berlangsung selama 1 bulan ada 67 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan langsung kepada pemustaka atau responden. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kualitas pelayanan referensi di di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pengayoman Watampone bahwa kualitas pelayanan referensi di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pengayoman Watampone sudah berkulitas dimana nilai kualitas pelayanan referensi (X) sebesar 4824 atau 80%termasuk dalam kategori berkualitas dengan rentang skor (4020-5025).
Downloads
References
Daftar Pustaka
Almah, Hildawati. 2014. Mengenal koleksi referensi perpustakaan Dan Pusat Dokumentasi Informasi. Alauddin University Pers.
Febrianawati, Yusuf. 2018. “Uji validitas dan reliabilitas Instrumen penelitian kuantitatif. Jurnal Tarbiyah”: Jurnal Ilmiah Kependidikan. h. 4. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jtjik/article/view/2100/1544. (Diakses pada tanggal 05 November 2022).
HS, Lasa. 2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Cet.1. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Ibrahim, Andi. 2014. Konsep Dasar Manajemn Perpustakaan dalam Mewujudkan Mutu Layanan Prima dengan Sistem Temu Kembali Informasi Berbasis Digital. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan. Hal. 132.http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/147. (Diakses pada 04 November 2022).
Junita, Nora Azmar. 2015. Peran pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan di perpustakaan. IQRA’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi. h. 226-228. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/119/227. (Diakses pada 6 November 2022).
Mujab, Ahmad Isywarul, dkk. 2015. persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan dalam layanan referensi di perpustakaan Universtas Katolik Soegijapranata. Jurnal ilmu perpustakaan. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9513. (Diakses pada 8 November 2022).
Mulyadi, 2016. Pengelolaan Otomasi Perpustakaan Berbasis Senayan Library Management System (SLiMS) Jakarta: Rajawali Pers.
Poerwadarminta. W.J. S. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Ed. 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesi Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
By submitting your manuscript to our journal, you are following Copyright and License